Etika Bekerja dalam Islam: Analisis Hadith-Hadith Relasi Etika Buruh Majikan

Penulis

  • Ahmad Baihaqi Soebarna Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47313/jkik.v7i1.2548

Kata Kunci:

Relasi Buruh Majikan, Islam, Hadith

Abstrak

Bekerja merupakan ibadah dan karenanya seseorang diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Di samping guna menerima hasil demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satu kualifikasi pekerjaan dibutuhkan di samping tenaga, yakni dapat dipercaya. Kepercayaan merupakan bagian dari etika (akhlak) yang merupakan bagian dari source of values ajaran Islam, sebagaimana didakwahkan Muhammad SAW. Perbuatan Nabi Muhamamd SAW dalam konteks etika bekerja semata-mata demi mewujudkan kesetaraan derajat antar-umat manusia. Juga upaya menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban antar unsur pekerjaan, yakni buruh dan majikan. Berangkat dari keadilan dan kepatutan, Nabi Muhammad SAW berupaya mencapai keseimbangan dalam konteks bekerja.

Biografi Penulis

Ahmad Baihaqi Soebarna, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Departmen of Quranic and Tafsir Studies

Referensi

Al-Asqalani, Ibnu Hajar. Kitab Bulughul Maram: Kumpulan Hadits Hukum & Akhlak (Terj. M. Zaenal Arifin). Jakarta: Khatulistiwa Press, 2014.

Az-Zabidi, Imam. Ringkasan Shahih Bukhari (Terj. Harun dan Zaenal Muttaqin). Bandung: JABAL, 2013.

Al-Bukhari, Abi ‘Abdillah Muhammad bin Isma’il. Shahih Bukhari. Beirut: Dar Ibn Kathir, 1423 H / 2002 M.

Lathief, Dochak. Pengantar Dalam Etos Kerja Islami. Surakarta: Universitad Muhammadiyah Press, 2004.

Madjid, Nurcholish. Etos Kerja dalam Islam di Tengah Ideologi-Ideologi Lain, dalam Islam Agama Kemanusiaan: Membangun Tradisi dan Visi Baru Islam Indonesia. Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina. 1995

Muthahhari, Murtadha. Islam Agama Kemanusiaan. Jakarta: Pustaka Hidayah. 1988.

Mun’im, Fu’ad Abdul. Ahlaqiyyat Andhamati al-A’mali fi al-Islam ma’a al-Bayani Tathbiqi fi Mamlakati al-‘Arabiyyah al-Su’udiyyah. Riyadh: Sabaqah Al-Aluqah, 2009.

Pewangi, Mawardi. “Hubungan Ketenagakerjaan Perspektif Islam”, Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, Vol.01, No.02 (Juni 2010):

Syamsuddin, Mohd. Syaufi. “Menciptakan Hubungan Kerja yang Islami Ditempat Kerja”, Info Hukum, Vol. 6, Tahun ke-IV (2004):

Tasmara, Toto. Membudayakan Etos Kerja Islami. Jakarta: Gema Insani, 2002.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-01