Efektivitas Pembentukan Perumda Bidadari oleh Pemkab Manggarai Barat sebagai Strategi Pemulihan UMKM Pasca Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.47313/pjsh.v9i2.3900Keywords:
Strategi, Pemulihan, UMKM, Ketangguhan , KemandirianAbstract
Abstract
This study aims to analyze the effectiveness of the steps taken by the West Manggarai Regency Government, East Nusa Tenggara Province, in building community resilience and independence in restoring MSMEs after the Covid-19 pandemic through the establishment of the Bidadari Regional Public Company (Perumda), a digital ecosystem that integrates technology with local potential. Perumda Bidadari acts as a liaison between MSME actors and the wider market, including through digital applications. The analysis was carried out using the SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) analysis theory approach proposed by Gurel and Tat (2017). This study uses a qualitative descriptive approach with data collection methods in the form of interviews and literature studies. The results of the study show that MSME actors in West Manggarai have begun to shift from conventional sales methods to digital-based sales during the pandemic. This technology-based strategy and local potential provide new opportunities for MSMEs to develop and become more resilient in facing future economic challenges.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dalam membangun ketangguhan dan kemandirian masyarakat dalam memulihkan UMKM setelah pandemi Covid-19 melalui pendirian Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bidadari, sebuah ekosistem digital yang mengintegrasikan teknologi dengan potensi lokal. Perumda Bidadari berperan sebagai penghubung antara pelaku UMKM dan pasar yang lebih luas, termasuk melalui aplikasi digital. Analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan teori analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) yang dikemukakan oleh Gurel dan Tat (2017). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku UMKM di Manggarai Barat mulai beralih dari metode penjualan konvensional ke penjualan berbasis digital selama masa pandemi. Strategi berbasis teknologi dan potensi lokal ini memberikan peluang baru bagi UMKM untuk berkembang dan menjadi lebih tangguh menghadapi tantangan ekonomi di masa mendatang.
References
Gurel, E., & Tat, M. (2017). SWOT Analysis: A Theoretical Review. The Journal of International Social Research, 10(51), 994-1006.
Inu Kencana Syafiie, Ilmu Administrasi Publik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Kliklabuanbajo.id 2022. Perumda Bidadari Gandeng ESB dan Kawan Bike untuk Transaksi Digital. kliklabuanbajo.id
KOMINFO MaBar. 2022. Bupati Mabar: Pelatihan Digital Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas UMKM. Portal.manggaraibaratkab.go.id.
Moerwanto, A. S., & Junoasmono, T. (2017). Strategi Pembangunan Infrastruktur Wisata Terintegrasi. Jurnal HPJI (Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia), 3(2).
None. 2021. Ini Konsep Perumda Bidadari Memanfaatkan Obyek Wisata Puncak Waringin dan Batu Cermin. Arnew, NEWS NTT: Depolicnews.com.
Pasalong, Harbani. 2012. Metode Penelitian Administrasi Publik, Alfabeta, Bandung.
Prastiwi, S. (2016). Manajemen Strategi Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro Dalm Mengembangkan Potensi Objek Wisata Edukasi Little Teksas Wonocolo. Publika, 4(11).
Samahitawirotama. 2017. Strategi 5Ps Mintberg. Samahitawirotama.com
Tapscott, D. (1995). The Digital Economy: Promise and Peril in the Age of Networked Intelligence. McGraw-Hill.
Thenisia, Shela, dkk. 2020. The Effect Of Covid-19 On Economic Growth In Indonesia. Universitas Tarumanegara: Faculty Of Economics
Wijayanti, A. (2017). Analisis Dampak Pengembangan Desa Wisata Kembang Arum Terhadap Perekonomian Masyarakat Lokal. Tesis. Sarjana Wiyata Tamansiswa Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal BACA dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Populis Jurnal Sosial dan Humaniora, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.