PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN DAMPAKNYA PADA MINAT BELI ULANG PRODUK MIE INSTANT SEDAAP
DOI:
https://doi.org/10.47313/jib.v41i63.690Keywords:
Perception price, product quality, brand image, customer satisfaction, and Interests Buy BirthdayAbstract
This research was conducted with the aim to prove the "Influence of Price Perception, Product Quality, and Brand Image to Consumer Satisfaction and Its Impact on Buying Interest of Sedaap Noodle Products in Depok and Tangerang". Sampling based on Accidental Random Sampling technique, as many as 100 respondents divided into several regions by using proportional random sampling as follows: Depok and Tangerang. The analytical technique used in the study using partial least square technique (PLS). The results concluded that: 1) Price perception does not affect customer satisfaction Mie Innstant Sedaap; 2) Product quality affects customer satisfaction Instant Sedaap Noodle; 3) Brand image does not affect consumer satisfaction Instant Sedaap Noodle; 4) Consumer satisfaction influence to consumer buy back interest of Instant Sedaap Noodle. Consumer satisfaction becomes the intervening variable to the consumer buy back interest of Instant Sedaap Noodle.References
Abidurrahman dan Tri, Pengaruh Kualitas Produk dan Daya Tarik Iklan terhadap Keputusan Pembelian Produk “ Mie Sedaap Cupp (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya)
Anggitan Rizana Aulia Rizki, Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Minat Beli Ulang sebagai variable intervening (Studi Pada Shibuya Resto Citraland Mall Semarang)
Agusty Tae Ferdinand, 2007, Metode Penelitian Manajemen, Edisi I, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Artikah (2016). Pengaruh kualitas produk, harga, citra merek terhadap keputusan pembelian Honda Beat. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 7, Juli 2016
Asma et al. 2015. Product Perceived Quality and Purchase Intention with Consumer Satisfaction. Global Journal of Management and Business Research. E Marketing. Volume 15 Issue 1 Version 1.0
Bayu dan Sri. Pengaruh Inovasi Produk dan Harga terhadap Minat Beli Mie Sedaap Cup, Jurnal Ilmu Manajemen. Volume 2 Nomor 4 Oktober 2014
Budiastari Sita Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Merek terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Beton Siap Pakai Holcim di Jakrta. Magister Manajemen Universitas Negeri Jakarta Dyah, 2009. Studi Tentang Sikap terhadap Merek dan Implikassinya pada Minat Beli Ulang (Kasus pada produk mi instan Indomie di Kota Semarang). Prog. Studi Magister Manajemen. Tesis
Dodi (2015). The effect of service, product quality, and perceived value on customer purchase intention and satisfaction. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship , Vol. 1 No. 2, May 2015.
David dan Hartono S, Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image, dan Atmosfer terhadap Loyalitas Konsumen sebagai variable Intervening Konsumen Kedai Deja-Vu Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Univ. Kristen Petra. Vol. 1, No. 1, (2013) 1-8
Danny. 2014. Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1, (2014) 1-9
Ehsan et al, 2012. Impact of Brand Image, Service Quality and price on customer satisfaction in Pakistan Telecommunication sector. International Journal of Business and Social Science. Vol. 3 No. 23; December 2012
Euis & Wilujeng. Citra dan Persepsi Harga dalam Mempengaruhi Kepuasan dan Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Bussines Centre SMK Negeri 2 Semarang)
Fanani Bahtiyar. Pengaruh Persepsi Harga dan KUALITAS Produk terhadap Minat Beli Konsumen Produk Smartphone Samsung (Studi Pada Konsumen Samsung Galaxy S6 di Kota Malang)
Felix & Setiomuliono. Analisis Pengaruh Promosi Harga terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan sebagai Variabel Perantara di De Boliva Surabaya Town Square. Program Manajaemen Perhotelan, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra
Ghozali Imam, 2014. Structtural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Squarer (PLS). Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang
Gilang (2014). Analisis pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap minat beli ulang (Studi pada Buck Store di Semarang)Skripsi Gokhan et al. (2016). The Effect of Brand Image on Consumer Behaviour: Case Study of Louiss Vuitton-Moet Hennessy. Internatonal Journal of Academic Value Studies, 2016/ 2(2): 1-24.
