Ekopesantren Sebagai Pemberdayaan Komunitas Pesantren dalam Menjaga dan Melestarikan Lingkungan (Studi Kasus: Pondok Pesantren Daar El-Istiqomah Kampus 2, Serang, Banten)

Penulis

  • Sari Tri Anjani Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Nasional
  • Fachruddin M. Mangunjaya Fakultas Biologi dan Pertanian, Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/jkik.v8i1.3816

Abstrak

Permasalahan lingkungan sangat beragam dan bervariasi dari satu daerah ke daerah lain, budaya dan mata pencaharian masyarakat di sekitar pondok pesantren berbeda-beda, ancaman terhadap alam dan kelestarian lingkungan memerlukan berbagai cara untuk mengatasinya. Salah satunya dengan melakukan program Ekopesantren. Ekopesantren merupakan program yang dirancang untuk meningkatkan standar pendidikan Islam dan membangun masyarakat yang hijau, mandiri, dan sadar lingkungan. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengetahui bentuk pemberdayaan yang dilakukan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan serta pemanfaatan lahan penghijauan pondok pesantren.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dari Cresswell, J.W. dengan menggunakan teknik pengumpulan data triangulasi untuk memastikan validitasnya. Hasil yang diperoleh adalah penjelasan  ekopesantren sebagai pemberdayaan komunitas pondok pesantren untuk menjaga dan melestarikan lingkungan serta pemanfaatan lahan penghijauan pondok pesantren.

Kata Kunci: Ekopesantren, Pelestarian Lingkungan Hidup dalam islam, Pemberdayaan Komunitas

Referensi

Diavano, A. (2022). PROGRAM ECO-PESANTREN BERBASIS KEMITRAAN SEBAGAI UPAYA MEMASYARAKATKAN ISU-ISU LINGKUNGAN MELALUI PENDIDIKAN. 5(2), 113–125. https://doi.org/10.32630/sukowati.v5i2.312

Fua, J. La. (2013). ECO-PESANTREN; MODEL PENDIDIKAN BERBASIS PELESTARIAN LINGKUNGAN. 6(1).

Ii, B. A. B. (2018). Sejarah Pondok‛ di wawancarai oleh Durotun Nasukha,. 13–20.

Mangunjaya, F. M., & Edy Hendras Wahyono. (2022). PANDUAN EKOPESANTREN. LP3ES, anggota ikapi.

Mochamad Chazienul Ulum, N. L. (2020). Community Empowerment Teori dan Praktik Pemberdayaan Komunitas. Malang: UB Press.

Nasukha, D. (2018). Pelestarian Lingkungan dalam Perspektif Hadis (Studi di Pondok Pesantren Modern Daar El Istiqomah). 4(1), 82–118.

Tanjungpinang., D. K. (2019). Manfaat Penghijauan. https://dlh.tanjungpinangkota.go.id/berita/artikel/20-manfaat-penghijauan

UNAS, P. (n.d.). PROGRAM EKOPESANTREN. https://ekopesantren.com/about-us/#”1641703035233-2a3d0cc3-f0b1″

Wahyono, E. H., Mulyana, T. M., Praharawati, G., & Ilmi, F. (2020). MODUL PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP UNTUK PESANTREN (F. M. Mangunjaya (ed.)). Pusat Pengajian Islam (PPI) Universitas Nasional.

Zulaikha, S. (n.d.). PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-30