PENGARUH FAKTOR-FAKTOR MIKRO DAN MAKROEKONOMI TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING PADA SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO)

Authors

  • Imawati Imawati Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nasional
  • I Made Adnyana Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/oikonomia.v13i2.507

Keywords:

Underpricing, DER, ROA, ukuran perusahaan, tingkat inflasi, nilai kurs

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh faktor-faktor mikro dan
makroekonomi terhadap tingkat underpricing pada saat IPO (Initial Public Offering) di Bursa
Efek Indonesia periode 2011-2015. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan nonkeuangan
dan non-perbankan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dan melakukan IPO pada
2011-2015. Dengan menggunakan metode purposive sampling, sampel yang digunakan
dalam penelitian ini terdiri dari 70 perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DER, ROA dan ukuran
perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat underpricing, tingkat inflasi
tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing, dan nilai kurs berpengaruh
positif dan signifikan terhadap tingkat underpricing.

References

Ang, R. 1997. Pintar Pasar Modal Indonesia. Mediasoft Indonesia. Jakarta.

Bank Indonesia. 2016. http://www.bi.go.id/en/moneter/inflasi/data/Default.aspx. 25 Oktober

(21:00).

Bank Indonesia. 2016. http://www.bi.go.id/id/moneter/informasi-kurs/transaksibi/

Default.aspx. 25 Oktober 2016 (20:00).

Boediono. 2013. Ekonomi Makro. BPFE. Yogyakarta.

Bursa Efek Indonesia. 2016. http://www.idx.co.id. 24 Oktober 2016 (19:30)

E-Bursa. 2016. https://www.ebursa.com/index.php/ipo/ipo_stock_performance. 21 Oktober

(14.00).

Fahmi, I. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta. Bandung.

Handayani, S.R. dan Shaferi, I. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Underpricing pada Penawaran Umum Perdana (Studi Kasus pada Perusahaan

Performance. 14 (2): 103-118.

Isfaatun, E. dan Hatta, A.J. 2010. Analisis Informasi Penentu Harga Saham Saat Initial Publik

Offering. Jurnal Ekonomi Bisnis. 1 (15): 66-74.

Jogiyanto, H. 2016. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kesepuluh. BPFE.

Yogyakarta.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Kristiantari, I.D.A. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham

pada Penawaran Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi

dan Humanika. 2 (2): 785-811.

Manurung, A.H. 2012. Konsep dan Empiris Teori Investasi. STIEP Press. Jakarta

. 2013. Initial Public Offering (IPO) Konsep, Teori, dan Proses. STIEP Press.

Jakarta

Pahlevi, R.W. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada

Penawaran Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Siasat Bisnis. 18(2): 219-

Pemerintah Republik Indonesia. 1995. Pemerintah Republik Indonesia No. 8 Tahun 1995

tentang Pasar Modal. Pemerintah Republik Indonesia. Jakarta.

Rachmadhanto, D.T. dan Raharja. 2014. Analisis Pengaruh Faktor Fundamental Perusahaan

dan Kondisi Ekonomi Makro terhadap Tingkat Underpricing Saat Penawaran Umum

Perdana. Diponegoro Journal of Accounting. 3 (4): 1-12.

Retnowati, E. 2013. Penyebab Underpricing pada Penawaran Saham Perdana di Indonesia.

Accounting Analysis Journal. 2 (2): 182-190.

Riyanto, B. 2008. Dasar-Dasar Pembelanjaan Negara. BPFE. Yogyakarta.

Rock, K. 1986. Why New Issues are Underpriced. Journal of Financial Economics. 15: 187-

Sukirno, S. 2015. Makroekonomi: Teori Pengantar. Edisi 3. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Warsini, S. 2009. Manajemen Investasi. Semesta Media. Jakarta.

Yasa, G.W. 2008. Penyebab Underpricing pada Penawaran Saham Perdana di Bursa Efek

Jakarta. Jurnal Akuntansi Bisnis. 3.

Yolana, C. dan D. Martani. 2005. Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Fenomena

Underpricing pada Penawaran Saham Perdana di BEJ Tahun 1994-2001. Jurnal

Simposium Nasional Akuntansi VIII.

Published

2024-02-19

How to Cite

Imawati, I., & Adnyana, I. M. (2024). PENGARUH FAKTOR-FAKTOR MIKRO DAN MAKROEKONOMI TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING PADA SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO). Oikonomia: Jurnal Manajemen, 13(2). https://doi.org/10.47313/oikonomia.v13i2.507