Minat Pelaporan Pajak dengan E-filling: Kualitas Pelayanan, Manfaat Teknologi Informasi dan Kemudahan Pengguna

Authors

  • Dipateruna Awaloedin Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional Jakarta Indonesia
  • Elwisam Elwisam Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional Jakarta Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47313/oikonomia.v19i2.2576

Keywords:

Service Quality, Information technology advantage, Ease of use, Tax Reporting e-Filing.

Abstract

Purpose In accordance with the technology acceptance model and theory of planned behavior, this study aims to examine the perceived benefits and convenience level of the e-filling system and the quality of KPP services that help people in e-filling with interest in tax reporting by e-filling. Methodology This research design is a cross-sectional design. The data collected is primary data of 100 samples from a population of 20,332 individual taxpayers at the Depok Sawangan tax office. Determination of the sample by convenience sampling technique and measured by the slovin formula. Single harman factor testing was also carried out. While testing the hypothesis with multiple regression through SPSS 26. Findings Quality of service and convenience perceived by taxpayers affects the interest of taxpayers in reporting their taxes by e-filling. Meanwhile, the benefits felt by taxpayers do not affect the interest in using e-filling. Suggestion Practical implications and suggestions for research are described in this article.

References

Andika, K. D., & Yasa, I. N. P. (2020). Pengaruh technology acceptance model terhadap penggunaan e-filing (studi pada wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Singaraja). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 10(3), 267-275. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJA/article/view/26191

Ari, D. P. S., & Putri, F. N. (2022). Analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan niat penggunaan berkelanjutan aplikasi e filling. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 16(2), 183-190. https://doi.org/10.21776/ub.profit.2022.-16.02.3

Arthaningsih, I. (2021). Pengaruh persepsi kemudahan, kesiapan teknologi informasi, dan kepuasan pengguna terhadap minat wajib pajak menggunakan e-filling (studi kasus pada KPP Pratama Singaraja) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha). http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5219

Asih, K. A. A., Yuesti, A., & Sudiartana, I. M. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat wajib pajak orang pribadi menggunakan e-filing untuk pelaporan pajaknya dengan pemahaman internet sebagai variabel moderasi. JSAM (Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen), 1(4), 505-549. Retrieved from http://www.journals.segce.com/index.php/JSAM/article/view/75

Awaloedin, D., & Maulana, M. (2018). Pengaruh penerapan sistem e-filling, pemahaman internet dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak Pratama Depok Cimanggis (Studi pada kantor pelayanan pajak Pratama Kota Depok Cimanggis). Jurnal Rekayasa Informasi, 7(2). Retrieved from https://ejournal.istn.ac.id/index.php/rekayasainformasi/article/view/280

Baikhuni, J. E. (2018). Pengaruh kualitas layanan dan kualitas sistem terhadap minat penggunaan e-filing dengan persepsi kemudahan penggunaan sebagai variabel intervening. [Dissertation] https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/7753

Budiatin, E. A., & Rustiyaningsih, S. (2021). Pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, faktor sosial, dan kondisi yang memfasilitasi terhadap minat penggunaan e-filing di kota Madiun. JRMA (Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi), 9(2), 76-95. https://doi.org/10.33508/jrma.v9i2.1011

Chairani, H., & Farina, K. (2021). Pengaruh persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan serta keamanan dan kerahasiaan terhadap penggunaan e-filing wajib pajak UMKM. JRAK (Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis), 7(2), 71 - 84. https://doi.org/10.38204/jrak.v7i2.545

Cristina. (2021). Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Pengisian E-Filing. Artikel Pajakku.Com.

Darmayanti, I., & Rustiyaningsih, S. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat wajib pajak dalam menggunakan e-filing pada WPOP Pengguna e-filing. JRMA (Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi), 7(2), 132-145. https://doi.org/10.33508/jrma.v7i2.822

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS quarterly, 319-340.

Han, J. H., & Sa, H. J. (2021). Acceptance of and satisfaction with online educational classes through the technology acceptance model (TAM): The COVID-19 situation in Korea. Asia Pacific Education Review, 23, 403–415. https://doi.org/10.1007/s12564-021-09716-7

H. Jogiyanto. (2007). Sistem informasi keprilakuan. Andi Offset.

Joshua, J., & Sumarta , R. (2021). Faktor – faktor yang mempengaruhi minat perilaku wajib pajak orang pribadi dalam menggunakan e-filing di Tangerang Selatan. Media Bisnis, 12(1), 67-82. https://doi.org/10.34208/mb.v12i1.905

Kamal, S. A., Shafiq, M., & Kakria, P. (2020). Investigating acceptance of telemedicine services through an extended technology acceptance model (TAM). Technology in Society, 60, 101212. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2019.101212

