Respon Anak Punk Terhadap Stigma Sosial Masyarakat Melalui Komunitas Tasawuf Underground

Authors

  • Hendra Maujana Saragih Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Nasional.
  • Nella Agustiani Program Studi Sosiologi, Universitas Nasional
  • Dewi Lestari Program Studi Sosiologi, Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/jkik.v7i2.2970

Abstract

Abstrak

Respon Anak Punk Stigma Sosial Masyarakat Melalui Komunitas Tasawuf Underground. Skripsi Program studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional, Jakarta. Penelitian ini didasarkan atas sebuah maraknya fenomena sosial dimana adanya keberadaan punk yang semakin berkembang di masyarakat. Pandangan negatif sudah melekat pada diri punk terutama punk yang berada di jalanan yang biasa disebut punk street. Bagi masyarakat luas punk dianggap sebagai perilaku yang menyimpang yang identik dengan sebuah hidup bebas, seks bebas, narkoba, minum-minuman beralkohol yang mengakibatkan anak punk ini membuat kekacauan di lingkungan masyarakat pada kenyataannya juga punk tidak sepenuhnya dapat diterima masyarakat luas hal tersebut dipengaruhi oleh citra yang dibangun media dan yang mereka yang bergaya punk tetapi tidak mengetahui arti makna punk yang sebenarnya. Tujuan dari penelitian yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui bagaimana bentuk respon anak punk terhadap stigma sosial dari masyarakat dalam mengikuti kegiatan-kegiatan di komunitas Tasawuf Underground. Adapun hasil penelitian ini menggunakan metodologi penelitian metode kualitatif deskriptif untuk menjelaskan secara teliti dan dalam serta menggambarkan bagaimana bentuk respon anak punk terhadap stigma sosial dari masyarakat dalam mengikuti kegiatan-kegiatan di komunitas Tasawuf Underground, dari hasil penelitian ini dapat menjawab dari permasalahan yang ada mengacu pada teori Peter L Berger dan Thomas Luckman bahwa konstruksi sosial terbentuk melalui dialektika momen eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi maka dapat dianalisis bahwa konstruksi sosial pada masyarakat luas dibentuk oleh dialektika tersebut, bagi pihak-pihak komunitas punk terkhususnya anak punk jalanan, mereka mengalami proses eksternalisasi berupa perolehan kebudayaan dan norma sosial. Dengan hadirnya Komunitas Tasawuf Underground dengan tujuan untuk memberdayakan anak punk jalanan sendiri itu karena ingin mengikis stigma negatif yang terlanjur disematkan oleh masyarakat dengan memperdalam agama dan juga melakukan kegiatan-kegiatan positif lainya, dan memberikan inspirasi untuk masyarakat umum dan pemerintah untuk sama-sama memperbaiki permasalahan sosial ini dengan cara yang lebih manusiawi lagi, dengan menjadi kan mereka sahabat dan dibina dengan baik, yang sejatinya mereka ingin lagi kembali masuk kedalam kehidupan masyarakat.

Kata Kunci: Respon; Anak Punk ; Stigma Sosial ; Masyarakat

Author Biography

Hendra Maujana Saragih, Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Nasional.

Senior Lecture International Relations Dapartmen Faculty of Social and Political Sciences Universitas Nasional, Head of American Studies and General Secretary Center for Social and Political Studies Faculty of Social and Political Sciences Universitas Nasional, Member of International Relations Studies Association. He also likes to study and research in many fields such as ASEAN security issues, foreign policy, international politics, Indonesia-Australia international relations, Malacca Strait Security and Environmental studies. His writings also published in some University even in various nationally and internationally accredited journals related to international politics, regional security issues and foreign policy. He obtain present the papers in national and international conference with various theme.

References

Arif, Rohman. (2009). Fenomena Anak Punk: Sisi Lain Mengenai Ruwetnya Permasalahan Anak Jalanan di Indonesia. Warta Demografi. 39(3), 52-55.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Metode Penelitian. Jakarta: PT Renika Cipta.

Ashley, Crossman. (2019). Stigma: Notes on the Management of Soiled Identity. August 07,2019 https://www.thoughtco.com/stigma-notes-on-the-management-of-spoiled-identity (diakses 29 November 2019, 3.17)

Burhan, Bungin. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Craig, O’Hara. (1999). The Philosophy of Punk. More Than Noise, London: AK Press.

Daniar, Wikan. S. (2015). Makna dan Ideologi Punk. Jurnal desain Visual & Multimedia. Vol.01 no.02, 51-58.

Edy, Purwanto. (2013). Eksistensi Komunitas Punk. April 28,2013. https://www.kompasiana.com/purwantoedy/eksistensi-komunitas (diakses 29 November 2019, 3.17)

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Erving, Goffman. (1963). Stigma: Notes on the Management of Spoiled Identity. Prentice-Hall.

Facebook Komunitas Tasawuf Underground https://id-id.facebook.com/tasawufunderground (diakses 2 Januari 2020)

John, M. & Arsinta, P. (2009). Punk! Fesyen-Subkultur-Identitas. Jogjakarta: Hailintar Books.

John, W. Creswell. (2016). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Terjemahan Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Lexy, J. Moleong. (2010). Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Major, B & O Brien, L.T. (2005) The Sosial Psychology of Stigma. Annual Review of Psychology,56.

Peter L. Berger & Thomas, Luckman. (1990). Tafsir Sosial atas Kenyataan: Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan. Jakarta: LP3ES Indonesia.

Peter L. Berger. (1991). Langit Suci: Agama Sebagai Realitas Sosial. Jakarta: LP3ES.

Poernomo, Husain. Usman. (1996). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Ridwan, Hardiansyah. (2011). Sedikit Cerita Punk Dari Bandar Lampung. Yogyakarta: Indie Book Corner.

Riyanto, Geger. (2009). Peter L. Beger: Perspektif Metateori. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.

Soerjono, Soekanto. (2007). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Widya, G. (2010). Ideologi Yang Disalahpahami. Jogjakarta: Garasi House Of Book.

Published

2023-12-29