PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Beureukat Beureukat Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/oikonomia.v14i1.512

Keywords:

Return on Asset (ROA), Corporate Social Responsibility (CSR), nilai perusahaan, Price Earning Ratio (PER)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Return on Asset (ROA) dan Corporate Social
Responsibility (CSR) berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang diproksikan dengan Price
Earning Ratio (PER). Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis apakah CSR sebagai
variabel moderasi mampu memoderasi ROA dengan nilai perusahaan. Penelitian dilakukan
terhadap 10 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun
2014-2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive random
sampling. Hasil analisis data dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA)
menunjukkan bahwa: (1) profitabilitas (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
nilai perusahaan (PER); (2) CSR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai
perusahaan (PER); dan (3) CSR sebagai variabel moderasi mampu memperkuat pengaruh
profitabilitas (ROA) terhadap nilai perusahaan (PER).

References

Barnea, A. dan A. Rubin. 2010. Corporate Social Responsibility as a Conflict between

Shareholders. Journal of Business Ethics. 97: 71-86.

Deriyarso, I. 2014. Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate

Social Responsibility sebagai Variabel Moderating: Studi Empiris pada Perusahaan

Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Program Studi

Manajemen Universitas Diponegoro. Semarang.

Elkington, J. 1997. Cannibals with Forks: the Triple Bottom Line of 21ts Century Business.

Capstone. Mankato.

Fahmi, I. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta. Bandung.

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21: Update PLS

Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hackston, D. dan M.J. Milne. 1996. Some Determinants of Social and Enviromental

Disclosures in New Zealand Companies. Accounting, Auditing and Accountability

Journal. 9(1): 77-108.

Hadi, N. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hadianto, M.L. 2013. Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan

dengan Pengungkapan CSR dan GCG sebagai Variabel Pemoderasi: Studi Empiris

pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2008-

Skripsi. Program Studi Manajemen Universitas Diponegoro. Semarang.

Hanafi, M. dan A. Halim. 2012. Analisis Laporan Keuangan. UPP STIM YKPN.

Yogyakarta.

Handriyani, A.N. dan Andayani. 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap

Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating, Jurnal Ilmu dan

Riset Akuntansi. 2(5): 1-15.

Haniffa, R.M. dan T.E. Cooke. 2005. The Impact of Culture and Governance on Corporate

Social Reporting. Journal of Accounting and Public Policy. 24: 391-430.

Harahap, S.S. 2008. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Hartanti, D. 2006. Makna Corporate Social Responsibility: Sejarah dan Perkembangannya.

Economic Business Accounting Review. 3: 113-124.

Hendriksen, E.S. dan N. Widjajant. 1991. Teori Akuntansi. Erlangga. Jakarta.

Husnan, S. dan E. Pudjiastuti. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Keenam.

UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Kartini, D. 2009. Corporate Social Responsibility: Transformasi Konsep Sustainability

Management dan Implementasi di Indonesia. Refika Aditama. Bandung.

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Kusumadilaga, R. 2010. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan

dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating: Studi Empiris pada Perusahaan

Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Program Studi

Akuntansi Universitas Diponegoro. Semarang.

Munawaroh, A. dan M.P. Priyadi. 2014. Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan

dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu

dan Riset Akuntansi. 3(4): 1-17.

Munawir, S. 2004. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Liberty. Yogyakarta.

Nurlela dan Islahuddin. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai

Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel

Moderating. Simposium Nasional Akuntansi XI Pontianak.

Petronila, T.A. dan Mukhlasin. 2003. Pengaruh Profitabilitas Perusahaan terhadap Ketepatan

Waktu Pelaporan Laporan Keuangan dengan Opini Audit sebagai Moderating

Variabel. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 3(1): 17-26.

Pramana, I.G.N.A.D. dan I.K. Mustanda. 2016. Pengaruh Profitabilitas dan Size terhadap

Nilai Perusahaan dengan CSR sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Manajemen

Unud. 5(1): 561-594.

Puspaningrum, Y. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan

Manajerial terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan

sebagai Variabel Moderating: Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan di Bursa

Efek Indonesia. Skripsi. Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta.

Yogyakarta.

Sembiring, E.R. 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial:

Studi Empiris pada perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Simposium

Nasional Akuntansi VIII Solo. 15-16 September: 379-395.

Sudana, I.M. 2009. Manajemen Keuangan: Teori dan Praktik. Airlangga University Press.

Surabaya.

Tsoutsoura, M, 2004. Coporate Social Responsibility and Financial Performance. Working

Paper Series. Haas School of Business University of California. Berkeley

Ulupui, I.G.K.A. 2007. Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Aktivitas dan

Profitabilitas terhadap Return Saham: Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman

dengan Kategori Industri Barang Konsumsi di BEJ. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan

Bisnis. 2(1): 88-102.

Wahyuningsih, P. dan M. Widowati. 2016. Analisis ROA dan ROE terhadap Nilai

Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderating.

Jurnal STIE Semarang. 8(3): 83-102.

Waryanto. 2010. Pengaruh Karakteristik Good Corporate Governance terhadap Luas

Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia. Skripsi. Program

Studi Akuntansi Universitas Diponegoro. Semarang.

Weston, J.F. dan T.E. Copeland. 2008. Managerial Finance. 9th Ed. The Dryden Press. New

York. Terjemahan A.J. Wasana dan Kibrandoko. 2008. Manajemen Keuangan.

Binarupa Aksara. Jakarta.

Published

2019-02-28

How to Cite

Beureukat, B. (2019). PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 14(1). https://doi.org/10.47313/oikonomia.v14i1.512