PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, TAGLINE DAN CITRA MEREK TERHADAP KESADARAN MEREK KONSUMEN FACIAL FOAM POND’S DI SMK AL-MAKMUR CIGANJUR JAKARTA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.47313/oikonomia.v13i2.509Keywords:
Celebrity endorser, tagline, citra merek, kesadaran merekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh celebrity endorser, tagline
dan citra merek terhadap kesadaran merek konsumen facial foam Pond’s di SMK Al-Makmur
Ciganjur, Jakarta Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi dan karyawan di
SMK Al-Makmur Ciganjur, Jakarta Selatan yang menggunakan facial foam Pond’s. Jumlah
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
celebrity endorser, tagline dan citra merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kesadaran merek pada konsumen facial foam Pond’s di SMK Al-Makmur Ciganjur,
Jakarta Selatan.
References
Aaker, D. 1997. Manajemen Ekuitas Merek. Spektrum Mitra Utama. Jakarta.
Abiromo, B. 2014. Pengaruh Tagline dan Brand Ambassador terhadap Brand Awareness
Produk Perdana Simpati: Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas
Negeri Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Manajemen Universitas Negeri
Yogyakarta. Yogyakarta.
Bramantya, Y.B. dan M. Jatra. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap
Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter MX di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen
Universitas Udayana. 5 (3): 1769-1771.
Durianto, D. dan L.J. Budiman. 2004. Brand Equity Ten. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Hamid, F.Z. dan T. Hartati. 2013. Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser dan Jingle dalam
Iklan Televisi Mentari (Indosat) terhadap Brand Awareness pada Karyawan di
Lingkungan Beji Depok. Epigram. 10 (2): 80-88.
Keller. K.L. 2003. Strategic Brand Management: Building, Measuring, And Managing Brand
Equity. Second Edition. Pearson Prentice Hal. New Jersey
Kotler, P. dan K.L. Keller. 2009. Marketing Management. 13th Edition. Pearson Education.
Terjemahan B. Sabran. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
Nugroho, S.A dan Mudiantono. 2013. Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Kekuatan
Celebrity Endorser terhadap Brand Awareness dan Dampaknya terhadap Brand
Attitude Handphone Nokia: Studi Kasus pada Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas
Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Diponegoro Journal of
Management. 2(3): 1-11.
Peter, J. P. dan J.C. Olson. 2013. Consumer Behavior and Marketing Strategy. 7th edition.
McGraw Hill. New York. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jilid 2. Edisi
Salemba Empat. Jakarta.
Rangkuti, F. 2004. The Power of Brand. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Shimp. A. 2007. Periklanan Promosi. Edisi 5. Jilid 1 dan 2. Erlangga. Jakarta.
Susanto, A.B. dan H. Wijanarko. 2004. Power Branding: Membangun Merek Unggul dan
Organisasi Pendukungnya. Mizan. Bandung.
Yanti, M.O.Z. dan H. Sukotjo. 2016. Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek dan Brand
Image terhadap Keputusan Pembelian Aqua. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 5(5):
-15.