EFEKTIVITAS ONLINE PROMOTION MIX MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN UMKM DI WILAYAH KEBAYORAN LAMA
DOI:
https://doi.org/10.47313/oikonomia.v16i1.901Keywords:
Periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, media sosial Facebook, omzet penjualanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online promotion mix berupa periklanan, promosi penjualan, dan pemasaran langsung melalui media sosial Facebook terhadap omzet penjualan pada UMKM di Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang berisi 21 butir pernyataan yang disebarkan kepada 80 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dengan menggunakan metode analisis path, hasil penelitian menunjukkan bahwa periklanan, promosi penjualan, dan pemasaran langsung secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap omzet penjualan melalui media sosial Facebook.
References
Dharmmesta, B.S. 2014. Manajemen Pemasaran. Universitas Terbuka. Tangerang Selatan.
Djatnika, T. 2007. Komunikasi Pemasaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Fauzi, A. 2017. Pemasaran Internasional: Pengantar, Teori dan Konsep. Edisi Pertama. Empatdua. Malang.
Grewal, D. dan M. Levy. 2014. Marketing. 4th Edition. McGraw Hill. New York.
Kaplan, A.M. dan M. Haenlein. 2010. Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons. 53: 59-68.
Kotler, P. dan G. Armstrong. 2010. Principles of Marketing. 13th Edition. Pearson. New York. Terjemahan B. Sabran. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Erlangga. Jakarta.
. dan K.L. Keller. 2006. Marketing Management. 12th Edition. Prentice Hall. New Jersey. Terjemahan B. Sabran. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Indeks. Jakarta.
Lindstorm, M. 2011. Monkey See, Monkey Buy: Peer Pressure has Never had Such a Powerdul Impact on Your Purchasing Decisions. Time. https://ideas.time.com/2011/10/28/monkey-see-monkey-buy/. 28 Oktober.
Morissan, A.M. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana Prenada Media. Jakarta.
Pujiyanto. 2001. Periklanan. Universitas Negeri Malang. Malang.
Suhandang, K. 2005. Periklanan: Manajemen, Kiat dan Strategi. Nuansa. Bandung.
Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Andi. Yogyakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. 4 Juli 2008. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 93. Jakarta.