Hanny, 2002. Aliansi Pemasaran dalam Industri Jasa, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Volume I, No. 2, September 2002, halaman 137 – 151
Hatane dan Vony (2017), Analisis Kepercayaan, Motivasi dan Kepuasan Orang Tua Siswa SMA Kristen Petra 1 Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 11, No. 1, April 2017
Indah (2014). Faktor - faktor yang mempengaruhi Pembelian Mi Instan pada Mahasiswa Seminar Nasional dan Call For Papper UNIBA
Ismail & Ishak (2014). Consumers Perception, Purchase Intention and Actual Purchase Behavior of Organic Food Products. Rev. Integr. Bus. Econ. Res.Vol 3(2).
Irawan, Handi, 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta
Jirawat & Suan (2011). The Impact Of Price Perception On Customer Loyalty In The Airline Context. Journal of Business & Economics Research – September 2011
Kiki, Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Galon Merek AQUA (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Kota Semarang). FEB UNDIP
Kotler, Philip, 2004. Manajemen Pemasaran. PT Prenhallindo : Jakarta
______, dan Gary Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. MM. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
_______,dan .Keller. 2009. Manajemen Pemasaran.Terjemahan.Edisi 13, Jilid 1, Erlangga, Jakarta
Livia dan Edwin.(2015). Self Image Congruity, Retail Service Quality, Retail Service Quality, dan Customer Perceived Service Qaulity terhadap Repurchase Intention dengan Customer Satisfaction sebagai variable Intervening di Broadway Barbershop Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 9, No. 1, April 2015
Nanda, Analyzing The Effect Of Product Quality Customer Satisfaction and Customer Loyalty In Indonesian SMEs (Case Study on the Customer of Batik Bojonegoro Marely Jaya), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 14 No. 1 September 2014
Puti, Analisis Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Brand Equity dan Dampaknya pada Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Product Placement Mie Instan Indomie Di Dalam Film 5 Cm). FE Undip. Skripsi
Riswandhi, Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Kepuasa Nasabah sebagai predictor dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah. Jurnal Organisasi dan Manajemen, Volume 10, Nomor 2, September 2014, 179-196
Ruth, Gde, Ketut. Pengaruh Kualitas Layanan, Produk, dan Kewajaran Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada LnC Skin Care Singaraja. FE Udayana
Rahmatya (2010), Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kepuasan sehingga tercipta Word Of Mouth yang positif pada Pelanggan Speedy Di Semarang. Tesis
Sekaran, Uma (2007). Research Methods For Business. Salemba Empat, Jakarta
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alpha Betha.Bandung
Schiffman L & Kanuk L.L 2006. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Dua Belas. PT. Indeks
_______, 2007. Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh PT. Indeks
Simamora, Bilson. 2003. Aura Merek, 7 Langkah Membangun Merek yang Kuat. PT Gramedia. Jakarta
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. CV Alpha Betha.Bandung
Schiffman & Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen, Indeks, Edisi 7, Jakarta
Tjiptono, Fandy. 2011. Manajemen dan Strategi Merek. CV Andi. Yogyakarta
Waqas (2015). Impact of Customer Satisfaction, Service Quality, Brand Image on Purchase Intention. Journal of Marketing and Consumer Research. Vol.15, 2015 Yung & Sheng (2015). The influence of brand image on purchase intentions : an example for watsons drugstores in Taiwan. International Journal of Information Technology and Business Management.29 th May 2017 Vol. 59 No. 1
Yi Zhang (2015). The Impact of Brand Image on Consumer Behavior: A Literature Review. Journal of Business and Management, 3, 58-62.
https://id.scribd.com/doc/111355416/Perkembangan-Produksi-Mie-InstanDi-Indonesia, diakses 10 Agustus 2017
http://www.topbrand-ward.com/Prontier Marketing, diakses 15 Agustus 2017 Roni.https://www.academia.edu/BAB_II_kajian_pustaka_asli, diakses 10 Agustus 2017