Peranan Orang Tua Dalam Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Ragunan (Studi Kasus Pada Orang Tua Murid Yang Bekerja Sebagai Pengemudi Ojek Online)

Authors

  • Nurul Khofipah Universitas Nasional, Jakarta
  • Adilita Pramanti Universitas Nasional, Jakarta
  • Devi Fitriana Universitas Nasional, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47313/jkik.v6i1.1783

Abstract

Pendidikan anak sejatinya adalah tanggung jawab mutlak orang tua, kegiatan PBM yang dilaksanakan secara daring memaksa orang tua untuk terlibat langsung dalam kegiatan belajar anak-anaknya, banyak pengalaman yang mereka rasakan ketika harus mendampingi. Dimana para orang tua murid yang bekerja sebagai pengemudi ojek online membutuhkan sarana prasarana yang memadai untuk mendampingi anak dalam pembelajaran jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini sebagaimana para orang tua mendukung proses pendidikan anak dan mendampingi anak belajar selama pembelajaran daring. Melalui metode pendekatan kualitatif deskriptif data data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara terhadap narasumber guru dan kepala sekolah MI Nurul Huda. Data tersebut lalu dipadukan dengan data dari dokumen serta literatur lainnya yang terkait. Hasil dari keseleruhan ini keterlibatan orang tua sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran daring. Orangtua harus bisa memberikan dukungan positif terhadap keberhasilan belajar atau prestasi yang didapatkan anak. Para orangtua berperan sebagai pengganti guru ketika anak belajar dirumah yang dimana sebagai fasilitator dan motivator untuk anak. Orangtua juga harus berperan aktif dalam mensukseskan sistem pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19.

Kata Kunci:  Pandemi Covid-19, Belajar Daring, Peran Orangtua

References

Adevita Marga, dan Widodo. 2021. “Peran Orang Tua Pada Motivasi Belajar Anak Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19”: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 5 No 4 (Hal 64-47).

Cahyati Nika dan Kusumah Rita. 2020. “Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid-19” : Jurnal Golden Age Vol 4 No 1 (hal 152-159).

Hery Noer Aly, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : PT. Logos Wacana Ilmu, 1999), hlm. 87.

Muhammad Giantomi. 2021. “Peran Orang Dalam Mengimplentasikan Pendidikan Karakter Pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh”: Jurnal Studi Islam Vol 2 No 1 (Hal 14-29)

Ningrum Kusuma Lilia. 2019. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Kelurahan Margorejo 25 Polos Kecamtan Metro Selatan”. Institut Agama Islam Negerri (IAIN) Metro

Novan Ardi Wiyani, Barnawi, Ilmu Pendidikan Islam (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012), 57-59.

Parantika Roliza. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Siswa Min 1 Kepahiang Pada Masa Pandemi Covid-19” . Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Postmodern. Yogyakarta: Pustaka Belajar Pedoman Teknis Penulisan Proposal dan Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Nasional

Soekanto, Soerjono. (2009). Sosiologi Keluarga. Jakarta: Rinerka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA

Valeza Rizka Alsi. 2017. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Anak Di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung”. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung

Published

2022-07-21