ANALISIS NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL RANAH TIGA WARNA KARYA A. FUADI

Authors

  • Endang Sulistyaniningsih Universitas Indraprasta PGRI
  • Fatimah Fatimah Universitas Indraprasta PGRI
  • As’ad As’ad Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.47313/pujangga.v6i2.991

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini menganalisis nilai pendidikan dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi yang meliputinilai pendidikan agama, moral, adat/budaya, dan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilaipendidikan novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Datayang digunakan berupa kutipan langsung maupun tidak langsung dari teks novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan observasi. Instrumen penelitian ini adalahpeneliti sendiri. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Penyajian hasil analisis menggunakan teknikpenyajian informal. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa tema novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi adalahperjuangan Alif demi meraih impian dan cita-cita dengan segala keterbatasan. Nilai pendidikan dalam novel Ranah 3Warna ada empat, yaitu nilai pendidikan agama meliputi beribadah, berdoa, bersyukur, tawakal, ikhlas, dan sabar,nilai pendidikan moral meliputi tekad kuat, pantang menyerah, sungguh-sungguh, kerja keras, rajin belajar, mampumengendalikan diri, disiplin, jujur, tanggung jawab, kreatif, nasionalisme, percaya diri, dan prasangka baik, nilai
pendidikan adat/budaya meliputi melestarikan kesenian tradisional dan melestarikan budaya berpantun, nilaipendidikan sosial meliputi tolong-menolong, berbakti kepada orang tua, setia kawan, persahabatan, kasih sayang,memberi semangat, dermawan, musyawarah, dan rela berkorban.

Kata Kunci: nilai pendidikan, karya sastra, novel

ABSTRACT
This study analyze the value of education in the novel Ranah 3 Warna Ahmad Fuadi's work which includes the value
of religious, moral, custom/cultural, and social education. Th e purpose of this study is to describe the educational
value of Ranah 3 Color novel by Ahmad Fuadi. This research is a qualitative descriptive study. The data used in the
form of direct or indirect quotations from the text of the Ranah 3 Color novel by Ahmad Fuadi. Data collection
techniques in this research are literature study and observation. The research instrument is the researcher himself.
Data analysis was performed using the content analysis method. Presentation of analysis results using informal
presentation techniques. The results of this study concluded that the theme of the Ranah 3 Color novel by Ahmad
Fuadi was Alif's struggle to achieve dreams and ideals with all limitations. There are four educational values in the 

Ranah 3 Color novel, namely the value of religious education including worship, prayer, gratitude, trust, sincerity,
and patience, the value of moral education includes determination, unyielding, earnestly, hard work, diligent learning,
being able to control self, discipline, honest, responsibility, creative, nationalism, self-confidence, and good prejudice,
the value of traditional / cultural education includes preserving traditional arts and preserving the culture of rhyming,
the value of social education includes help, helping, serving parents, loyal friends, friendship, compassion,
encouragement, generosity, deliberation, and willing to sacrifice.

Keywords: educational values, novel

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

______. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bertens, K. 2011. Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Tama.

Depdikbud. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Kohlberg, L. 1964. Development of moral character and moral ideology. Dalam William Crain

(Eds.). Theories of Development, Concepts and Applications Third Edition. New Jersey:

Prentice Hall. Englewood Cliffs.

Muntolib. 2010. “Aspek Edukatif dan Religius Kumpulan Cerpen Gres Karya Putu Wijaya dan

Kaitan-nya dengan Pembelajaran Sastra di SMA”. Skripsi, tidak diter-bitkan. Universitas

Muhamma-diyah Purworejo, Purworejo.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Notonegoro. 1962. Pancasila Dasar Falsafah Negara. Jakarta: Bhina Aksara.

Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Stlistika Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Rindjin, K. 2012. Pendidikan pancasila untuk perguruan tinggi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama.

Sumarjo, J. 1986. Apresiasi kesusastraan. Jakarta: Gramedia.

Santosa, Wijaya Heru dan Sri Wahyuningtyas. (2010). Pengantar Apresiasi Prosa. Surakarta:

Yuma Pustaka.

Zuhroh, Siti. 2010. “Nilai-Nilai Pendidikan Novel Para Priyayi Karya Umar Kayam”.

Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo.

Downloads

Published

2020-12-07