PENGARUH PELATIHAN, KEPIMPINAN DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Penulis

  • Javier Brady Nathaniel Wibawa
  • Lisnatiawati Saragih Universitas Mercu Buana
  • Tine Yuliantini, Dott. ssa., M.M. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana
  • Renno Reymond Okto

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan, kepemimpinan, dan disiplin terhadap kinerja karyawan. Populasi didalam penelitian ini berjumlah 71 karyawan yang berasal dari bagian penanganan prasarana dan sarana umum kelurahan Kapuk dengan sampel yang digunakan sebanyak 71 karyawan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode survey dengan instrument penelitian adalah kuisioner. Metode penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan menggunakan metode non probabilitas. Didalam metode analisis data menggunakan Structural Equation Model Partial Least square. Hasil dari penelitian ini adalah pelatihan dan kedisiplinan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan pada bagian penanganan prasarana dan sarana umum Kelurahan Kapuk sedangkan kepemimpinan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja karyawan pada bagian penanganan prasarana dan sarana umum Kelurahan Kapuk.

Referensi

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Fazriansyah, Anggar Sari. N, & Mawardi. (2022). Apakah Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kegunaan Berpengaruh Terhadap Niat Untuk Menggunakan dan Penggunaan Aktual Pada Aplikasi Pembayaran Digital?. Jurnal Manajemen, 14(2), 277.

Hamali, Arif Yusuf. 2016. Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: CAPS.

Iswandi, A. (2021). Analisis Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Dan Motivasi Melalui Reward System. Jurnal Ilmu Hukum Humaniora dan Politik,1(3), 282

Kusuma Dewi, E. & Putri Romadhina, A. (2022). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja

Karyawan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Area Pluit Selatan. Jurnal Akutansi Belerang, 7(1), 41.

Malayu SP, H. (2017). Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedelapanbelas, PT Bumi Aksara. Jakarta

Nurjaya, N. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Hazara Cipta Pesona. Jurnal Ilmiah Nasional, 3(1), 63

Ni Wayan Eka Sri Anggereni. (2018). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Lembaga Perkreditan Desa (LDP) Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol 10 No 2 Tahun 2018 ISSN 2599-1426.

Riut Iptian, Zamroni & Riyanti Effendi. (2020). The Effect of Work Discipline and Compensation On Employee Perfomance. International Journal of Multicultural and Multirelegious Understanding Vol 7 Issues 8 2020 ISSN 2364-5369.

Veithzal Rivai. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers

Syamsir, M. Tamsah, H &Hatma, R. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Melalui Motivasi Karyawan Hotel Claro Makassar. Jurnal Mirai Management, 3(2), 51.

Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama, KENCANA, Jakarta

Susan, E.(2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan. (9)2.

Susanti Liana, Yanti, Viriany & Wirianata.H (2020).Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akutansi Mengikuti Uskad. Jurnal Bina Akutansi, 7(2), 132.

Teni & Yudianto Agus. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 109.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-30

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.