The Implementasi Inovasi Pelayanan Melalui Aplikasi “De’Best Wayan Sadar Diri” untuk Efisiensi Pelayanan Publik di BKIPM Denpasar

Penulis

  • Diah Ayu Safitri Universitas Airlangga
  • Anwar Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan, Denpasar, Bali

DOI:

https://doi.org/10.47313/pjsh.v9i1.3526

Kata Kunci:

BKIPM Denpasar; De’Best Wayan Sadar Diri; Implementasi Inovasi.

Abstrak

Lalu lintas komoditas perikanan Indonesia yang terus mengalami peningkatan, menuntut pelayanan publik yang prima dan mengutamakan prinsip-prinsip good and clean government. Balai Karantina Ikan Pengendali Mutu (BKIPM) melalui unit pelayanan teknis (UPT) di berbagai wilayah Negara RI, berperan untuk memberikan jaminan ikan sehat dan bermutu dengan mengembangkan inovasi metode pelayanan publik, pengawasan, pencegahan, pengendalian, dan diagnosa komoditas perikanan yang dilalulintaskan.  Pembentukan suatu konsep De’Best Wayan Sadar Diri sebagai sebuah sistem pelayanan dan pengawasan di BKIPM Denpasar menuju pelayanan berkelas internasional. Evaluasi terkait implementasi pelaksanaan teknis di lapangan perlu untuk dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengetahui efektivitas dari konsep tersebut dalam menjaga dan meningkatkan kinerja sumber daya manusia dalam lingkungan pegawai BKIPM Denpasar. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2023, di stasiun unit pelaksana teknis BKIPM Denpasar, dengan sumber berupa key informan yaitu  pejabat dan pegawai pada unit pelaksana teknis BKIPM Denpasar. Inovasi De’Best Wayan Sadar Diri merupakan sebuah sistem pelayanan dan pengawasan pemeriksaaan data riil terbangun sebagai ekosistem unit/instansi yang saling berkaitan, sehingga kolaborasi menjadi terintegrasi untuk mendukung tugas pokok dan fungsi masing-masing.  Pada awal penerapannya tahun 2019, diimplementasikan menggunakan empat tools pendukung. Selanjutnya dilakukan update, sehingga total menjadi 10 tools. Keberlangsungan dan kualitas implementasi inovasi De’Best Wayan Sadar Diri dilakukan monitoring dan evaluasi secara berkala.  Strategi sosial untuk keberlanjutan inovasi De’Best Wayan Sadar Diri dilakukan dengan mengoptimalkan kolaborasi terintegrasi dengan intansi terkait dan berbagai kelompok masyakat serta komunitas perikanan.

Referensi

Ansell, C., Torfing, J. (2014). Public Innovation through Collaboration and Design. New York, NY: Routledge

Barrett, M., Davidson, E., Vargo, S.L. (2012). Being Innovative About Service Innovation: MIS Quarterly, 39(1): 1–6.

Bason, C. (2010). Leading Public Sector Innovation: Co-creating for a Better Society. Bristol, UK: Policy Press.

Beck, S., Whistler, T. (1967). Innovative Organizations: A Selective View of Current Research. Journal of Business, 40, 462–469.

Bozeman, B. (2007). Public Values and Public Interest: Counterbalancing Economic Individualism. Washington, DC: Georgetown University Press.

Bryson, J. M., Crosby, B.C., Bloomberg, L. (2014). “Public Value Governance: Moving beyond Traditional Public Administration and the New Public Management.” Public Administration Review 74: 445–456. doi:10.1111/puar.12238.

Chen, J., Richard, M., Walker., Sawhney, M. (2020). Public service innovation: a typology, Public Management Review, 22:11, 1674-1695, DOI: 10.1080/14719037.2019.1645874

Chen, C.L., Lin, Y.C., Chen, W.H., Chao, C.F., Pandia, H. (2021). Role of Government to Enhance Digital Transformation in Small Service Business. Sustainability (Switzerland), 13(3): 1–26.

De Vries, H., Bekkers, V., Tummers, L. (2016). Innovation in the Public Sector: A Systematic Review and Future Research Agenda. Public Administration, 94(1), 146–166.

Djamrud, D. E. (2015). Inovasi Pelayanan Publik Di Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda. Ilmu Pemerintahan.

