Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Imitasi Pada Toko Rara Aksesoris

Authors

  • Hafsyah Yasmita Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Juliana Nasution Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Budi Dharma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Price, Purchase Decision, Quality

Abstract

The purpose of this study is to identify and evaluate how price and product quality influence customers' decision to buy costume jewelry from Rara Aksessories. Quantitative research methodology. A total of 100 Rara Aksessories customer respondents from the entire population who made more than 2 transactions online participated in this study using associative techniques.  Information was collected through a questionnaire given to respondents and analyzed using multiple linear regression analysis methods in the IBM SPSS Statistic 27 program. The research findings show that price and quality simultaneously have a positive influence on imitation jewelry purchasing decisions at Rara Accessories. Suggestions Future researchers are expected to add other variables and other research stores/locations.

Author Biographies

Hafsyah Yasmita, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Mahasiswa jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Juliana Nasution, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Penulis 2 yaitu Dosen Pembimbing, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Budi Dharma, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Penulis 3 yaitu Dosen Penguji, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

References

Amalita, R., & Rahma, T. I. F. (2022). Pengaruh kemudahan, kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian di marketplace facebook pada mahasiswa/i UINSU dengan structural equation modeling. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(2). https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i2.43166

Anggraeni, A. R., & Soliha, E. . (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96–107. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5612

Christopher, H. (2021). Analisis pengaruh harga dan varian produk terhadap keputusan pembelian pada toko Benua Emas Singkawang. Hectocorn, 2(1), 68-82. Retrieved from http://jurnal.stiemulia-singkawang.ac.id/index.php/hectocorn/article/view/29

Dewi, A. S., & Elwisam, E. (2021). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk proyektor Epson di Jakarta. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 17(1), 39-51. http://dx.doi.org/10.47313/oikonomia.v17i1.1241

Dharma, I. P. S., & Kusyana, D. N. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk emas. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(12), 2505-2518. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24

Faozi, M. M., & Mufidah, A. (2018). Penawaran produk imitasi jenis fashion dan proses pengambilan keputusan konsumen di pasar kaget Stadion Bima Cirebon. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 3(2), 254-267.

Fathurrahman, A., & Anggesti, M. (2021). Pengaruh gaya hidup, label halal dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik (Studi kasus pada produk Safi). JES (Jurnal Ekonomi Syariah), 6(2), 113–127. https://doi.org/10.30736/jesa.v6i2.125

Gofur, A., & Sari, S. R. (2024). Price-quality interaction on the formation of buying interest of apartment customers. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 7(1), 71-80. Retrieved from https://ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/JMSAB/article/view/1211

Haque, M. G. (2020). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 21(1), 31-38. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v21i1.476

Hidayah, I., Sutanto, A., Purwoko, P., Setiawan, Z., & Adhilla, F. (2022). Anteseden niat pembelian pada produk premium perhiasan mutiara berbasis online store. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(03), 769-776. Retrieved from https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/index.php/OJS/article/view/1037

Hidayat, T. (2020). Analisis pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 109-119. https://journal.uny.ac.id/index.php/jim/article/view/34783

Louis, A., Chandra, D., & Situmeang, R. R. (2023). the influence of price, product quality and service quality on purchase decisions PT. Panca Asri Sentosa. Journal of Research in Business, Economics, and Education, 5(1), 23-31.

Marliyah, M., Dharma, B., & Syarbaini, A. (2023). The maturity of risk management in indonesian islamic universities. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 16(2), 117-125. https://doi.org/10.23969/jrbm.v16i2.7296

Nasution, M. I. P., Nurbaiti, N., Nurlaila, N., Rahma, T. I. F., & Kamilah, K. (2020, September). Face recognition login authentication for digital payment solution at COVID-19 pandemic. In 2020 3rd International Conference on Computer and Informatics Engineering (IC2IE), 48-51. IEEE.

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2023). Literature review: Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, kualitas produk dan harga kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(1), 183-188. https://doi.org/10.37385/msej.v4i1.1246

Ridwan, M. (2012). Analisis kepuasan konsumen terhadap aksesori perak (studi kasus Nikeisha Silver). Jurnal Digest Marketing, 1(2), 102-113. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/229102058.pdf

Rumestri, A. D. S., & Tesyalonika, D. B. (2023). Desain serial perhiasan imitasi berbahan kuningan dan tembaga dengan konsep glamour fancy. Jurnal Sains dan Seni ITS, 12(3), H27-H34. Retrieved from https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/116112

Saputra, F., & Budiarti, E. (2020). Pandemi virus corona terhadap minat beli konsumen pada produk emas PT UBS di kota Surabaya. Jurnal Ekonomi Manajemen (JEM17), 5(2), 67-82.

Setiawan, J., Eskani, I. N., & Laela, E. (2019). Penilaian Kebutuhan Standar Perhiasan Imitasi. In Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Standardisasi, 2019, 127-134.

Sunarmi, S., & Puspitasari, P. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian perhiasan emas di kota Metro. FAIR: Financial and Accounting Indonesian Research, 2(1), 25-33. Retrieved from https://unimuda.e-journal.id/jurnalfairakuntansiunimuda/article/view/2598

Suryajaya, I., & Sienatra, K. B. (2021). Kualitas produk dan persepsi harga ditinjau dampaknya terhadap keputusan pembelian produk WEAR IT. Jurnal Performa : Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 5(3), 176–184. https://doi.org/10.37715/jp.v5i3.1756

Wahyurini, S. C., & Trianasari, N. (2020). Analisis pengaruh label halal dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah. Jurnal Mitra Manajemen, 4(1), 39-50. Retrieved from http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/321

Wihananto, A. (2020). The effect of price, comfort, and trust upon the decision to buy at the online shop (Case study on the students at Economic College of Binaniaga). The Management Journal of Binaniaga, 5(01), 1-10. https://doi.org/10.33062/mjb.v5i01.369

Yafiz, M., Dharma, B., & Syarbaini, A. M. B. (2022). 'Amid: Islamic integrative approach as survey model. Indonesian Journal of Islamic Literature and Muslim Society, 7(1). https://doi.org/10.22515/islimus.v7i1.5406

Yafiz, M., Harahap, I., & Cahyanti, S. (2020). Consumption behavior of bidikmisi scholarship students with religiosity as a moderating variable. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 6(2), 239.

Published

2024-02-01