PENGARUH MOTIVASI PENDORONG DAN MOTIVASI PENARIK TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI MUSEUM PERJOANGAN BOGOR
Abstrak
Museum Perjoangan Bogor merupakan sebuah museum yang menyimpan koleksi benda-benda bersejarah dan cerita perjuangan para pahlawan dimana menjadi saksi bisu dari perjuangan rakyat kota Bogor. Penulis melakukan analisis tentang pengaruh motivasi pendorong dan motivasi penarik terhadap keputusan berkunjung di Museum Perjoangan Bogor meliputi Motivasi Pendorong yaitu escape, relaxion, strenghtening bonds, social interaction, educational opportunity, selft-fulfillment, leisure time. Motivasi Penarik meliputi aksebilitas, ketersedian barang dan jasa atau service, budaya. Ketersediaan atraksi terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi pendorong dan motivasi penarik terhadap keputusan berkunjung di Museum Perjoangan Bogor yang berlokasi di Jalan Merdeka No.56, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor 16124. Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian kuantitatif deskriptif yang menggambarkan hubungan variabel yang saling mempengaruhi dengan jumlah populasi sebanyak 100 pengunjung. Pemilihan sampel menggunakan teknik non probability sampling, data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner dengan skala likert. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda karena menggunakan tiga variabel, dan menggunakan uji validitas dan reliabilitas sebanyak 100 kuesioner disebar terlebih dahulu, uji T, uji koefisien korelasi, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa: pengaruh motivasi pendorong dan motivasi penarik berpengaruh positif dan searah terhadap keputusan berkunjung nilai R atau korelasi sebesar 0,623 termasuk dalam kuat, R square itu pengaruh motivasi pendorong X1 terhadap keputusan berkunjung sebesar 38,8, sedangkan X2 atau motivasi penarik sebesar 37,5%.
Referensi
Abdurahman, Maman. 2011. Dasar-Dasar metode Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.
Anindita, M. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kunjungan ke Kolam Renang Boja. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro
Ary Widiastini, Ni Made. 2012. Strategi Pemasaran Pariwisata Di Kabupaten Buleleng Bali. Jurnal
Aziz, M Firdaus. 2012. Metode Penelitian. Danggerang: Jelajah Nusa.
Battour, M., Ismail, MN, dan Battor, M. 2010. Toward a Halal Tourism Market. Tourism Analysis.
Chaplin, J. P. 2008. Kamus Lengkap Psikologi Jakarta: Rajagrafindo Persada
Cooper, Donald R., & Schindler, Pamela S. (2011). Business research methods (11th ed.). New York: Mc GrawHill/Irwin
Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Danu Hermansyah, Badja Waluya ( 2012 ) Analisis Faktor-Faktor pendorong Motivasi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Kebun Raya Bogor. Universitas Managament Pemasaran Pariwisata FPIPS UPI.
Direktorat Museum. 2009. Himpunan Peraturan Perundang-undangan Rep. Indonesia tentang Museum. Jakarta: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata
Direktorat Museum. 2008. Pedoman Museum Indonesia. Jakarta: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata
Eka Rosyidah (2017) Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Fasilitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Pantai Balekambang Kabupaten Malang. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang
Hadis, Abdul. 2008. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung:Alfabeta
Hasan, M. Iqbal. 2008. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta:PT. Bumi Aksara
Husein, Umar. 2010. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1.Jakarta: Erlangga.
Lita Sari Dewi (2015) Pengaruh Komponen Produk Wisata Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan di Museum Perjoangan Bogor. Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor.
Nyoman Indra Pranata (2013) Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Domestik Berkunjung Ke Bali Safari & Marine Park, Gianyar Bali. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia
Pavule, Giva. 2006. International Tourism Market for camping Sites in Latvia. Bornemouth University. Hochschule Heilbronn.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 10 tahun 1993 tentang Pelaksanaan UU RI No. 5 Tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya.
Peraturan Pemerintah No. 19 th. 1995 Tentang Pemeliharaan dan Pemanfaatan Benda Cagar Budaya di Museum. Undang-undang Republik Indonesia No. 5 tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya.
R, Basiya; Hasan Adul Rozak. 2012. Kualitas Daya Tarik Wisata Abdurahman, Maman. 2011. Dasar-Dasar metode Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.
Anindita, M. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kunjungan ke Kolam Renang Boja. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro
Ary Widiastini, Ni Made. 2012. Strategi Pemasaran Pariwisata Di Kabupaten Buleleng Bali. Jurnal
Aziz, M Firdaus. 2012. Metode Penelitian. Danggerang: Jelajah Nusa.
Battour, M., Ismail, MN, dan Battor, M. 2010. Toward a Halal Tourism Market. Tourism Analysis.
Chaplin, J. P. 2008. Kamus Lengkap Psikologi Jakarta: Rajagrafindo Persada
Cooper, Donald R., & Schindler, Pamela S. (2011). Business research methods (11th ed.). New York: Mc GrawHill/Irwin
Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Danu Hermansyah, Badja Waluya ( 2012 ) Analisis Faktor-Faktor pendorong Motivasi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Kebun Raya Bogor. Universitas Managament Pemasaran Pariwisata FPIPS UPI.
Direktorat Museum. 2009. Himpunan Peraturan Perundang-undangan Rep. Indonesia tentang Museum. Jakarta: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata
Direktorat Museum. 2008. Pedoman Museum Indonesia. Jakarta: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata
Eka Rosyidah (2017) Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Fasilitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Pantai Balekambang Kabupaten Malang. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang
Hadis, Abdul. 2008. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung:Alfabeta
Hasan, M. Iqbal. 2008. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta:PT. Bumi Aksara
Husein, Umar. 2010. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1.Jakarta: Erlangga.
Lita Sari Dewi (2015) Pengaruh Komponen Produk Wisata Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan di Museum Perjoangan Bogor. Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor.
Nyoman Indra Pranata (2013) Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Domestik Berkunjung Ke Bali Safari & Marine Park, Gianyar Bali. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia
Pavule, Giva. 2006. International Tourism Market for camping Sites in Latvia. Bornemouth University. Hochschule Heilbronn.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 10 tahun 1993 tentang Pelaksanaan UU RI No. 5 Tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya.
Peraturan Pemerintah No. 19 th. 1995 Tentang Pemeliharaan dan Pemanfaatan Benda Cagar Budaya di Museum. Undang-undang Republik Indonesia No. 5 tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya.
R, Basiya; Hasan Adul Rozak. 2012. Kualitas Daya Tarik Wisata, Kepuasan, dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara di Jawa Tengah. Semarang.
Soebiyantoro, Ugy. (2009). Pengaruh ketersediaan Sarana Prasarana Transportasi terhadap kepuasan wisatawan.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Suryabrata, Sumadi. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.
Suwanto dan Donni Juni Priansa. 2013. Manajemen SDM Dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta
Suwantoro, Gamal. 2004. Dasar-dasar Pariwisata. Penerbit Andi Yogyakarta
Syaiful Bahri Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Wahid, Abdul. 2015. Strategi Pengembangan Wisata Nusa Tenggara Barat Menuju Destinasi Utama Wisata Islami. Skripsi
Wardiyanta, 2006, Metode Penelitian Pariwisata, Yogyakarta: Andi
Yoeti, H. Oka A. dkk, 2006, Pariwisata Budaya: Masalah dan solusinya Jakarta: PT. Pradnya