PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARATE-GI MEREK HOKIDO DI LIMA DOJO WILAYAH DKI JAKARTA

Authors

  • Hajir Masturi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nasional
  • Resti Hardini Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/oikonomia.v13i2.508

Keywords:

Kualitas produk, harga, word of mouth, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, harga,
dan word of mouth terhadap keputusan pembelian karate-gi merek Hokido di lima Dojo di
wilayah DKI Jakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang
membeli karate-gi merek Hokido di lima Dojo di wilayah DKI Jakarta. Dengan
menggunakan rumus William, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, harga dan word of mouth secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian karate-gi merek Hokido di
lima Dojo di wilayah DKI Jakarta.

References

Hidayati, N., S.R.T Astuti., dan Nurhidayati. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan,

Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian

Konsumen: Studi pada Toko Seni Kerajinan Mas dan Perak Sulaiman Intan Permata

di Semarang. Diponegoro Journal Of Management. 4 (1): 2337-3792.

Karlina, N.P.N. dan N.K. Seminari. 2015. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk

terhadap Keputusan Pembelian Produk PT Karya Pak Oles Tokcer Denpasar. EJurnal

Manajemen Unud. 4(6): 1610-1623.

Kotler, P. dan G. Armstrong. 2008. Principles of Marketing. 12th ed. Pearson Prentice Hall.

New Jersey. Terjemahan B. Sobran. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Erlangga.

Jakarta.

dan K. L. Keller. 2013. Marketing Management. 13th Ed. Pearson Prentice Hall.

New Jersey. Terjemahan B. Sobran. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 13.

Erlangga. Jakarta.

Lotulung, S.C., J. Lapian., dan S. Moniharapan. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan

WOM (Word of Mouth) terhadap Keputusan Pembelian Handphone Evercoss pada

CV Trista Jaya Globalindo Manado. Jurnal Emba. 3 (3): 817-826.

Lupiyoadi, H. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Salemba Empat. Jakarta

Mokoagouw, M.L. 2016. Pengaruh Gaya Hidup, Harga dan Kualitas Produk terhadap

Keputusan Pembelian Handpone Samsung di Mobile IT Center Manado. E-Journal

UNSRAT. 16 (1): 493-502.

Ratnaningrum, H. 2016. Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan

Pembelian Konsumen dalam Pembelian BBM Jenis Pertalite di Kota Yogyakarta.

Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Schiffman, L. dan L.S. Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Indeks. Jakarta.

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. CV Andi Offset,Yogyakarta.

Yosevina, 2008. Word of Mouth. PMPM. 11(4): 5-13.

Published

2024-02-19

How to Cite

Masturi, H., & Hardini, R. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARATE-GI MEREK HOKIDO DI LIMA DOJO WILAYAH DKI JAKARTA. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 13(2). https://doi.org/10.47313/oikonomia.v13i2.508