Upaya Ardan Radio Bandung Mempertahankan Citra Radio Anak Muda Melalui Segmentasi, Targeting, Positioning

Authors

  • Dioba Ari Saputra Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional
  • Djudjur Luciana Radjagukguk Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/pjsh.v7i2.1566

Keywords:

radio, citra, segmentasi, targeting dan positioning.

Abstract

The purpose of this study is to identify and analyze the Segmentation, Targeting, Positioning (STP) of Ardan Radio Bandung in maintaining the image of Radio Anak Muda which will certainly make Ardan radio last for a long time in the world of radio broadcasting. The method used is descriptive qualitative, namely the results of thoughts, talks and observations of the behavior of other people who produce and provide detailed and in-depth data regarding the strategies carried out by Ardan Radio. The results of this study, Ardan Radio always do STP well and provide youth programs, so that the image is maintained as a Youth Radio in the city of Bandung. Maintain good relations with clients and good relations with listeners, so that listeners do not move to other radios by giving a giveaway, bringing in artists who are loved by young people and collaborating through youth events and local brands that are liked by young people in Bandung and outside Bandung . Then in the defending stage, always be the first in any case. Ardan Radio always tries to innovate and provide interesting youth programs every month so that it builds a strong image and increases listeners. After forming the image, it must also strengthen the programs that are broadcast around young people that reach 30 compared to other radio stations, ranging from regular to special programs. In addition to the program, there are other things that can strengthen the image, namely the characteristic that is owned is the broadcaster side who has high knowledge, slang and also has a variety of characters and one of the regional radios located in Bandung by lifting the trends of today's young people with enthusiasm local.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) Ardan Radio Bandung dalam mempertahankan citra Radio Anak Muda yang tentunya akan membuat Ardan radio dapat bertahan lama dalam dunia penyiaran radio. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif  yaitu hasil pemikiran, pembicaraan serta pengamatan terhadap perilaku orang lain yang menghasilkan dan memberikan perolehan data-data detail serta mendalam mengenai strategi yang dilakukan Ardan Radio. Hasil dari penelitian ini, Ardan Radio selalu  melakukan STP dengan baik dan memberikan program-program anak muda, sehingga citra tetap terjaga sebagai Radio Anak Muda di Kota Bandung. Menjaga hubungan baik dengan klien dan  hubungan baik dengan pendengar, agar  pendengar tidak pindah ke radio lain dengan  memberikan sebuah giveaway, mendatangkan artis yang digandrungi anak muda dan bekerjasama  melalui  event – event anak muda dan brand lokal yang disukai anak  muda Bandung maupun di luar Bandung.  Kemudian dalam tahapan mempertahankan selalu menjadi yang pertama dalam hal apapun. Ardan Radio selalu mencoba berinovasi dan memberikan program-program anak muda yang menarik setiap bulannya sehingga terbangunlah citra yang kuat dan menambah pendengar. Setelah membentuk citra juga memperkuat program sekitar anak muda dengan jumlah mencapai 30 dibanding radio lainnya, mulai dari yang reguler sampai spesial program.   Selain program ada hal lain juga yang bisa memperkuat citra yaitu ciri khas yang dimiliki adalah sisi penyiar yang memiliki pengetahuan yang tinggi, gaul dan juga punya karakter yang beragam. Ardan Radio juga menjadi salah satu radio regional yang berada di Bandung dengan mengangkat tren-tren anak muda masa kini dengan semangat lokal.

 

 

 

References

Jefkins, Frank. (2003). Public Relations Edisi Kelima, Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Kasali, Rhenald. (2007). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Cet. V. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Suwandi dan Basrowi. (2018). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Strategi Positioning Radio Mandiri 98,3 FM Sebagai Radio News And Business Pekanbaru Geofakta Razali, Evawani Elysa Lubis. https://ejournal. Bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/download/3104/1975.

Susilawati, Wati. (2018). Analisis Strategi Pemasaran PT. Volare Network Pontianak Sebagai Upaya Menghadapi Persaingan Dalam Industri Radio Di Pontianak. Equator Journal of Management Enterpreneur. Materi tersedia di https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmdb/article/view/29490/75676579089.

Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto. (2003). Dasar-Dasar Publik Relation. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, Chandra. (2012). Pemasaran Strategi. Yogyakarta :ANDI.

Wardani, Diah Tri. (2020). Strategi Segmentasi, Targeting, Dan Positiong Pada Program Acara Di Radio Dian Swara Purwokerto. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7945/1/DIAH%20TRI%20WARDANI_STRATEGI%20SEGMENTASI%2C%20TARGETING%2C%20DAN%20POSITIONING.pdf.

Al Rise and Jack Trout, Positioning. (2002). The Battle for Your Mind. Edisi 20th Anniversary. Salemba Empat.

Wawancara :

Diki Irdan, Public Relations and Promotions Ardan Radio.

Downloads

Published

2022-10-31

Issue

Section

Articles