Favoreu, C., Maurel, C., Carassus, D., Marin, P. (2019). Influence and Complementarity of Follow-on Managerial Innovations within a Public Organization. Public Organization Review, 19(3), 345–365.

Geuijen, K., M. Moore, A. Cederquist, R. Ronning, M. V. Twist. (2017). “Creating Public Value in Global Wicked Problems.” Public Management Review 19 (5): 621–639. doi:10.1080/ 14719037.2016.1192163.

Gopalakrishnan, S., Damanpour, F. (1997). A Review of Innovation Research in Economics, Sociology and Technology Management. Omega, 25(1), 15–28.

Hartley, J. (2013). Public and Private Features of Innovation. In Handbook of Innovation in Public Services, edited by Stephen P. Osborne and Louise Brown, 44–59. Cheltenham, UK: Edward Elgar.

Hartley, J., Sørensen, E., Jacob, T. (2013). Public Administration Review, Vol. 73, Iss. 6, pp. 821–830. The American Society for Public Administration. DOI: 10.1111/puar.12136.

Ismail, I. (2020). Remuneration and Performance. SHS Web of Conferences, 86: 01034.

Jørgensen, T. B., B. Bozeman. (2007). “Public Values: An Inventory.” Administration & Society 39: 354–381. doi:10.1177/0095399707300703.

KKP RI. (2021). Peraturan Menteri Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2021 Tentang Pelayanan Publik Di Lingkungan Kementerian Kelautan Dan Perikanan. Peraturan Menteri Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia.

Lusch, R.F., Nambisan, S. (2015). Service Innovation: A Service-dominant Logic Perspective. MIS Quarterly 39: 155–175. doi:10.25300/MISQ.

Miles, M. B., Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage Publications.

Moore, M. H. (1995). Creating Public Value: Strategic Management in Government. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Moore, M. (2005). Break-Through Innovations and Continuous Improvement: Two Different Models of Innovative Processes in the Public Sector. Public Money and Management 25(1): 43–50.

Nakayama, K., Shinkai, Y.I., Okumura, K., Nakauchi, H. (1989). Isolation and Characterization of the Mouse CD8 Beta-Chain (Ly-3) Genes. Absence of an Intervening Sequence between V- and J-like Gene Segments. The Journal of Immunology, 142(7): 2540–2546.

Osborne., David., Gaebler, Ted. (1992). Reinventing Government: How the Entrepreneurial Spirit Is Transforming the Public Sector. Reading, MA: Addison-Wesley.

Piening, E.P. (2011). Insights into the Process Dynamics of Innovation Implementation: The Case of Public Hospitals in Germany. Public Management Review, 13(1), 127–157.

Sachs, J.D., Schmidt-Traub, G., Mazzucato, M., Messner, D., Nakicenovic, N., Rockström, J. (2019). Six Transformations to Achieve the Sustainable Development Goals. Nature Sustainability, 2(9): 805–814.

Saragih, G.A., Astuti, R.S., Priyadi, B.P., Afrizal, T. (2022). Innovation of KAU DATANG on Fish Quarantine Center Quality Control and Safety of Fishery Products Semarang City. PERSPEKTIF, 11(3): 970–976.

Sinambela, L.P., Ghazali, R., Rosai, S.D. (2023). Pengaruh Implementasi Program Qlue Dan Komitmen Organisasi Terhadap Efektivitas Pelayanan Publik Di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2015-2018. Populis : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 8(1): 82–91.

Sutrisna, I.W. (2021). Penyelenggaraan Pelayanan Publik Yang Inovatif Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Cakrawarti, 04(02): 21–29.

Tamrin, T., Aedy, H., Asraf, A. (2023). Analisis Implementasi Tunjangan Kinerja Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu Dan Keamanan Hasil Perikanan Kendari. Jurnal Manajemen STEI, 06(02): 1–14.

Torugsa, N., Arundel, A. (2016). “Complexity of Innovation in the Public Sector: A Workgroup-level Analysis of Related Factors and Outcomes.” Public Management Review 18: 392–416.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Walsh, P.P., Murphy, E., Horan, D. (2020). The Role of Science, Technology and Innovation in the UN 2030 Agenda. Technological Forecasting and Social Change, Vol. 154. Elsevier Inc.

Yang, K. (2016). “Creating Public Value and Institutional Innovations across Boundaries: An Integrative Process of Participation, Legitimation, and Implementation.” Public Administration Review 76: 873–885.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-04

Terbitan

Bagian

Articles