Nilai Perusahaan LQ45 Periode 2015-2018: Return On Asset (ROA), Corporate Social Responsibility (CSR), dan Kepemilikan Manajerial
DOI:
https://doi.org/10.47313/oikonomia.v19i1.1223Keywords:
Corporate Social Responsibility (CSR), Firm Value, Retun On Asset (ROA), Managerial Ownership.Abstract
Purpose This study aims to analyze the effect of Return On Assets (ROA), Corporate Social Responsibility (CSR), and managerial ownership on company value in LQ45 index companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2015-2018. Methodology This study used multiple linear analysis methods with the help of the SPSS version 23 program. The number of samples obtained from the purposive sampling technique in this study were 11 LQ45 index companies. Findings The results of the study show that manager ownership provides the greatest contribution in influencing firm value. After that proceed with ROA. While CSR is not significant in influencing the value of the company. Suggestions Companies need to pay attention to changes in ROA and especially the ownership of managers in their efforts to influence company value.
References
Ningrum, U. N., & Asandimitra, N. (2016). Pengaruh kinerja keuangan, struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan gcg dan csr sebagai variabel moderating. Jurnal Ilmu Manajemen, 5, 1-14. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/230763075.pdf
Lastanti, H. S., & Salim, N. (2018). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility, good corporate governance, dan kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Akuntansi Trisakti, 5(1), 27-40. https://doi.org/10.25105/JAT.V5I1.4841
Harahap, A. S. (2021). Pengaruh corporate social responsibility dan kepemilikan manajerialterhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas dan ukuran perusahaan sebagai variabel. ABEC Indonesia, 9, 1807-1826. Retrieved from https://abecindonesia.org/proceeding/index.php/abec/article/view/272
Putra, B. A. I., & Sunarto, S. (2021). Pengaruh profitabilitas, leverage, dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 149-157. http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.195.
Lestari, E. S., Rinofah, R., & Maulida, A. (20222). Pengaruh profitabilitas, leverage, kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan csr sebagai variabel moderating. In Forum Ekonomi, 24,(1), 30-44. https://doi.org/10.30872/jfor.v24i1.10390
Puspaningrum, Y. (2017). Pengaruh corporate social responsibility dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas dan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating (Studi empiris pada perusahaan pertambangan di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 5(2). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/profita/article/view/9639
Rossidi, & Lisa, E. (2018). Pengaruh leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan (Studi pada perusahaan sektor manufaktur food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi), 10(1). Retrieved from http://ojs.stan-im.ac.id/index.php/JSMA/article/view/26
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2014). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat.
Ambarwati, J., & Vitaningrum, M. R. (2021). Pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. COMPETITIVE Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 128. http://dx.doi.org/10.31000/competitive.v5i2.4313
Retnasari, A., Setiyowati, S. W., & Irianto, M. F. (2021). Profitabiltas memoderasi likuiditas dan growth opportunity terhadap nilai perusahaan. El Muhasaba: Jurnal Akuntansi (e-Journal), 12(1), 32-41. https://doi.org/10.18860/em.v12i1.10039
Dewi, V. S., & Ekadjaya, A. (2020). Pengaruh profitabilitas, likuiditas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur. Jurnal Paradigma Akuntansi, 2(1). https://doi.org/10.24912/jpa.v2i1.7139
Suardana, I. K., Endiana, I. D. M., & Arizona, I. P. E. (2020). Pengaruh profitabilitas, kebijakan utang, kebijakan dividen, keputusan investasi, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 2(2). Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/kharisma/article/view/975
Oktina, D. A., Sari, E. S., Sunardi, I. A., Hanifah, L. N., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh penerapan strategi CSR (Corporate Social Responsibility) dalam meningkatkan citra perusahaan pada PT. Pertamina (Persero) tahun 2018. Competence: Journal of Management Studies, 14(2), 184-202. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v14i2.8962
Karina, D. R. M., & Setiadi, I. (2020). Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dengan GCG sebagai pemoderasi. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 6(1), 37-49. https://doi.org/10.26486/jramb.v6i1.1054
Sabatini, K., & Sudana, I. P. (2019). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility pada nilai perusahaan dengan manajemen laba sebagai variabel moderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 14(1), 56-69.
Muliati, N. K., Sunarwijaya, I. K., & Adiyandnya, M. S. P. (2021). Faktor-Faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 3(1). Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/kharisma/article/view/1717
Endiana, I. D. M. (2019). Implementasi corporate governance pada corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Juara: Jurnal Riset Akuntansi, 9(1).Retrieved from http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/juara/article/view/306
Kodriyah, K., Kurnia, D., & Octaviani, S. (2021). Nilai perusahaan: Dapatkah dipengaruhi oleh kebijakan dividen, CSR, struktur modal dan profitabilitas?. Accounthink: Journal of Accounting and Finance, 6(02). https://doi.org/10.35706/acc.v6i02.5359
Purba, I. R. ., & Mahendra, A. . (2022). Pengaruh Working Capital Turnover (WCT), Current Ratio (CR), Debt To Equity Ratio (DER), dan Return On Asset (ROA) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 8(1), 61–76. https://doi.org/10.54367/jrak.v8i1.1675
Zurriah, R. (2021). Pengaruh Return On Asset (ROA) terhadap nilai perusahaan. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 2(3), 580-587. Retrieved from https://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/akmami/article/view/457
Putri, K. A. T., & Mardenia, L. (2019). Pengaruh GCG, CSR, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi, 14(2), 156 - 169. https://doi.org/10.21009/wahana.14.024