Karina, A., & Tjou, C. B. (2018). Pengaruh efektivitas pengendalian internal, pengembangan sumber daya manusia, dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap peningkatan kinerja pegawai (Studi pada kantor pelayanan pajak pratama Jakarta Tanah Abang Tiga). Jurnal Ilmu Akuntansi, 16(2), 27–55. Retrieved from http://journal.unas.ac.id/akunnas/article/view/434

Muhammad, F. H., & Mildawati, T. (2020). Pengaruh penerapan e-filing dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 9(1). Retrieved from http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/2781

Nastiti, V. R. S., Wahyuni, E. D., Marthasari, G. I., & Gani, B. K. (2022). E-filing acceptance employing technology acceptance model and theory of planned behavior. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2453, No. 1). AIP Publishing. https://doi.org/10.1063/5.0095190

Papadomichelaki, X., Mentzas, G. (2009). A multiple-item scale for assessing e-government service quality. In: Wimmer, M.A., Scholl, H.J., Janssen, M., Traunmüller, R. (eds) Electronic Government. EGOV 2009. Lecture Notes in Computer Science, 5693. Springer, Berlin, Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-642-03516-6_14

Puspitayani, L. M. S. (2020). Kemudahan penggunaan e-filing meningkatkan kepatuhan dan kepuasan wajib pajak dalam pelaporan SPT tahunan. Artikel Pajakku.Com.

Rafique, H., Almagrabi, A. O., Shamim, A., Anwar, F., & Bashir, A. K. (2020). Investigating the acceptance of mobile library applications with an extended technology acceptance model (TAM). Computers & Education, 145, 103732. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103732

Rehman, S. U., Bhatti, A., Mohamed, R., & Ayoup, H. (2019). The moderating role of trust and commitment between consumer purchase intention and online shopping behavior in the context of Pakistan. Journal of Global Entrepreneurship Research, 9(1), 1-25. https://doi.org/10.1186/s40497-019-0166-2

Riksfardini, M., Sagara, B., Firmanto, F. S., & Handayani, N. (2023). Inovasi pelayanan pajak berbasis e-government melalui penggunaan e-filing dalam peningkatan kualitas pelayanan. Pentahelix, 1(1), 35-44. https://doi.org/10.24853/penta.1.1.35-44

Rinaldi, A. B., & Suhermin, S. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan, pemahaman, sanksi terhadap kepatuhan pelaporan wajib pajak orang pribadi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 7(10). Retrieved from http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/1665

Seth, N., Deshmukh, S. G., & Vrat, P. (2005). Service quality models: a review. International journal of quality & reliability management, 22(9), 913-949. https://doi.org/10.1108/02656710510625211

Sugiartana, I. W., & Handayani, M. M. (2021). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat penggunaan fasilitas e-filing dalam penyampaian SPT secara online. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 5(3), 465-473. https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i3.39743

Susanti, A. K., Afifudin, A., & Nandiroh, U. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat wajib pajak orang pribadi dalam menggunakan e-filling sebagai sarana pelaporan SPT (Studi empiris pada wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Malang Selatan). e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 12(01), 699-706. Retrieved from http://jim.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view/20064

Susanto, E., & Jimad, N. (2019). Pengaruh persepsi penggunaan technology acceptance model (TAM) terhadap penggunaan e-filling. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, 5(1). Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/jiap/article/view/10431

Uluelang, M. L., Sari, R., & Wahyuni, S. (2023). Pengaruh persepsi kemudahan, kesiapan teknologi informasi dan keamanan terhadap penggunaan e-filing pada KPP Pratama Makassar Utara. Jurnal Akuntansi & Sistem Informasi (JASIN), 1(1), 15-27. Retrieved from http://pasca-umi.ac.id/index.php/jasin/article/view/1271

Wahyuni, W. (2021). Sosialisasi perpajakan, kualitas pelayanan fiskus, penerapan e-filing dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Nobel Management Review, 2(2), 271–282. https://doi.org/10.37476/nmar.v2i2.1936

Wardana, A. K. (2019). Analisis faktor berpengaruh terhadap minat wajib pajak pengguna e-filing pada kantor pelayanan pajak Pratama Makassar Selatan. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 13-21. Retrieved from https://www.jameb.stimlasharanjaya.ac.id/JAMEB/article/view/75

Widyaningsih, D. R., & Siringoringo, W. (2021). Pengaruh kemudahan dan pemahaman penggunaan sistem e-filing terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam melaporkan spt tahunan di kabupaten Bekasi. Ekonomi & Bisnis, 20(1). https://doi.org/10.32722/eb.v20i1.4059

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Awaloedin, D., & Elwisam, E. (2023). Minat Pelaporan Pajak dengan E-filling: Kualitas Pelayanan, Manfaat Teknologi Informasi dan Kemudahan Pengguna. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 19(2), 87–100. https://doi.org/10.47313/oikonomia.v19i2.2576