Identitas Budaya Pada Tokoh Pahlawan Dalam Komik «БЕСОБОЙ» [BESOBOY] Yang Diterbitkan Bubble Comics
DOI:
https://doi.org/10.47313/pjsh.v8i2.2641Keywords:
Bubble Comics, budaya, identitas, komikAbstract
The comic’s development in Russia is inseparable from globalization which has the ability to carry the movement of global culture. This is the cause of the interfusion between local culture and foreign culture. Bubble Comics is one of the Russian publications that releases Russian versions of superhero-themed comics by adapting comic culture from America and Europe. In this article, the formulation of the problem that will be discussed is how the cultural identity of the hero is represented in the Бесобой [Besoboy/Demon Boy] comics. The aim of this article is to explore the cultural identity featured in Бесобой comics. This article examines cultural identity in the Бесобой [Besoboy] comics series 1—50 by using Stuart Hall’s concept of cultural identity. The results of this research indicate that Russian comics, especially Bubble Comics, still carry Russian cultural values in their stories even though they adopt American and European comic culture. The cultural identity of the comic character Бесобой as a Russian hero is depicted in the form of similar cultural values shared by the characters of Russian society, especially Moscow.
Perkembangan komik di Rusia tidak terlepas dari globalisasi yang memiliki kemampuan dalam mengusung perpindahan arus budaya global. Hal tersebut menjadi penyebab adanya percampuran antara budaya lokal dan budaya luar. Bubble Comics adalah salah satu penerbitan Rusia yang banyak mengeluarkan komik bertemakan pahlawan super versi Rusia dengan mengadaptasi budaya komik dari Amerika dan Eropa. Dalam artikel ini, rumusan masalah yang akan dibahas adalah bagaimana identitas budaya tokoh pahlawan direpresentasikan dalam komik Бесобой [Besoboy/Demon Boy]. Tujuan artikel ini adalah untuk mengeksplorasi identitas budaya yang ditampilkan dalam komik Бесобой [Besoboy]. Artikel ini mengkaji identitas budaya dalam komik Бесобой seri 1—50 dengan menggunakan konsep cultural identity milik Stuart Hall. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komik Rusia, terutama Bubble Comics, tetap mengangkat nilai budaya Rusia di dalam ceritanya meskipun mengadopsi budaya komik Amerika dan Eropa. Identitas budaya dari karakter komik Бесобой sebagai pahlawan Rusia digambarkan dalam bentuk kesamaan nilai budaya yang dimiliki oleh karakter masyarakat Rusia, terutama Moskow.
References
Buku:
Alaniz, J. (2011). Komiks: comic art in Russia. Univ. Press of Mississippi.
Brummett, B. (2018). Techniques of close reading. Sage Publications.
Bonneff, M (1998). Komik Indonesia (Hidayat, R. S., Penerjemah). KPG.
Hall, S. (1996). Cultural Identity and Diaspora. Taylor & Francis.
Ida, R (Ed). (2017). Budaya Populer Indonesia: Diskursus Global/Lokal dalam Budaya Populer Indonesia. Airlangga University Press.
Mulyana, Y., & Lengkana, A. S. (2019). Permainan Tradisional. Salam Insan Mulia.
Artikel Jurnal:
Bethari, A. B., & Tawami, T. (2018). Stereotip Pahlawan Super: Perilaku Fisik Superman Di Buku Komik The Death Of Superman. Wanastra, 10 (2), 29–34.
Erokhina, T. I.; Zheltov E. S. (2021). Representation of The Soviet Era in Domestic Comics. Upper Volga Philological Bulletin, No. 1 (24), 185-192. DOI: 10.20323/2499-9679-2021-1-24-185-192
Khanduri, R. G. (2010). Comicology: Comic books as culture in India. Journal of Graphic Novels and Comics, Vol. 1, No. 2, 171-191. Taylor &Francis, https://doi.org/10.1080/21504857.2010.528641
Kuutma, K. (1998). Festival as communicative performance and celebration of ethnicity. Folklore: Electronic Journal of Folklore, (7), 79-86.
Koellner, T., & Benovska, M. (2021). Continuity and Change in Orthodox Christianity in Contemporary Russia: Enduring Legacies and New Developments in the Making. Religions, 12(12), 1053. MDPI AG. Retrieved from http://dx.doi.org/10.3390/rel12121053
Markova, M.V. (2021). Particularity of The Transformation of The Superhero Comics in The Russian Cultural Space: by the Example Bubble Comics. RSUH/RGGU Bulletin. Literary Theory. Linguistics. Cultural Studies, No. 9, 87-99. DOI: 10.28995/2686-7249-2021-9-87-99.
Prabasmoro, T. (2019). Identitas dan Representasi: Karakter Lothar dan Lobo dalam Komik Amerika. Jurnal Bahasa, Sastram dan Pengajarannya. Lingua, Vol. XV, No. 1, 63-75.
Saduov, R. T. (2019). The North American Practices of Comics Production and Contemporary Russian Comics Industry. Studia Litterarum, Vol. 4, No. 1, 274-285. DOI: 10.22455/2500-4247-2019-4-1-274-285.
Internet:
Артем Геодакян. (2017). История празднования Дня города Москвы. Досье. https://tass.ru/info/4547614
Bubble App. Бесобой. https://bubble.ru/catalog/54-besoboi/digital
Editor of Art.com.-. Ivan Bilibin Art Reproductions & Prints. https://www.art.com/gallery/id--a55451/ivan-bilibin-posters.htm
Editor of Levada-Center. (2023). Religious Beliefs. https://www.levada.ru/en/2023/06/02/religious-beliefs/
Evdokimova, M. (2015). The History of Russian Comics: An Interview with Misha Zaslavskiy by Maria Evdokimova. https://comicsforum.org/2015/12/09/the-history-of-russian-comics-an-interview-with-misha-zaslavskiy-by-maria-evdokimova/
Gudkova, E.-. How Did Mermaids Appear in Russian Folklore. https://www. culture. ru/s/vopros/ rusalki/
Джемилова, Ю. (2022). Поиграем в Казаки-разбойники. https://ladodeti.ru/igry/na-ulitse/kazaki-razboyniki
Kunzle, D. M. (2021). comic strip. Encyclopedia Britannica. https://www.britannica.com/art/comic-strip
Spiegel, T. (2019). Russian Comic Books. Library of Congress. https://blogs.loc.gov/international-collections/2019/12/russian-comic-books/
Sumaryadi, Wiharsih.-. Kajian Folklor. http://staffnew.uny.ac.id/upload/130891327/pendidikan/ modul+pembljrn+folklor.pdf.
Ткачёв, Ф. (2023). Казачество: история вольнолюбивых войск (18+). https://diletant.media/articles /28953312/
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal BACA dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Populis Jurnal Sosial dan Humaniora, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.