PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.47313/oikonomia.v14i1.512Keywords:
Return on Asset (ROA), Corporate Social Responsibility (CSR), nilai perusahaan, Price Earning Ratio (PER)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Return on Asset (ROA) dan Corporate Social
Responsibility (CSR) berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang diproksikan dengan Price
Earning Ratio (PER). Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis apakah CSR sebagai
variabel moderasi mampu memoderasi ROA dengan nilai perusahaan. Penelitian dilakukan
terhadap 10 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun
2014-2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive random
sampling. Hasil analisis data dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA)
menunjukkan bahwa: (1) profitabilitas (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
nilai perusahaan (PER); (2) CSR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai
perusahaan (PER); dan (3) CSR sebagai variabel moderasi mampu memperkuat pengaruh
profitabilitas (ROA) terhadap nilai perusahaan (PER).
References
Barnea, A. dan A. Rubin. 2010. Corporate Social Responsibility as a Conflict between
Shareholders. Journal of Business Ethics. 97: 71-86.
Deriyarso, I. 2014. Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate
Social Responsibility sebagai Variabel Moderating: Studi Empiris pada Perusahaan
Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Program Studi
Manajemen Universitas Diponegoro. Semarang.
Elkington, J. 1997. Cannibals with Forks: the Triple Bottom Line of 21ts Century Business.
Capstone. Mankato.
Fahmi, I. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta. Bandung.
Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21: Update PLS
Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Hackston, D. dan M.J. Milne. 1996. Some Determinants of Social and Enviromental
Disclosures in New Zealand Companies. Accounting, Auditing and Accountability
Journal. 9(1): 77-108.
Hadi, N. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hadianto, M.L. 2013. Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan
dengan Pengungkapan CSR dan GCG sebagai Variabel Pemoderasi: Studi Empiris
pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2008-
Skripsi. Program Studi Manajemen Universitas Diponegoro. Semarang.
Hanafi, M. dan A. Halim. 2012. Analisis Laporan Keuangan. UPP STIM YKPN.
Yogyakarta.
Handriyani, A.N. dan Andayani. 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap
Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating, Jurnal Ilmu dan
Riset Akuntansi. 2(5): 1-15.
Haniffa, R.M. dan T.E. Cooke. 2005. The Impact of Culture and Governance on Corporate
Social Reporting. Journal of Accounting and Public Policy. 24: 391-430.
Harahap, S.S. 2008. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Hartanti, D. 2006. Makna Corporate Social Responsibility: Sejarah dan Perkembangannya.
Economic Business Accounting Review. 3: 113-124.
Hendriksen, E.S. dan N. Widjajant. 1991. Teori Akuntansi. Erlangga. Jakarta.
Husnan, S. dan E. Pudjiastuti. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Keenam.
UPP STIM YKPN. Yogyakarta.
Kartini, D. 2009. Corporate Social Responsibility: Transformasi Konsep Sustainability
Management dan Implementasi di Indonesia. Refika Aditama. Bandung.
Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Kusumadilaga, R. 2010. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan
dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating: Studi Empiris pada Perusahaan
Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Program Studi
Akuntansi Universitas Diponegoro. Semarang.
Munawaroh, A. dan M.P. Priyadi. 2014. Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan
dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu
dan Riset Akuntansi. 3(4): 1-17.
Munawir, S. 2004. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Liberty. Yogyakarta.
Nurlela dan Islahuddin. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai
Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel
Moderating. Simposium Nasional Akuntansi XI Pontianak.
Petronila, T.A. dan Mukhlasin. 2003. Pengaruh Profitabilitas Perusahaan terhadap Ketepatan
Waktu Pelaporan Laporan Keuangan dengan Opini Audit sebagai Moderating
Variabel. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 3(1): 17-26.
Pramana, I.G.N.A.D. dan I.K. Mustanda. 2016. Pengaruh Profitabilitas dan Size terhadap
Nilai Perusahaan dengan CSR sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Manajemen
Unud. 5(1): 561-594.
Puspaningrum, Y. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan
Manajerial terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan
sebagai Variabel Moderating: Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan di Bursa
Efek Indonesia. Skripsi. Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta.
Yogyakarta.
Sembiring, E.R. 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial:
Studi Empiris pada perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Simposium
Nasional Akuntansi VIII Solo. 15-16 September: 379-395.
Sudana, I.M. 2009. Manajemen Keuangan: Teori dan Praktik. Airlangga University Press.
Surabaya.
Tsoutsoura, M, 2004. Coporate Social Responsibility and Financial Performance. Working
Paper Series. Haas School of Business University of California. Berkeley
Ulupui, I.G.K.A. 2007. Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Aktivitas dan
Profitabilitas terhadap Return Saham: Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman
dengan Kategori Industri Barang Konsumsi di BEJ. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan
Bisnis. 2(1): 88-102.
Wahyuningsih, P. dan M. Widowati. 2016. Analisis ROA dan ROE terhadap Nilai
Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderating.
Jurnal STIE Semarang. 8(3): 83-102.
Waryanto. 2010. Pengaruh Karakteristik Good Corporate Governance terhadap Luas
Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia. Skripsi. Program
Studi Akuntansi Universitas Diponegoro. Semarang.
Weston, J.F. dan T.E. Copeland. 2008. Managerial Finance. 9th Ed. The Dryden Press. New
York. Terjemahan A.J. Wasana dan Kibrandoko. 2008. Manajemen Keuangan.
Binarupa Aksara. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Beureukat Beureukat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.