Pola Keberagaman Mahasiswi Pemakai Hijab (Studi Kasus Tentang Pemakai Hijab di Kalangan Mahasiswi Universitas Nasional)

Penulis

  • Syafrida Maulidah Universitas Nasional
  • Hendra Maujana Saragih Universitas Nasional
  • Dewi Lestari Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/jkik.v7i1.2652

Kata Kunci:

Pola keberagamaan, Hijab, Islam

Abstrak

Pola Keberagamaan Mahasiswi Pemakai Hijab (Studi Kasus tentang Pemakai Hijab di Kalangan Mahasiswi Universitas Nasional). Skripsi Program studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional, Jakarta. Pola keberagamaan merupakan pola keyakinan, pelaksanaan, pengetahuan, pengalaman, dan pengamalan dalam kehidupan sehari-hari seseorang atas agama yang dianutnya. Hijab bermakna pakaian, seperti tirai dan pelindung, yang kebanyakan digunakan untuk menutup yang dilindungi dan sebagai penghalang serta hijab merupakan perintah agama Islam dan kewajiban perempuan muslimah untuk menggunakannya. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui bagaimana pola keberagamaan pemakai hijab di kalangan mahasiswi Universitas Nasional. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif untuk menjelaskan secara teliti dan dalam serta menggambarkan bagaimana pola keberagamaan pemakai hijab di kalangan mahasiswi Universitas Nasional. Teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori dimensi pola keberagamaan oleh Charles Y. Glock dan Rodney Stark, lima dimensi keagamaan yaitu dimensi keyakinan, dimensi praktik, dimensi pengetahuan, dimensi pengalaman, dan dimensi pengamalan sehari-hari. Hasil penelitian dan kesimpulan dalam skripsi ini adalah dari dimensi keagamaan seluruhnya meyakinin tentang ajaran Islam, dari segi dimensi praktik yang wajib rajin dikerjakan serta konsisten tetapi praktik yang sunnah tidak konsisten dikerjakan, dari segi dimensi pengetahuan masih kurang memahami ajaran agama Islam, karena hanya mengetahui dari sekolah, dari segi dimensi pengalaman biasa saja karena tidak ada yang unik, dan dari segi dimensi pengamalan untuk hal yang bersifat interaksi dengan tetangga masih kurang sedangkan pertemanan dengan orang yang berbeda agama, berbeda jenis kelamin maupun yang tidak memakai hijab, mempunyai toleransi yang tinggi.

Kata Kunci: Pola keberagamaan, Hijab, Islam

Referensi

Buku :

Kahmad, Dadang. Sosiologi Agama. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2000.

Ancok, Djamaluddin dan Suroso, Fuad Nashori. Psikologi Islam Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2011.

Siauw, Felix Y. Yuk Berhijab, Jakarta : AlFatih Press, 2018.

Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2016. Muthahhari Murthada, Wanita & Hijab, Jakarta : Lentera, 2000.

R. Suyoto, Sigit Suryanto, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Batam Centre : Karisma Publishing Group, 2006.

Soerjono Soekanto, Kamus Sosiologi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1993.

Taufik Abdullah, Karim M Rusli, Metodologi Penelitian Agama, Yogyakarta : PT. Tiara Wacana, 1990.

Turner Bryan S, Sosiologi Agama, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2013.

Internet :

Abdul Ghofar, 1989, Revolusi Islam Iran, [skripsi], Diakses pada https://digilib.uinsby.ac.id/11560/https://www.bps.go.id/publication/2012/05/23/55eca3 8b7fe0830834605b35/kewarganegaraan-suku-bangsa-agama-dan-bahasa-sehari-hari- pendudukindonesia.html https://www.unas.ac.id/sejarah-universitas-nasional/visi-misi- universitas-nasional/

Masnun Tahir dan Zuziana E Triantini, 2014, Menakar Kontekstualisasi Konsep Hijab Dalam Islam, Jurnal Qawwam, Volume 8 Nomor:1, Diakses pada http://garuda.ristekdikti.go. id

Perjuangan Panjang Jilbab di Indonesia, di dalam Artikel Jejak Islam, Diakses melalui https://jejakislam.net/680/&Ei=90rpkfhy&Lc=Id-Id&S=1&M=235.

Sara Mantofani, 2013, Hijab Indonesia : Sejarah Yang Terlupakan, Diakses melalui https://theisgender.com/Hijab_Indonesia_Sejarah_Yang_Terlupakan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-01