PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA PADA MINAT PEMBELIAN ULANG KONSUMEN KERETAAPI KELAS EKSEKUTIF ARGO PARAHYANGAN
DOI:
https://doi.org/10.47313/oikonomia.v15i1.642Keywords:
Persepsi harga, kualitas pelayanan, kualitas produk, kepuasan konsumen, minat pembelian ulangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan
dan kualitas produk terhadap kepuasan dan dampaknya pada minat pembelian ulang
konsumen kereta api kelas eksekutif Argo Parahyangan. Sampling dilakukan dengan
mengunakan teknik non probability sampling, yakni accidental sampling method dengan
jumlah sampel sebanyak 100 responden yang terdiri dari para konsumen kereta api kelas
eksekutif Argo Parahyangan di Stasiun Gambir. Data penelitian dianalisis dengan
menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 22.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi harga, kualitas pelayanan dan kualitas
produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen
kereta api kelas eksekutif Argo Parahyangan; dan (2) kepuasan konsumen berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang konsumen kereta api kelas eksekutif
Argo Parahyangan.
References
Fadillah, F. dan H. Prabowo. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek
Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang Pada
PT Diva Karoke. JP FEB UNSOED. 4(1): 216-227.
Ferdinand, A. 2002. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Badan Penerbit
Universitas Diponegoro. Semarang.
. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Edisi Keempat. Badan Penerbit
Universitas Diponegoro. Semarang.
Ghassani, M.T. dan S. Suryoko. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap
Minat Beli Ulang Bandeng Juwana Vaccum Melalui Kepuasan Konsumen sebagai
Variabel Intervening: Studi Kasus pada Pelanggan PT Bandeng Juwana Elrina
Semarang. Diponegoro Journal of Social and Political Science. 6(4):1-8.
Handayani, W. dan E. Soliha. 2015. Citra dan Persepsi Harga dalam Mempengaruhi
Kepuasan dan Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan: Studi pada Pelanggan
Business Centre SMK Negeri 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Multi
Disiplin Ilmu dan Call for Papers Unisbank: SENDI U. Universitas STIKU
BANK.
Harjati, L. dan Y. Venesia. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga terhadap
Kepuasan Pelanggan pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal
WIDYA Ekonomika. 1(1): 64-74.
Kotler, P. dan G. Armstrong. 2010. Principles of Marketing. 13th Edition. Prentice Hall.
New Jersey. Alih Bahasa A. Sindoro dan B. Molan. 2012. Prinsip-Prinsip
Pemasaran. Edisi 13. Erlangga. Jakarta.
_______. dan K. L. Keller. 2006. Marketing Management. 12th Edition. Prentice Hall. New
Jersey. Alih Bahasa H. Teguh, R.A. Rusli dan B. Molan. 2012. Manajemen
Pemasarean. Edisi 12. Erlangga. Jakarta.
Kusdyah, I. 2012. Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, dan Keinginan
Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan: Studi Kasus Erha Clinic Surabaya. Jurnal
Manajemen Pemasaran. 7(1): 25-32.
Lamb, C.W., J.F. Hair dan C.D. McDaniel. 2004. Marketing. 7th Edition. South-Western.
Mason.
Lee, S. dan A. Illia dan A. Lawson-Body. 2011. Perceived Price Fairness of Dynamic
Pricing. Industrial Management and Data Systems. 111(4): 531-550.
Lovelock, C., J. Wirtz dan J. Mussry. 2011. Services Marketing: People, Technology and
Strategy. 7th Edition. Prentice Hall. New Jersey.
Lupiyoadim R. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Salemba Empat. Jakarta.
Malik, F., S. Yaqoob dan A. Aslam. 2012. The Impact of Price Perception, Service Quality
and Brand Image on Customer Loyalty: Study of Hospitality Industry in Pakistan.
Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business. 4(%): 487-505.
Mauludin, H. 2010. Marketing Reaserch: Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan
Organisasi. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Pastikarani, D.A. dan S.R.T. Astuti. 2016. Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Minat Beli
Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus pada
Pelanggan Hest’in Modiste di Jakarta. Diponegoro Journal of Management. 5(2):
-9.
Putra, G.P., Z. Arifin dan Sunarti. 2017. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan
Pembelian dan Dampaknya terhadap Kepuasan Konsumen: Survei pada Mahasiswa
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2013 dan 2014
Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus. Jurnal
Administrasi Bisnis. 48(1): 124-131.
Resti, D. dan H. Soesanto. 2016. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Melalui
Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang pada Rumah Kecantikan Sifra di
Pati. Diponegoro Journal of Management. 5(1): 1-12.
Saidin, B. dan S. Arifin. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap
Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen
Sains Indonesia (JRMSI). 3 (1): 1-22.
Schiffman, L. G., dan L. L. Kanuk. 2005. Consumer Behavior. 7th Edition. Prentice Hall.
New Jersey. Alih Bahasa K. Zulkifli. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Indeks.
Jakarta.
Swastha, B. 2010. Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan. BPFE. Yogyakarta.
Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Andi. Yogyakarta.
. 2011. Kualitas Jasa dan Kepuasan. Edisi Ketiga. Andi. Yogyakarta.
. dan G. Chandra. 2009. Pemasaran Strategik. Andi. Yogyakarta.
Xia, L., K.B. Monroe dan J.L. Cox. 2004. The Price s Unfair: A Conceptual Framework of
Price Fairness Perception. Journal of Marketing. 68(4): 1-15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Meida Ramita Sari, Rahayu Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.