STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS PELAYANAN KAWASAN PERUMAHAN SEDERHANA MENURUT PERSEPSI KONSUMEN
DOI:
https://doi.org/10.47313/jib.v39i45.373Keywords:
Kualitas pelayanan (sevice quality), persepsi konsumen (perception of consumen)Abstract
Infrastructure, and other social issues may potentially reduced the image of Griya Mutiara Bekasi. Many concepts have been tried to solve the problems declining image of Griya Mutiara Bekasi. One of the concept that can be applied on Griya Mutiara Bekasi is service quality, a concept introduced by Zeithami, Berry and Parasuraman, and also Lovelock and Fitzsimmons. This paper proposes a quality service’s approach to solve the problem of Griya Mutiara Bekasi by exploring the perception of Griya Mutiara Bekasi’s consumen based on two criterias: performance and importance.References
Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Chandra, Gregorius. 2002. Pemasaran Global. Yogyakarta: Andi.
Fitzsimmons, James A, and Mona J. Fitzsimmons. 1994. Service
Management for Competitive Advantage. New York: Mc Graw-Hill International Edition.
Garpersz, Vincent. 1997. Manajemen Kualitas: Penerapan Konsep-konsep
Kualitas Dalam Manajemen Bisnis Total. Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kartajaya, Hermawan. 1996. Marketing Plus 2000: Siasat Memenangkan
Persaingan Global. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Revisi. Jakarta:
PT. Prenhallindo.
Kuncoro, Mudrajad. 2008. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta:
Erlangga.
Lovelock, Christoper H. 1992. Managing Service: Marketing, Operations
and Human Resources. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.
Ma’arif, M. Syamsul dan Hendri Tanjung. 2003. Teknik-Teknik Kuantitatif
Untuk Manajemen. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Nitisemito, Alex S. 2001. Marketing. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Nurmandi, Achmad. 1999. Manajemen Perkotaan: Aktor, Organisasi dan
Penge-lolaan Daerah Perkotaan di Indonesia. Yogyakarta: Lingkaran
Bangsa.
Riduwan. 2007. Metode & Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Sedarmayanti. 2001. Sumber-Daya Manusia dan Produktivitas Kerja.
Bandung: Ilham jaya.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi. Edisi Ketiga. Bandung:
Alfabeta.
______, 2012. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Pertama. Bandung:
Alfabeta.
Supranto, J. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan: Untuk
Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Swastha DH, Basu dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern.
Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, Fandi. 1997. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Umar, Husein. 2001. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama.
Winarso, Haryo Winarso dan B. Kombaitan. 2004. Public Intervention in The
Formal Housing Market in Indonesia” Who Gets The Benefits. Jurnal
Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol 15, No 2.
Wulandari, Ratih dan Ridwan Sutriadi. 2004. Penentuan Perlakuan
Terhadap Kawasan Perguruan Tinggi Jatinangor Menurut Persepsi
Mahasiswa: Suatu Pendekatan Konsep Pemasaran Kota. Jurnal
Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol 15 No 2.