PENGARUH ATMOSFER TOKO, LOKASI DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PLANET BAN MARGONDA RAYA, DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.47313/oikonomia.v15i1.641Keywords:
Atmosfer toko, lokasi, keragaman produk, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atmosfer toko, lokasi dan keragaman
produk terhadap keputusan pembelian pada Planet Ban Margonda Raya, Depok. Populasi
penelitian yang digunakan adalah pengguna jasa di Planet Ban Margonda Raya, Depok.
Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling dengan
jumlah sampel sebanyak 100 responden. Analisis dilakukan dengan menggunakan regresi
linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atmosfer toko, lokasi dan
keragaman produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian pada Planet Ban Margonda Raya, Depok
References
Alma, B. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.
Anderson, D.R., D.J. Sweeney dan T.A. Williams. 2011. Statistics for Business and
Economics. Eleventh Edition. Cengage Learning. Boston.
Antari, K.R.M., K. Dunia dan L. Indrayani. 2014. Pengaruh Lokasi dan Harga terhadap
Keputusan Berbelanja pada Mini Market Sastra Mas Tabanan. Jurnal Pendidikan
Ganesha. 4(1): 1-11.
Berman, B. dan J.R. Evans. 2004. Retail Management: A Strategic Approach. Ninth
Edition. Prentice Hall. New Jersey.
Bruner, G.C. 1990. Music, Mood and Marketing. Journal of Marketing. 54(4): 94-104.
Fahimah, A. Fauzi dan K. Hidayat. 2015. Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan
Pembelian: St=urvei pada Pengunjung di Madam Wang Secret Garden Cafe
Malang. Jurnal Administrasi Bisnis. 28(2): 1-10.
Hanafitrah, A. dan Widiartanto. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Store Atmosphere dan
Discount terhadap Keputusan Pembelian Distro House of Smith Semarang. Jurnal
Ilmu Administrasi Bisnis. 7(1): 1-12.
Kotler, P. 2001. Atmospherics as a Marketing Tool. Journal of Retailing. 49(4): 48-64.
. dan K.L. Keller. 2008. Marketing Management. 13th Edition. Prentice Hall. New
Jersey. Terjemahan B. Sabran. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Erlangga.
Jakarta.
. dan G. Armstrong. 2007. Principles of Marketing. 12th Edition. Prentice Hall.
New Jersey. Terjemahan D. Sihombing. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi
Erlangga. Jakarta.
Levy, M. Dan B.A. Weitz. 2001. Retailing Management. Fourth Edition. McGraw-Hill.
New York.
Lisdayanti, A. 2017. Pengaruh Lokasi, Store Atmosphere, Harga dan CRM terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen pada the Milk Bar Bandung. Sustainable
Competitive Avantage. 7: 169-187.
Mowen, J.C. dan M. Minor. 1997. Consumer Behavior. 5th Edition. Prentice Hall. New
Jersey. Terjemahan D.K. Yahya. 2002. Perilaku Konsumen. Edisi Kelima.
Erlangga. Jakarta.
Ogi, Y., A. Supandi dan J. Rotinsulu. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman
Produk dan Citra terhadap Keputusan Pembelian di Matahari Mega Mall Manado.
Jurnal EMBA. 6(4): 3953-3962.
Planet Ban. 2018. https://www.planetban.com/. 3 Januari 2018 (23:18).
Prambudi, Y. dan A. Rachmi. 2017. Pengaruh Store Atmosphere dan Keragaman Produk
terhadap Keputusan Pembelian di Cap Jempol Ponsel Malang. Jurnal Aplikasi
Bisnis. 3(1): 80-85.
Schiffman, L.G., dan L.L. Kanuk. 2000. Consumer Behavior. 7th Edition. Prentice Hall.
New Jersey. Terjemahan Z. Kasip. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh.
Indeks. Jakarta.
Simamora, H. 2000. Manajemen Pemasaran Internasional. Cetakan Pertama. Salemba
Empat. Jakarta.
Suwarman, U. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran.
Edisi 2. Ghalia Indonesia. Bogor.
Swastha, B. dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.
Tjiptono, F. 2009. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Ketujuh. Andi. Yogyakarta.
Top Brand Award. 2018. Top Brand Index 2016 Fase 2 Kategori Retail.
https://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index
_fase_2. 3 Januari 2018 (22:10).
Top Brand Award. 2018. Top Brand Index 2017 Fase 2 Kategori Retail.
https://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index
_fase_2. 15 Fabruari 2018 (21:49).
Utami , C.W. 2010 . Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel
Modern di Indonesia. Edisi Kedua. Salemba Empat. Jakarta.
. 2015 . Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel
Modern di Indonesia. Edisi Ketiga. Salemba Empat. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Rachmat Hidayat, Atsari Sujud
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.