PENGARUH RICH MEDIA ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET BULAN MADU BALI KEROBOKAN-SEMINYAK-PETITENGET DI BULANMADU.COM

Authors

  • Rizki Nurul Nugraha Program Studi Pariwisata Fakultas Ekonomi Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/oikonomia.v14i1.514

Keywords:

Rich media advertising, audio streaming, video streaming, applets that allow user interaction, special effect

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rich media advertising terhadap
keputusan pembelian paket bulan madu Bali Kerobokan - Seminyak - Petitenget di
bulanmadu.com. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna jasa paket bulan madu Bali
Kerobokan - Seminyak - Petitenget di bulanmadu.com pada rentang waktu 3 tahun terakhir.
Penelitian ini melibatkan 100 pengguna jasa yang diambil secara random. Metode analisis
yang digunakan adalah metode analisis jalur (path). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
streaming audio, streaming video, applets that allow user interaction dan special effect
secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian paket bulan
madu Bali Kerobokan - Seminyak - Petitenget di bulanmadu.com. Berdasarkan hasil tersebut,
dapat disimpulkan bahwa rich media advertising memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian paket bulan madu Bali Kerobokan - Seminyak -
Petitenget di bulanmadu.com.

References

Bulan Madu. 2017. http://www.bulanmadu.com. 25 April 2017 (10:29).

CNN Indonesia. 2017. Bali Terima Penghargaan Destinasi Wisata Terbaik di Dunia.

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170421134200-307-209237/baliterima-

penghargaan-destinasi-wisata-terbaik-di-dunia. 25 April 2017 (09:39).

Goldsmith, R.E. dan B.A. Lafferty. 2002. Consumer Response to Website and Their

Influence on Advertising Effectiveness. Journal of Internet Research, Electronic

Networking Applications and Policy. 12: 318-328.

Kotler, P. dan G. Armstrong. 2012. The Principles of Marketing. Pearson Prentice Hall. New

Jersey.

. dan K.L. Keller. 2012. Marketing Management. 14th Edition. Global Edition.

Pearson Prentice Hall. New Jersey.

Kristiutami, Y.P. 2015. Pengaruh Bauran Pemaran terhadap Keputusan Berkunjung

Wisatawan di Museum Geologi Bandung. Jurnal Pariwisata. 2(2).

Kusnendi. 2005. Analisis Jalur: Konsep dan Aplikasi dengan Program SPSS dan LISREL 8.

JPE FPIPS UPI. Bandung.

Lupiyoadi, R. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi 3. Salemba

Empat. Jakarta.

Osewe, G.O. 2013. The Effectiveness of Internet Advertising on Consumer Behaviour: The

Case of University of Nairobi Students. Research Project. School of Business of

Univeristy of Nairobi. Nairobi.

Pitana, I.G. dan P.G. Gayatri. 2005. Sosiologi Pariwisata. Andi. Yogyakarta.

Schiffman, L. dan L.S. Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Indeks. Jakarta.

Shimp, T.A. 2000. Advertising, Promotion and Supplemental Aspects of Integrated

Marketing Communications. The Dryden Press. London.

Susan, S., A. MacLellan dan E. Dorey. 2006. 3G Marketing on the Internet: Third

Generation Internet Marketing Strategies for Online Success. 7th Edition.

Maximumm Press. Florida.

Tjiptono, F. dan G. Chandra. 2012. Pemasaran Strategi. Andi. Yogyakarta.

Published

2019-02-28