STRATEGI INDONESIA DALAM MEWUJUDKAN POROS MARITIM DUNIA DI TENGAH KEBIJAKAN JALUR SUTRA MARITIM CHINA

Authors

  • Muhammad Zulham Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Nasional
  • Hendra Maujana Saragih Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/pjsh.v4i1.593

Keywords:

poros maritim dunia, jalur sutra maritim, strategi maritim, strategi indonesia, maritim china

Abstract

Kebijakan Poros Maritim Dunia yang dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo menjadi salah satu fokus utama dalam pembangunan nasional pada periode kepresidenan Jokowi – JK. Visi  Poros Maritim yang dicetuskan tersebut menitik fokuskan kepada pembangunan nasional Indonesia yang berbasiskan dengan aktifitas di laut. Penegakkan kedaulatan wilayah laut NKRI, revitalisasi sektor-sektor ekonomi kelautan, penguatan dan pengembangan konektivitas maritim, rehabilitasi kerusakan lingkungan dan konservasi biodiversity, serta peningkatan kualitas dan kuantitas SDM kelautan merupakan program- program utama dalam pemerintahan Presiden Jokowi guna mewujudkan Indonesia sebagai proros maritim dunia. Sebelum kebijakan Poros Maritim Dunia tersebut dicetuskan, pada tahun 2013 Pemerintah China di bawah Xi Jinping mengumumkan akan menghidupkan kembali konsep “Jalur Sutra” dalam agenda kebijakan luar negerinya. Jalur Sutra Maritim yang kemudian dipromosikan menjadi slogan baru China di berbagai forum internasional menjadi salah satu faktor yang dapat dimanfaatkan bagi Indonesia atau pula menjadi salah satu faktor penghambat untuk menuju visi poros maritim dunia tersebut mengingat China merupakan negara yang telah melakukan klaim sepihak kawasan Laut China Selatan yang tentunya akan berdapak terhadap stabilitas wilayah perbatasan maritim Indonesia. Tentu hal tersebut membuat Indonesia behati- hati dalam strategi maritimnya.

References

Baylis, John. (2002). Strategy In The Contemporary World: An Introdution to Strategy Studies. Oxford.

https://www.bappenas.go.id/files/5115/0460/0330/Laporan_Prakarsa_Strategis_ Bidang_Kemaritiman_dan_SDA.pdf

Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia dalam http://www.presidenri. go.id/maritim/indonesia-sebagai-poros-maritim-dunia.html.

Kartini, Indriyana. (2005). Kebijakan Jalur Sutra Baru Cina dan Implikasinya bagi Amerika Serikat. Jurnal Kajian Wilayah. Vol.6 No. 2.

Mahan, Alfred Thayer. (2004). The Influence of Sea Power Upon History. Formatted by Black Mask Online.

Prasetya, Ade. (2017). Menuju Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia. https://www.academia.edu/19668985/MENUJU_INDONESIA_SEBAGAI_POROS_MARITIM_DUNIA.

Setiawan, Wahyu. (2017). Diplomasi Jalur Sutra, Overheating Ekonomi dan Interdependensi Kompleks: Sebuah Observasi Internal Atas Sebuah Modernisasi Peradaban dalam http://www.academia.edu/12313219/ Diplomasi_Jalur_Sutra_Overheating_Ekonomi_dan_Interdependensi_Kompleks_Sebuah_Observasi_Internal_Atas_Sebuah_Modernisasi_Peradaban diakses pada tanggal 30 Agustus

Suropati, Untung. (2016). Mengarungi Samudra Bersama Sang Naga “Sinergi Poros Maritim Dunia dan Jalur Sutra Maritim Abad ke-21. Pt. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Taniputera, Ivan. (2007). History Of China. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Till, Geoffrey. (2004). Sea Power. Frank Cass. London.

Thamrin. Tantri S. R. (2017). Kedaulatan Laut dan Konsep Poros Maritim dalam http://www.academia.edu/11917693/KEDAULATAN_LAUT_DAN_KONSEP_POROS_MARITIM.

Downloads

Published

2021-03-20

Issue

Section

Articles