PARENTS’ SUPPORT IN ENHANCING THEIR CHILDREN’S ABILITY IN LEARNING ENGLISH

Authors

  • Occe Luciana Politeknik Enjinering Indorama (PEI)

DOI:

https://doi.org/10.47313/jib.v40i55.415

Keywords:

dukungan, meningkatkan, belajar bahasa Inggris

Abstract

Bahasa adalah salah satu aspek penting dari kehidupan manusia. Dengan bahasa, orang dapat berkomunikasi satu sama lain, karena melalui bahasa mereka dapat mengekspresikan ide-ide atau perasaan mereka untuk memenuhi satu atau lebih kebutuhan mereka. Merujuk pada deskripsi, penelitian ini  bertujuan untuk mengidentifikasi apa yang orang tua lakukan dalam meningkatkan kemampuan anak-anak mereka dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian dilakukan kepada beberapa orang tua (parents) berlokasi dekat dengan rumah penulis yang beralamat di Jalan Siliwangi RT.17 RW.09 Purwakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengklasifikasi jenis dukungan orang tua  dalam meningkatkan kemampuan anak-anak mereka untuk mempelajari bahasa Inggris, dan  mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dalam menggunakan metode deskriptif, penulis juga mendapatkan data penelitian dari kuesioner, dimana ditemukan bahwa orangtua yang memberikan dukungan kepada anak-anak mereka dalam meningkatkan bahasa Inggris mendapat poin 11,40%. Orang tua yang tidak mendukung sebanyak 7.81%, dan orang tua yang kadang-kadang memberikan dukungan mendapatkan 0,74% poin. Ini berarti sebagian besar orang tua peduli kepada anak-anak mereka dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris walaupun ada keterbatasan dana dalam memberikan materi  untuk mendukung itu.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Adhim, F. (2004). Positive Parenting. Jakarta: Hikmah.

Al-Istambuli, M.M. (2006). Parenting Guide. Jakarta: Hikmah.

Amstrong, Thomas. (2002). Sekolah Para Juara. Bandung: Kaifa.

Beck, J. (2003). Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Anugrah.

Given, Barbara K. (2007). Brain Based Teaching. Bandung: Kaifa.

Hernowo. (2001). Quantum Reading. Jakarta: Cahaya.

Hernowo. (2005). Kisah Tentang Kiprah Guru ‘Multiple Intellegences’ di Sekolah. Bandung: MLC.

Imorawan, A. (2007). Teaching Speaking Through Direct Method. Paper.

Surayin. (2003). Daily Conversation and Vocabulary Building Children. Jakarta: Angkasa

Syantut, Khalid A. (2007). Melejitkan Potensi Moral & Spiritual Anak. Bandung: Syaamil Cipta Media

Nazir, M. (1988). Metode Penelitian, Cet-3. Jakarta: Ghalia.

Wojoswasito, S. (1985). Kamus Lengkap. Jakarta: Angkasa.

Downloads

Published

2018-07-03

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.