PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, TAGLINE DAN CITRA MEREK TERHADAP KESADARAN MEREK KONSUMEN FACIAL FOAM POND’S DI SMK AL-MAKMUR CIGANJUR JAKARTA SELATAN

Authors

  • Putri Oktaviani Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nasional
  • Rahayu Lestari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/oikonomia.v13i2.509

Keywords:

Celebrity endorser, tagline, citra merek, kesadaran merek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh celebrity endorser, tagline
dan citra merek terhadap kesadaran merek konsumen facial foam Pond’s di SMK Al-Makmur
Ciganjur, Jakarta Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi dan karyawan di
SMK Al-Makmur Ciganjur, Jakarta Selatan yang menggunakan facial foam Pond’s. Jumlah
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
celebrity endorser, tagline dan citra merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kesadaran merek pada konsumen facial foam Pond’s di SMK Al-Makmur Ciganjur,
Jakarta Selatan.

References

Aaker, D. 1997. Manajemen Ekuitas Merek. Spektrum Mitra Utama. Jakarta.

Abiromo, B. 2014. Pengaruh Tagline dan Brand Ambassador terhadap Brand Awareness

Produk Perdana Simpati: Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas

Negeri Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Manajemen Universitas Negeri

Yogyakarta. Yogyakarta.

Bramantya, Y.B. dan M. Jatra. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap

Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter MX di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen

Universitas Udayana. 5 (3): 1769-1771.

Durianto, D. dan L.J. Budiman. 2004. Brand Equity Ten. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Hamid, F.Z. dan T. Hartati. 2013. Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser dan Jingle dalam

Iklan Televisi Mentari (Indosat) terhadap Brand Awareness pada Karyawan di

Lingkungan Beji Depok. Epigram. 10 (2): 80-88.

Keller. K.L. 2003. Strategic Brand Management: Building, Measuring, And Managing Brand

Equity. Second Edition. Pearson Prentice Hal. New Jersey

Kotler, P. dan K.L. Keller. 2009. Marketing Management. 13th Edition. Pearson Education.

Terjemahan B. Sabran. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Nugroho, S.A dan Mudiantono. 2013. Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Kekuatan

Celebrity Endorser terhadap Brand Awareness dan Dampaknya terhadap Brand

Attitude Handphone Nokia: Studi Kasus pada Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas

Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Diponegoro Journal of

Management. 2(3): 1-11.

Peter, J. P. dan J.C. Olson. 2013. Consumer Behavior and Marketing Strategy. 7th edition.

McGraw Hill. New York. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jilid 2. Edisi

Salemba Empat. Jakarta.

Rangkuti, F. 2004. The Power of Brand. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Shimp. A. 2007. Periklanan Promosi. Edisi 5. Jilid 1 dan 2. Erlangga. Jakarta.

Susanto, A.B. dan H. Wijanarko. 2004. Power Branding: Membangun Merek Unggul dan

Organisasi Pendukungnya. Mizan. Bandung.

Yanti, M.O.Z. dan H. Sukotjo. 2016. Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek dan Brand

Image terhadap Keputusan Pembelian Aqua. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 5(5):

-15.

Published

2024-02-19

How to Cite

Oktaviani, P., & Lestari, R. (2024). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, TAGLINE DAN CITRA MEREK TERHADAP KESADARAN MEREK KONSUMEN FACIAL FOAM POND’S DI SMK AL-MAKMUR CIGANJUR JAKARTA SELATAN. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 13(2). https://doi.org/10.47313/oikonomia.v13i2.509