Perencanaan Water Bus Double Hull Fiberglass Kapasitas Angkut 35 Orang

Authors

  • Amir Marasabessy Program Studi Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik UPN “Veteran” Jakarta
  • Adella Hotnyda Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik UPN “Veteran” Jakarta
  • Ahmad Zayadi Program Studi Teknik Mesin Faukltas Teknik Dan Sains Universitas Nasional, Jakarta 12520

DOI:

https://doi.org/10.47313/jig.v22i1.740

Keywords:

water bus, prototipe, double hull

Abstract

Water bus merupakan sarana transportasi angkutan penumpang pada pelayaran sungai atau danau yang saat ini dapat dikategorikan masih dalam jumlah yang belum signifikan jika dibandingkan dengan keberadaan sungai yang ada diwilayah Indonesia sehingga masih diperlukan pengembangan armada water bus berbahan fiberglass dan dari segi disain dapat dikatakan belum memaksimalkan faktor teknis dan ekonomis. Tujuan penelitian adalah desain prototipe model water bus double hull fiberglass yang memenuhi faktor teknis dan ekonomis. Metode yang digunakan pada tahapan preliminary disain adalah metode optomasi untuk menentukan ukuran utama kapal yang optimum berdasarkan data kapal pembanding yang telah diregister pada tahap basic disain dan optimation design approach untuk menghasilkan nilai optimum dari kriteria tertentu (objective function) dengan menentukan parameter yang harus dipenuhi dan menetapkan batasan-batasan (constraint) agar dapat meminimalkan engine power serta dapat digunakan untuk analisis tahapan basic disain serta perhitungan/gambar lines plan dan general arrangement menggunakan program. Hasil penelitian berupa prototipe model water bus double hull fiberglass tipe OBM yang dibuat dalam bentuk miniatur dengan ukuran Panjang (Loa) = 16,00 m, Panjang (Lwl) = 14,61 m, Lebar 5,26 m, Tinggi (H) 1,50 m dan sarat air (T) 0,70 m, kecepatan (V) 17 knot dan kapasitas engine 2 × 175 HP.

References

Hadi, E.S. dan Zain, A., 2011, Preliminary Desain Hull Form Kapal General Cargo untuk Pelayaran Jakarta-Makasar dengan Menggunakan Metode Pendekatan Deterministic, Jurnal Kapal-Vol. 8., No.1, Februari, ISSN: 1829-8370, Universitas Diponegoro, Semarang.

Ping, Z., De-xiang, Z., Wen-hao, L., 2008, “Parametric Approach to Design of Hull Forms”, Elsevier, Journal of Hydrodynamic, 20(6): 804-810.

Ventura, M., 2008, “Ship Design I”, Ship Design Lecture’s Notes, Naval Architecture and Marine Engineering, Instituto Superior Técnico, Lisbon, Portugal.

Harris, J. and Morrison, I., 1998, Moduli of curves, Bulletin (New Series) Of the American Mathematical Society, Springer, New York, ISBN 0-387- 98438-0

Hendra, S.T., 2000, Dasar Pemprograman Visual Basic, Modul 1: Pengenalan Visual Basic, Universitas Gunadarma.

Maxsurf Automation Manual, Formation Design Systems Pty Ltd 1984 – 2010

Parsons, M.G., 2001, “Parametric Design”, Univ. of Michigan, Dept. of Naval Architecture and Marine Engineering.

Molland, A.F., Turnock, R.S. and Hudson, D.A., 2011, “Ship Resistance and Propulsion: Practical Estimation of Propulsive Power”, Cambridge University Press.

Couser, Patrick, 2003, “A Software Developer's Perspective Of Stability Criteria”, 8th International Conference on the Stability of Ships and Ocean Vehicles, Madrid, Spain.

IMO, 1974, Intact Stability Code, Intact Stability for All Types of Ships Covered by IMO Instruments. London, UK: IMO.

Barras, C.B. and Derret, D.R., 2006, “Ship Stability for Master & Mates”, sixth edition. London

International Maritime Organization (IMO), International Convention on Load Lines (ICLL), 1966, as amended.

Downloads

Published

2020-01-15