Eksistensi Surat Kabar Media Indonesia di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.47313/pjsh.v8i1.2351Keywords:
ekonomi media, media massa, bisnis media, kompetisi, konsumsi.Abstract
Competition in the media industry today is increasingly competitive. Competition is often an important factor in improving the performance of a media in maintaining its existence in the competition between media. The print media industry is faced with a variety of obstacles, ranging from high production and distribution costs to advances in information communication technology. The ability to adapt and innovate is needed to avoid the displacement of print media in the mass media industry. This research was conducted on Media Indonesia as a print-based conventional media industry that continues to strive to maintain its existence in the midst of the rapid presence of new media. This research uses the theory of Media Economics as originated by Robert Pickard, Media Economics is a study of how the media as an industry utilizes limited resources to produce and distribute content or content to audiences that aims to meet demands and needs. Through the interview method, information on what obstacles are currently faced in the media industry, especially print, can be confirmed. The high cost of production and distribution, changes in people's culture in seeking and consuming information and advances in communication information technology are also obstacles that must be taken seriously by industry players in print media.
Kompetisi pada industri media saat ini semakin kompetitif. Kompetisi seringkali menjadi faktor penting dalam meningkatkan kinerja sebuah media dalam mempertahankan eksistensinya di persaingan antar media. Industri media cetak dihadapkan pada beragam kendala, mulai dari mahalnya biaya produksi dan distribusi hingga kemajuan teknologi informasi komunikasi. Kemampuan beradaptasi dan berinovasi diperlukan untuk menghindari tergusurnya media cetak dalam kancah industri media masa. Penelitian ini dilakukan terhadap Media Indonesia sebagai industri media konvensional berbasis cetak yang terus berupaya mempertahakan eksistensinya di tengah derasnya kehadiran media baru. Penelitian ini menggunakan teori Ekonomi Media sebagaimana dicetus Robert Pickard, Ekomoni Media merupakan studi yang mempelajari bagaimana media sebagai industri memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memproduksi dan mendistribusikan isi atau konten kepada khalayak yang bertujuan untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan. Melalui metode wawancara, informasi mengenai kendala apa saja yang saat ini dihadapi dalam industri media terutama cetak bisa dikonfirmasi. Mahalnya biaya produksi dan distribusi, perubahan budaya masyarakat dalam mencari dan mengkonsumsi informasi serta kemajuan teknologi informasi komunikasi juga menjadi kendala yang harus disikapi secara serius oleh pelaku industri di media cetak.
References
Buku
Alan Albaran. (1996). Media Economic: Understanding Markets, Industries, and Concepts, Ames, Iowa University Press.
Akhyar Yusuf Lubis. (2020). Filsafat Ilmu Klasik Hingga Kontemporer, Rajawali Pers, Depok.
Hafied Cangara. (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi, Rajawali Pers: Depok.
Jenkins, Henry. (2006). Convergence Culture: Where Old and New Media Collide. New York: New York University Press.
Jalaluddin Rakhmat dan Idi Subandy Ibrahim. (2019). Metode Penelitian Komunikasi, Edisi Revisi Kedua, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
McLuhan, Marshall. (1964). Understanding Media: The Extensions of Man. NewYork: McGraw-Hill.
Merlyna, Lim. (2013). The League of Thirteen: Media Concentration In Indonesia, Participatory Media Lab. Arizona State University.
Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa, Kencana Prenada Media Group: Jakarta.
Wahid, Umaimah. (2018). Komunikasi Politik: Teori, Konsep dan Aplikasi pada Era Media Baru, Simbiosa Rekatama Media: Bandung.
Tapsell Ross. (2021). Kuasa Media di Indonesia, Kaum Oligarki, Warga, dan Revolusi Digital, Marjin Kiri, Tangerang Selatan.
Yoedtadi, Moehammad Gafar. (2019). TV Sosial: Televisi dan Media Sosial. Dalam W. P. Sari dan L. Irene (Eds). Komunikasi Kontemporer dan Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Jurnal
https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/download/1279/831.
Bakir Hasan; Ekonomi Media: Perlukah?; MEDIATOR, Vol.7 No.2 Desember 2006.
Budi Arista Romadhoni; Meredupnya Media Cetak, Dampak Kemajuan Teknologi Informasi; Jurnal An-Nida, Vol. 10, No. 1, Januari-Juni 2018.
Moehammad Gafar Yoedtadi, Zita Retno Hapsari: Pemanfaatan Media Sosial Di Televisi Grup MNC: JURNAL LONTAR II, Volume 8. Nomor 1, II. Januari-Juni 2020.
Media Online
https://www.academia.edu/7282028/Lim_M_2012_The_League_of_Thirteen_Media_Concentration _in_Indonesia
https://news.detik.com/berita/d-5925068/dewan-pers-verifikasi-370-perusahaan-media-selama-2021
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/21/ini-perolehan-suara-partai-nasdem-dalam-pemilu-2014-2019 diakses Kamis 20 Oktober 2022 pukul 20.32 wib
https://www.cikarangindustrial.com/index.php/opini/313-ekonomi-media-dalam-industri-media-massa diakses Sabtu 22 Oktober 2022 pukul 22.43 wib
https://m.mediaindonesia.com/statics/aboutus#:~:text=Media%20Indonesia%20merupakan%20koran%20nasional,menerbitkan%20ialah%20Yayasan%20Warta%20Indonesia. diakses Sabtu 22 Oktober 2022 pukul 23.21 wib
https://www.metrotvnews.com/about#:~:text=Primetime%20News&text=METRO%20TV%20merupakan%20televisi%20berita,sejak%20ia%20mendirikan%20Harian%20PRIORITAS. diakses Sabtu 22 Oktober 2022 pukul 23.38 wib
https://www.medcom.id/tentangkami diakses Sabtu 22 Oktober 2022 pukul 23.49 wib
https://www.psychologymania.com/2013/01/pengertian-ekonomi-media.html diakses Minggu 23 Oktober 2022 pukul 00.29 wib
https://www.kompas.com/skola/read/2021/12/27/090000369/konvergensi-media--pengertian-dan-dampaknya?page=all diakses Rabu 28 Desember 2022 pukul 18.47 wib.
https://www.romelteamedia.com/2019/04/pengertian-konvergensi-media.html diakses Senin 15 Mei 2023 pukul 02.20 wib
https://www.kombinasi.net/konvergensi-media/ diakses Sabtu 17 Juni 2023 pukul 23.14 wib.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal BACA dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Populis Jurnal Sosial dan Humaniora, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.