Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Solok

Authors

  • Ramon Hidayat Direktorat Buah dan Florikultura, Kementerian Pertanian RI

DOI:

https://doi.org/10.47313/jkik.v6i2.2034

Abstract

Pokok permasalahan dalam artikel ini adalah Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Solok telah menerapkan Kebijakan Pemberian Kompensasi berdasarkan Standar Key Performance Indicator yang telah ditetapkan melalui Memo Bank Muamalat Indonesia No 07/S/RBS-MEMO/VIII/2016 tentang ketentuan KPI dan Insentif, oleh sebab itu skripsi ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Solok. Jenis penelitian yang dipakai dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif Kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah uji normalitas, regresi linear sederhana, koefisien determinasi, uji T, dengan menggunakan SPSS Versi 22. Hasil penelitian ini bahwa Kompensasi yang ada di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Solok memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil uji T dengan nilai Thitung sebesar 1,114 sedangkan nilai Ttabel dengan taraf signifikan 0,05 sebesar 1,943. Sehingga perbandingannya adalah Thitung< Ttabel (1,114 < 1,943), maka Ha ditolak yang berarti variabel kompensasi berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Solok. Hal ini sesuai dengan “Kompensasi mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan” berarti terbukti kebenarannya atau artinya Ha ditolak dan H0 diterima. Hasil penelitian ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Suwati yang menyatakan bahwa kompensasi berpengaruh secara parsial terhadap kinerja.

Kata Kunci: Kompensasi, Kinerja Karyawan

References

Andriansyah, Yuli. 2009. Kinerja Keuangan Perbankan Syariah di Indonesia & Kontribusi bagi Perkembangan Nasional. La Riba Jurnal Ekonomi Islam. Vol. III. No. 2.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Karakter.Jakarta: Bima Aksara.

Ascarya. 2007. Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hakim, Abdul. 2006. Analisis Pengaruh Motivasi, Komitmen Organisasi dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perhubungan dan Telekomunikasi Provinsi Jawa Tengah. JRBL. Vol 2. No 2.

Handoko T. Hani, 2000. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFEE

Iska, Syukri. 2012. Sistem Perbankan Syariah di Indonesia dalam Perspektif Fikih Ekonomi. Yogyakarta: Fajar Media Press.

John, R. L. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakata : Salemba Empat.

Muhammad. 2005. Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Multitama Comunication. 2006. Islamc Bussines Strategy for Enterpreneurship. Jakarta: Zikrul Hakim.

Riduwan. 2010. Metode dan Tekhnik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Simamora, Henry. 1997. Manajemen sumber daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sugiyono. 2013. penelitian kuantitatif, kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta

Published

2022-12-30