PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA MOTOR VESPA DI JAKARTA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.47313/oikonomia.v15i1.646Keywords:
Citra merek, kualitas produk, gaya hidup, loyalitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, kualitas produk dan
gaya hidup terhadap loyalitas pengguna motor vespa di Jakarta Selatan. Penelitian
dilakukan dengan menggunakan data primer dari penyebaran kuesioner kepada 100
responden yang dipilih berdasarkan metode accidental sampling. Metode analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan
software SPSS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek, kualitas produk
dan gaya hidup secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan motor vespa di Jakarta Selatan.
References
Aaker, D.A. 2011. Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of A Brand Name.
The Free Press. New York.
Anderson, D.R., D.J. Sweeney dan T.A. Williams. 2011. Statistics for Business and
Economics. Eleventh Edition. Cengage Learning. Boston.
Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia. 2017. http://www.aisi.or.id. 17 Oktober 2017
(13:25).
Hasan, A. 2008. Marketing. Media Pressindo. Yogyakarta.
Kotler, P. dan K.L. Keller. 2008. Marketing Management. 13th Edition. Prentice Hall. New
Jersey. Terjemahan B. Sabran. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Erlangga.
Jakarta.
. dan G. Armstrong. 2008. Principles of Marketing. 12th Edition. Prentice Hall.
New Jersey. Terjemahan D. Sihombing. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi
Erlangga. Jakarta.
Lestari, A. dan E. Yulianto. 2018. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan
dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi
Bisnis. 54(1): 74-81.
Rizaldi, M.L. dan R. Hardini. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image dan
Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan Indomaret
Kelurahan Padurenan Bekasi Timur. Jurnal Ilmu Manajemen: Oikonomia. 14(2):
-94.
Mowen, J.C. dan M.S. Minor. 2001. Consumer Behavior. Prentice Hall. New Jersey.
Terjemahan D.K. Yahya. 2008. Perilaku Konsumen. Erlangga. Jakarta.
Oliver, R.L. 1999. Whence Consumer Loyalty? Journal of Marketing. 63: 33-44.
Pangestu, S.D. dan S. Suryoko. 2016. Pengaruh Gaya Hidup dan Harga terhadap
Keputusan Pembelian: Studi Kasus pada Pelanggan Peacockoffie Semarang. Jurnal
Administrasi Bisnis. 5(1): 63-70.
Pardede, R.I. dan H. Hadi. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Merek dan Promosi terhadap
Loyalitas Pelanggan Rokok. Jurnal Manajerial. 9(1): 21-30.
Peter, J.P. dan J.C. Olson. 2010. Consumer Behavior and Marketing Strategy. 9th Edition.
McGraw-Hill. London. Terjemahan D.T. Dwiandani. 2013. Perilaku Konsumen
dan Strategi Pemasaran. Edisi 9. Salemba Empat. Jakarta.
Rangkuti, F. 2008. The Power of Brands. Gramedia. Jakarta.
Setiadi, N. J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan
Penelitian Pemasaran. Kencana. Jakarta.
Sondakh, C. 2014. Kualitas Layanan, Citra Merek dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan
Nasabah dan Loyalitas Nasabah Tabungan: Studi pada Nasabah Taplus BNI
Cabang Manado. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. 3(1): 19-32.
Sutisna. 2004. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Rosda Karya. Bandung.
Tjiptono, F. dan G. Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Andi. Yogyakarta.
Tu, Y.T., M.L. Li dan H.C. Chih. 2013. An Empirical Study of Corporate Brand Image,
Customer Perceived Value and Satisfaction on Loyalty in Shoe Industry. Journal of
Economics and Behavioral Studies. 5(7): 469-483.
Widiana, I.W.P. dan T.G.R. Sukawati. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek
terhadap Loyalitas Konsumen Pasta Gigi Pepsodent PT Unilever. E-Jurnal
Manajemen Unud. 5(4): 1942-1968.
Wijaya, D.N., Sunarti dan E. Pangestuti. 2018. Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi
terhadap Keutusan Pembelian: Survei pada Konsumen Starbucks, Kota Malang.
Jurnal Administrasi Bisnis. 55(2): 75-83.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Palguno Achmad Pamungkas, Eddy Guridno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.