PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TIKI TEGAL PARANG A258P JAKARTA

Authors

  • Turmono Turmono Program Studi Manajemen STIE Dharma Bumiputera
  • Ahmad Fairuz Program Studi Manajemen STIE Dharma Bumiputera

DOI:

https://doi.org/10.47313/oikonomia.v15i2.754

Keywords:

Promosi, harga, pelayanan, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, harga dan pelayanan terhadap keputusan pembelian pada TIKI Tegal Parang A258 Jakarta. Metode penelitian yang dipergunakan ialah metode penelitian kuantitatif dengan analisis statistik parametrik berupa regresi linear berganda. Penelitian ini mempergunakan data primer yang diambil dari hasil jawaban kuesioner yang disebarkan kepada 50 responden. Hasil analisis data dengan mengunakan alat bantu pengolahan data software SPSS 23 menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas, yakni promosi, harga, dan pelayanan, secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

Author Biography

Ahmad Fairuz, Program Studi Manajemen STIE Dharma Bumiputera

Amrullah, P.S. Siburian, dan S. Zainurossalamia. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen. 13(2): 99-118.
 
Assauri, S. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Rajawali Pers. Jakarta.
 
Alma, B. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.
 
Fauzi, A. 2017. Pemasaran Internasional: Penganntar, Teori dan Konsep. Edisi Pertama. Empatdua. Malang.
 
Haryoko, U.B. 2017. Analisis Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil di UJM Motor Tangerang Selatan. Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen. 2(2): 1-20.
 
Masturi, H. dan R. Hardini. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Karate-Gi Merek Hokido di Lima Dojo Wilayah DKI Jakarta. Jurnal Ilmu Manajemen Oikonomia. 13(2): 87-98.
 
Nasution, N. 2015. Manajemen Mutu Terpadu. Edisi Kedua. Ghalia Indonesia. Jakarta.
 
Parasuraman, A., V.A. Zeithaml dan L.L. Berry. 1988. SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing. 64(1): 12-40.
 
Rizaldi, M.L. dan R. Hardini. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image dan Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan Indomaret Kelurahan Padurenan, Bekasi Timur. Jurnal Ilmu Manajemen Oikonomia. 14(2): 77-94.
 
Sari, M.R., dan R. Lestari. 2019. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Dampaknya pada Minat Pembelian Ulang Konsumen Kereta Api Kelas Eksekutif Argo Parahyangan. Jurnal Ilmu Manajemen Oikonomia. 15(1): 30-44.
 
Sumarwan, U. 2018. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Universitas Terbuka. Tangerang Selatan.
 
Sudaryono. 2014. Perilaku Konsumen dalam Prespektif Pemasaran. Lentera Ilmu Cendekia. Jakarta.
 
Tjiptono, F. 2017. Strategi Pemasaran. Edisi Keempat. Andi Offset. Yogyakarta.
 
Tjiptono, F. dan G. Chandra. 2016. Service, Quality and Satisfaction. Edisi Keempat. Andi Offset. Yogyakarta.

References

Amrullah, P.S. Siburian, dan S. Zainurossalamia. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen. 13(2): 99-118.

Assauri, S. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Rajawali Pers. Jakarta.

Alma, B. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Fauzi, A. 2017. Pemasaran Internasional: Penganntar, Teori dan Konsep. Edisi Pertama. Empatdua. Malang.

Haryoko, U.B. 2017. Analisis Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil di UJM Motor Tangerang Selatan. Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen. 2(2): 1-20.

Masturi, H. dan R. Hardini. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Karate-Gi Merek Hokido di Lima Dojo Wilayah DKI Jakarta. Jurnal Ilmu Manajemen Oikonomia. 13(2): 87-98.

Nasution, N. 2015. Manajemen Mutu Terpadu. Edisi Kedua. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Parasuraman, A., V.A. Zeithaml dan L.L. Berry. 1988. SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing. 64(1): 12-40.

Rizaldi, M.L. dan R. Hardini. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image dan Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan Indomaret Kelurahan Padurenan, Bekasi Timur. Jurnal Ilmu Manajemen Oikonomia. 14(2): 77-94.

Sari, M.R., dan R. Lestari. 2019. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Dampaknya pada Minat Pembelian Ulang Konsumen Kereta Api Kelas Eksekutif Argo Parahyangan. Jurnal Ilmu Manajemen Oikonomia. 15(1): 30-44.

Sumarwan, U. 2018. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Universitas Terbuka. Tangerang Selatan.

Sudaryono. 2014. Perilaku Konsumen dalam Prespektif Pemasaran. Lentera Ilmu Cendekia. Jakarta.

Tjiptono, F. 2017. Strategi Pemasaran. Edisi Keempat. Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono, F. dan G. Chandra. 2016. Service, Quality and Satisfaction. Edisi Keempat. Andi Offset. Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-02-13