Pengaruh Penambahan Gas HHO pada Mesin Bensin Terhadap Emisi dan Konsumsi Bahan Bakar

Main Article Content

Ajat Sudrajat
Irfan Nugroho
Kiki Rezki Lestari
V. Vekky. R Repi

Abstract

Gas HHO merupakan suplemen bahan bakar yang dihasilkan dari proses elektrolisa air pada sebuah generator HHO, dimana gas HHO termasuk energi alternatif yang tergolong energi baru. Prinsip kerja mesin pembakaran internal, pada umumnya, adalah mengubah energi kimia dari bahan bakar cair menjadi energi mekanik. Produksi hidrogen melalui proses elektrolisis terus dikembangkan untuk membantu penggunaan bahan bakar ramah lingkungan dan dapat berdampak pada kinerja mesin dan emisi gas buang. Penelitian ini tentang pengaruh penambahan gas hho pada mesin bensin electronic fuel injection (EFI) type-L terhadap emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar. Terbukti bahwa penambahan gas HHO pada proses pembakaran mesin bensin dengan sistem EFI khususnya tipe D memberikan hasil penurunan kadar emisi (CO 15.31 % dan HC 16.27 %). Dan selanjutnya dengan menambahkan gas HHO 0.1 Mol pada mesin EFI tipe L melalui filter udara didapatkan pengaruh emisi gas buang yang signifikan dan konsumsi bahan bakar yang lebih boros 2.8 % daripada tanpa menggunakan gas HHO, hal tersebut dapat dimungkin karena mesin dengan sistem EFI memiliki karakteristik berbeda dengan mesin pada umumnya dan tidak mengenal suplemen bahan bakar yang diinjeksikan kedalam mesin.

Article Details

How to Cite
Sudrajat, A., Nugroho, I., Lestari, K. R., & Repi, V. V. R. (2020). Pengaruh Penambahan Gas HHO pada Mesin Bensin Terhadap Emisi dan Konsumsi Bahan Bakar. Jurnal Ilmiah Giga, 23(1), 8–19. https://doi.org/10.47313/jig.v23i1.865
Section
Articles

References

Sulistyono, 2012, "Pemanasan global (Global Warming) dan hubungannya dengan penggunaan bahan bakar fosil," Forum Teknologi, Vol. 02, No. 2.

Iqbal Wahyudzin dan Harus Laksana Guntur, 2012, "Studi karakteristik generator hho dry cell dan aplikasinya pada kendaraan bermesin injeksi 1300," TEKNIK POMITS, Vol. 1, pp. 1-6.

Yasin Karagöz, Emre Orak, Levent Yüksek, Tarkan Sandalcı, 2015 "Effect of hydrogen addition on exhaust emissions and performance of a spark ignition engine," Environmental Engineering and Management Journal, Vol. 14, pp. 665-672.

Raharjo, Winarno Dwi, dan Karnowo, Mesin konversi Energi, Semarang: Unnes Press, 2008.

Setiawan, Andry, "Motor Bakar," 2011 April 2012. [Online]. Available: http://menujubiru.wordpress.com/. [Accessed 1 Juni 2017].

Ruswid, "Electronic fuel injection EFI," 2008. [Online]. Available: https://rus28.files.wordpress.com/2011/11/efi modul1.pdf. [Accessed 10 Juni 2017].

Rengkord Riders, 2012, "Pengertian uji emisi terhadap mesin,". [Online]. Available: https://rengkodriders.wordpress.com/2012/05/08/pengertian-uji-emisi-terhadap-mesin/.

Chaisermtawan P, Jarungthammachote S, Chuepeng S and Kiatiwat T, 2012 "Gaseous emissions and combustion efficiency analysis of hydrogen-diesel dual-fuel engine under fuel-lean," American Journal of Applied Sciences, Vol. 9 (11), pp. 1813-1817.

Abdul Hamid, Ari Santoso, 2006 "Kontrol air fuel ratio pada spark ignition engine sistem efi sekuensial menggunakan kontrol fuzzy adaptif dapat menekan beaya operasional kendaraan," Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi III.

Chakrapani K dan Neelamegam P, 2011 "Optimization of fuel consumption using HHO in HDL," Theo and Infor tech 31 (2).

Yanur D. S. K., Arzaqa Ghiffari, 2013, "Studi karakteristik generator gas HHO," TEKNIK POMITS, Vol. 1, pp. 1-6.

Laksono, Endang Widjayanti, 2005 Pengaruh katalisator terhadap laju reaksi, Yogyakarta.

Fahmi Wirawan, Djoko Sungkono Kawano, 2014, "Pengaruh penambahan gas HHO terhadap unjuk kerja mesin diesel putaran konstan dengan variasi massa katalis KOH pada generator gas HHO," TEKNIK POMIT, Vol. 1, pp. 1-6.

Menteri Negara Lingkungan Hidup, 2006, "Peraturan menteri ambang batas emisi gas buang No. 5,".

Ena Marlina, 2016, "Pengaruh variasi larutan elektrolit terhadap produksi brown gas," INFO TEKNIK, Vol. 17, No. 2, pp. 187-196.