Fashion From Home Sebagai Customer Relationship Management Toko Marks & Spencer Mall Kasablanka di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Sri Susinih Susanti Program Studi Ilmu Komunikasi universitas nasional jakarta
  • Dwi Kartikawati Program Studi Ilmu Komunikasi universitas nasional jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47313/pjsh.v7i1.1587

Keywords:

implementasi, customer relationship, management, program, pandemi

Abstract

This research focuses on how to implement Customer Relationship Management  activities in the Fashion From Home program at the Marks & Spencer Kasablanka store, during the covid-19 pandemic. This research is qualitative. Method that used is a case study. The results showed that Customer Relationship Management  activities are done through the Fashion From Home program were carried out to maintaining good relations with their customers and to improve services by utilizing internet technology. Customer Relationship Management (CRM) is a form of company effort to maintain communication with customers and utilize all forms of available information technology such as telephone, internet and mobile devices so that companies can understand customers more deeply than what is needed. The implementation of Customer Relationship Management  activities at the Marks & Spencer Kota Kasablanka Store in the Fashion From Home program carried out during this pandemic is by implementing CRM elements, CRM applications, utilizing customer data bases, types of CRM, and the purpose of CRM.

 

Penelitian ini berfokus pada bagaimana implementasi kegiatan Customer Relationship Management melalui program Fashion From Home di toko Marks & Spencer Kasablanka selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini bersifat kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Customer Relationship Management yang dilakukan melalui program Fashion From Home untuk menjaga hubungan baik dengan para pelanggannya dan meningkatkan pelayanan dengan memanfaatkan teknologi internet. Customer Relationship Management (CRM) merupakan bentuk upaya perusahaan untuk menjaga komunikasi dengan pelanggan dan memanfaatkan segala bentuk teknologi informasi yang tersedia seperti telepon, internet dan perangkat mobile sehingga perusahaan dapat memahami pelanggan lebih dalam dari yang dibutuhkan. Implementasi kegiatan Customer Relationship Management di Marks & Spencer Kota Kasablanka Store melalui program Fashion From Homeyang dilakukan selama masa pandemi ini adalah dengan mengimplementasikan elemen CRM, aplikasi CRM, pemanfaatan database pelanggan, jenis CRM, dan tujuan dari CRM.  

 

References

Dewi, A. A. C., & Semuel, H. (2015). Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty Pada Pelanggan Sushi Tei Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 3(1), 1–9.

Hadi. (2016). Pemeriksaan Keabsahan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 74–79.

Hamidin, D. (2016). Model Customer Relationship Management ( Crm ) Pada Klinik. 2008 (Snati), 86–93.

Januaris Kundre, A., Wisnubadhra, I., & Suselo, T. (2013). Penerapan Customer Relationship Management Dengan Dukungan Teknologi Informasi Pada Po. Chelsy. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 28, 7–11. https://e-journal.uajy.ac.id/4810/1/Artikel.pdf.

JR Raco. (2010). Metode Penelitian Kualltatlf Jenis, Karakteristik, Dan Keunggulannya. Grasindo: Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Logiawan, Y., & Subagio, H. (2014). Analisa Customer Value Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Restoran Bandar Djakarta Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–11.

Marks &Spencer. (2022). Marks &Spencer. https://artsandculture.google.com/?hl=id

Saputri, A., Hudayah, S., & Abidin, Z. (2020). Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Media Advertising di Samarinda. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 7(2), 114. https://doi.org/10.19184/ejeba.v7i2.17185.

Wahdian, & Setiawati, S. D. (2020). Customer Relationship Management Pt. Samsung Electronics Indonesia Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 55–66. http://www. journal.unpas. ac.id/index.php/linimasa/article/view/2778.

Wahyuningsih, S. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus: Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya. UTM PRESS Bangkalan - Madura.

Wibowo, E. A. (2009). Customer Relationship Management (CRM) Dan Aplikasinya Dalam Industri Manufaktur Dan Jasa. Fakultas Ekonomi, Universitas Riau Kepulauan Batam.

Downloads

Published

2022-04-27

Issue

Section

Articles