BAHASA DAN KEBUDAYAAN DALAM PERCIKAN DAN PEMIKIRAN SUTAN TAKDIR ALISJAHBANA

Authors

  • Kasno Atmo Sukarto Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/pujangga.v7i2.1464

Abstract

Percikan dan Pemikiran  Sutan Takdir Alisjahbana tentang pemodernan bahasa Indonesia dan kebudayaan telah dibuktikan melalui karya-karyanya baik dalam karya sastra maupun bentuk buku-buku dan artikel yang   membicarakan tentang bahasa Indonesia menuju bahasa modern. Tujuan  penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan  pandangan dan pikiran Sutan Takdir Alisjahbana  terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa modern dan  ikhwal ke-(budaya)-an Indonesia. Adapun metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yakni memaparkan ikhwal percikan  dan pandangan dalam karya-karyanya, serta pandangan para  pakar bahasa dan para kritikus sastra, sastrawan, dan  pakar kebudayaan. Teori yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pandangan para pakar bahasa, sastra, dan kebudayaan yang memaparkan percikan dan pandangan Sutan Takdir Alisjahbana, baik tulisan yang telah diseminarkan maupun hasil-hasil polemik kebudayaan.  Adapun hasil yang dicapai adalah berupa pandangan dan pikiran Sutan Taksir Alisjahbana, tentang bahasa dan kebudayaan ke-Indonesia-an yang tercakup dalam karya sastra termasuk buku-buku dan artikelnya yang membicara ikhwal bahasa dan kebudayaan.

Kata kunci:  percikan dan pemikiran  STA, bahasa, kebudayaan  

Author Biography

Kasno Atmo Sukarto, Universitas Nasional

Prodi sastra Indonesia

References

Alisjahbana, Sutan Takdir. (1981).”Pembangunan Kebudayan Indonesia di Tengah Laju llmu Pengetahuan dan Teknologi”. Dalam Prisma. Nomor 1. Nvember . Jakarta.

-----------. (1981). Kalah dan Menang. Jakarta: Dian Rakkyat.

-----------. (1988). Dari Perjuangan dan Pertumbuhahn Bahasa Indonesia. Jakarta: Dian Rakyat.

Alwi dkk. I(1993) Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indobesia.

Kartamiharja, Achdijat. Ed. (1978). “Menuju Masyarakat dan Kebudayaan Baru”. Dala m Polemik Kebudayaan. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Keraf, Gorys. (1993). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Cet. Ke-9. Ende, Flores:L Nusa Indah.

Kuntowijoyo. (1987). Budaya dan Masyarakat. Cetakan Pertama. Yogyakarta: PT Tiara WacanaYogya.

Ma’mur, Ilzamudin. (2006) Pijar-Pijar Pemikiran Bahasa dan Budaya. Jakarta: CV Diadit Media.

Mile, Matthew B.dan A. Michael Hubberman. (1992). Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analiosis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Moertopo, Ali. (1978). Strategi Kebudayaan. Jakarta: Centre for Strategic and International Studies..

Sukarto, Kasno Atmo. (2016) “Revitalisasi Sutan Takdir Alisjahbana dalam Perjuangan dan Pertumbuhan Bahasa Indonesia: Suatu Analisis Isi” Dalam Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra. Volume 2. Nomor 2. Desember.

Downloads

Published

2021-12-10