PROFESIONALISME DOSEN DAN KUALITAS PENDIDIKAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.47313/pjsh.v2i2.347Abstract
Profesionalisme dosen berhubungan erat dengan kualitas pendidikan tinggi. Kehadiran dosen yang profesional akan mempengaruhi Proses Belajar Mengajar yang baik dan benar, dengan demikian secara pasti dan signifikan akan mempengaruhi kualitas pendidikan yang tercermin dari serapan lulusan di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Kesimpulan seperti yang disampaikan dalam tulisan ini, telah didukung banyak penelitian di dalam maupun di luar negeri. Oleh karenanya semakin tinggi kualitas pendidikan akan semakin mampu memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat, bangsa dan negara.
Harus diakui, bahwa pendidikan kualitas pendidikan di Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain masih cukup rendah, dan belum dapat bersaing perguruan tinggi dari negara-negara maju. Oleh sebab itu, profesionalisme dosen dan tenaga kependidikan haruslah secara terus menerus ditingkatkan, khususnya melalui peningkatan kompetensi dosen dan tenagan kependidikan.
Kata kunci: Profesionalisme pendidikan, kualitas pendidikan, kompetensi
References
Astin, A. W, (1985). Achieving Educational Excellence. San Francisco & Oxford : Jossey-Bass Publisher
Azis, Hamka Abdul, (2012). Karakter Dosen Profesional : Melahirkan Murid Unggul Menjawab Tantangan Masa Depan, Jakarta : Al-Mawardi Prima
Blenkin, G.M., Kelly A.V., (1981). The Primary Curriculum. London: Harper & Row.
Biggs, Morris L., (1982). Learning Teories for Teaching. New York: Harper & Row, Publisher.
Chauhan, S.S., (1979). Innovation in Teaching Learning Process, New Delhi: Vikas Publishing Hoyse, Pvt.Ltd.
Decentralized Basic Education Project, (2007). Better Teaching Learning. Jakarta: AED. disalin dari : http://m-ali.net/?p=31
Dikmenum Depdikbud. 1998/1999. Manajemen Peningkatan Mutu dalam Suplemen 2 Pelatihan Kepala Sekolah Menengah Umum. Jakarta: Depdikbud.
Fattah, N. 2009. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Firdaus, Arif; Barnawi, (2012). Profil Dosen SMK Profsional. Yogyakarta : Ar-ruzz Media.
Ma’arif, Syamsul, (2011). Dosen Profesional : Harapan dan Kenyataan. Semarang : Walisongo Press.
Marijan, (2012). Cara Gampang Pengembangan Profesi Dosen. Yogyakarta : Sabda Media.
Murgatroyd & Morgan. 1994. Total Quality Management and the School. Buckingham: Open University Press.
Mustafah, Jejen, (2012). Peningkatan Kompetensi Dosen melalui Pelatihan dan Sumber Belajar : Teori dan Praktik. Jakarta : Tera Indonesia.
Sinambela, Lijan Poltak. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun Tim Yang Solid Untuk Meningkatkan Kinerja. (Jakarta: Bumi Aksara, 2016)
Sallis, E. 2006. Total Quality Management in Education. London: Kogan page Educational Series.
Tilaar, H.A.R., (1999). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Dalam Persfektif Abad 21. Jakarta : Kencana.
http://forum.thinking-art.co.id/forum.php
http://psychology.binus.ac.id/2017/02/17/rendahnya-kualitas-pendidikan-di-indonesia/
http://www.kompasiana.com/anggitaaprya/sma-ataukah-smk_552bec956ea 8349 d5f8b45da
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal BACA dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Populis Jurnal Sosial dan Humaniora, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.