Promosi Citra Destinasi dan Kualitas Produk: Keunggulan Bersaing UMKM Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru Bogor

Authors

  • Deden Kurniawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana
  • Yudo Rizky Ramadhan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana
  • Fauzi Nur Iman

DOI:

https://doi.org/10.47313/pjsh.v6i2.1382

Keywords:

promosi, citra destinasi, kualitas, keunggulan bersaing dan UMKM.

Abstract

Kemajuan pariwisata akan berpengaruh terhadap terangkatnya UMKM dan dampaknya keberadaan UMKM akan lebih berkembang, pariwisata mempengaruhi munculnya pengusaha baru di berbagai sektor pendukung kegiatan wisata. Pengembangan pariwisata memberikan dampak berupa stimulus untuk perkembangan UMKM di sekitar kawasan wisata tersebut, sehingga pariwisata berdampak positif oleh para pelaku usaha jasa pariwisata utamanya untuk ekonomi lokal. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi keunggulan bersaing UMKM Tegalwaru. Variabel independen yang didapatkan dari hasil survei pendahuluan adalah promosi, citra destinasi, dan kualitas produk. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data SEM dan pengolahan data menggunakan PLS versi 3.0. Populasinya adalah UMKM yang berwilayah di Tegalwaru, Bogor. Dengan sampel 160 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Dengan menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa promosi berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing, citra destinasi berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing, serta kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing.

References

Anggraeni R. (2013) “Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, dan Praktik Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba” Jurnal Ekonomi & Bisnis, Vol. 2, No. 3, Tahun 2013.

Arbawa, Lexi dan Wardoyo. “Keunggulan Bersaing : Berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada UMKM Makanan dna Minuman di Kabupaten Kendal)”. Jurnal Program Studi Magister Manajemen. Universitas Semarang. ISSN : 1979-4800 (cetak), ISSN : 2580-8451 (online).

Echtner, C.M. (2003) The Meaning and Measurement of Destination Image, The Journal of Tourism of Tourism Studies, 2(2),pp.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Hair, Jr., Joseph F., et. al. (2011). Multivariate Data Analysis. Fifth Edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga.

Kotler, P and K Keller. 2012. Marketing Management, 14th Edition, Pearson Education, Inc., publishing as Prentice Hall, One Lake Street, Upper Saddle River, New Jersey 07458.

Kotler,P., Jhon Bowen and James Makens. 1996. Marketing for Hospitality and Tourism. USA: Prentice-Hall Inc.

Ni Putu Diah. (2017). Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Upaya Membangun Keunggulan Bersaing Pada Hotel Alila Ubud. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 11, 2017: 6120-6140.

Noviani, Rani (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Dengan Loyalitas Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri KC Bandung Buah Batu).

Novi, Ani (2020) Pengaruh Inovasi Produk, Kreatifitas Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Kerajinan Tikar Eceng Gondok “Liar”). Vol 2 No 01 (2020) Jurnal Manajemen dan Bisnis Banten Jaya.

Osmanovic, J., Kenjic, V. and Zrnic, R. (2010). Destination Management: Concensus for Competitiveness. Tourism & Hospitality Management Organization Conference Prosidings, pp. 513-525.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Tjiptono, Fandy. (2012). Pemasaran Strajegik. Yogyakarta: ANDI.

Utama, I Gusti Bagus Rai. (2016). Pemasaran Pariwisata, Ed.1 ANDI, IKAPI, Jogjakarta.

Wardoyo dan Veronica, T. R. (2013). Pengaruh Good Corporate Governace, Corporate Social Responsibility & Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Dinamika Manajemen. Vol. 4, No 2, pp:132-149

Downloads

Published

2021-09-15

Issue

Section

Articles