Perancangan Sistem Transmisi Sinyal DVB-S dan Terestrial UHF

Authors

  • Sindi Sindi Program Studi Teknik Elektro, Universitas Nasional
  • Rianto Nugroho Program Studi Teknik Elektro, Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/jig.v16i2.639

Keywords:

Sistem transmisi, DVB–S, modulasi 8 PSK, band UHF

Abstract

DVB (Digital Video Broadcasting) adalah salah satu sistem yang digunakan untuk mentransmisikan siaran TV/video digital hingga sampai kepengguna akhir/penerima. DVB dikembangkan berdasarkan latar belakang pentingnya sistem broadcasting yang bersifat terbuka, yang ditunjang oleh kemampuan interoperabilitas, fleksibilitas dan aspek komersial. Sebagai suatu sistem terbuka, maka standard DVB dapat dimanfaatkan oleh para vendor untuk mengembangkan berbagai layanan inovatif dan jasa nilai tambah yang saling kompatibel dengan perangkat DVB dari vendor lain. Selain itu program digital yang dikirimkan berdasarkan spesifikasi DVB dapat ditransfer dari satu medium transmisi ke medium transmisi lain dengan murah dan mudah. Pendekatan yang dilakukan oleh DVB adalah dengan mengoptimalkan perangkat eksisting dan sistem umum yang tersedia dipasar komersial. Pada penelitian ini melakukan perancangan sistem DVB-S dengan menggunakan satelit C-Band serta megunakan Band UHF pada transmisi terestrial-nya.

References

Ha.Tri T., "Digital Sateliite Communication", McGraw Hill., Canada, 1990.

Pamungkas, Wahyu, “Diktat Kuliah Komunikasi Satelit”,

ABE Elettronica S.p.A, “Broadcast Engineer’s Hanbooks , Digital TV Broadcasting Hanbooks” http://www.rtibroadcast.com/pdf/Handbook.pdf, 23.07.2013.

Federal Communications Commission Office of Engineering a Technology Laboratory Division Public Draft Review,” Guidelines for Determining the Effective Radiated Power (ERP) and Equivalent Isotropically Radiate Power (EIRP)of an RF Transmitting System Short”, https://apps.fcc.gov/eas/comments/getpublishedDocument.html, 20.08.2013.

Journal UI, Parlindungan “ Analisis Tahapan Optimalisasi Link VSAT Metode Akses SCPC Studi Kasus Telkomsel MSC Jayapura–BSC Maurake ”,Depok, 2008.

Nugroho, Dudi,“Jaringan Telekomunikasi”, http://mercubuana.ac.id/MODUL1-SISKOM II.pdf, 4.09.2013.

Watkinson, John, “The Engineer’s Guide to Decoding & Encoding, Snell & Wilcox Ltd”, Hampshire England,1994

Downloads

Published

2021-04-20