PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL FONTENAY KE MAGALLIANES
DOI:
https://doi.org/10.47313/pjsh.v3i1.406Abstract
1970-an adalah merupakan tahun kejayaan sejumlah penulis perempuan sekaligus menjadi salah satu penyebab terbitnya novel serta berbagai majalah atau tabloid yang dikhususkan bagi wanita ataupun untuk masyarakat umum sehingga dibutuhkan lebih banyak bahan untuk mengisinya. Berkait dengan kenyataan tersebut, maka, penelitian novel yang berjudul Dari Fontenay ke Magallihanse karya Nh. Dini, adalah merupakan contoh salah satu novel yang bercerita tentang kejiwaan, moral, etika, dan humanisme yang layak untuk dicermati dan diteliti. Sebagaimana kita ketahui, konsep moral dan etika dalam perspektif filsafat dipahami sebagai sistem nilai yang berhubungan dengan baik dan buruk yang disepakati oleh masyarakat tertentu sepanjang sejarahnya. Manusia sebagai homo socius selalu terikat dengan tata nilai yang telah disepakati bersama. Oleh karena itu dimana ada masyarakat di sanalah ada hukum atau etika (ubi socius, ibi ius). Selanjutnya, lewat metode kualitatif dan mencermati nilai-nilainya khususnya hal-hal yang berkenaan dengan psikologi, moral dan etika, tokoh wanita, maka, tampak dengan jelas betapa dari analisis data dan informasi dapat diketahui bahwa dari jumlah 22 temuan/ adegan cerita (scene) yang menunjukkan adegan nilai-nilai/ kejiwaan psikologi berjumlah 51% dan nilai-nilai etika dan moral 41%.
Kata kunci: tanggung jawab, obsesif, ambisi, cinta, dan taat.
References
Aminuddin 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Adjl Z. Januar, 1997, Teori Sastra, Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Aryatirtawirya, 1993, Apresiasi Sastra dan Prosa, Ende-Ftores : Nusa Indah
Baker, 1979, Konsep Seni Sastra - Cerpen dan Novel, Kualalumpur : Dewan Bahasa dan Pustaka.
Badudu, Yus, 1996, Sari Kesusastraan Indonesia, Bandung : Pustaka Prima Driyarkara, 1996, Percikan Filsafat, Jakarta : Gramedia.
Driyarkara. 2008. Filsafat : Sebuah Pengantar. Jakarta : Gramedia.
Departemen Pendidikan Nasional.2003.Kurikulum 2004.Jakarta.
Echol, F. John, dan Hasan Shadily, 1996, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta : Gramedia.
Esten, Musal, 1978, Kesusastraan : Pengantar Teori dan Sejarah, Bandung : Angkasa.
Hanum, Zulfa, 2004, Metode Penelitian Kesusastraan, Selangor : Darul Ehsan.
__________, 2005, Psikologi Kesusastraan, Depok : Inti Prima Grafhic.
Hatta, Muhammad. 2006. Alam Pikiran Yunani. Jakarta : Gramedia.
Hornby, 1996, The Progressive English Dictionary, London : Oxford University Press.
Hudson, W.H., 1997, An Introduction to The Study of Literature, London : George G. Harrap & Co.
Jaya. Universitas Indraprasta PGRJ, 2004, Pedoman Penyusunan Skripsi, Jakarta: Tanpa Penerbit.
Jassin, H.B., 1985, Penyair dan Daerahnya, Jakarta: Gunung Agung.
Kamus Umum Bahasa Indonesia, 1996, Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
Kamus Umum Lengkap Internasional Populer, 1978, Jakarta : Series 555.
Kledon, Ignas, 2008, Sejarah Filsafat, Yogyakarta : Kanisius.
Kartono, Kartini. 1996. Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju
Luxemburg, Jan Van, 1996, Pengantar Ilmu Sastra : Tejemahan Dick Handoko, Yogyakarta: Kanisius.
Moleong, Lexy J. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.
Magnis Suseno, 1996, Filsafat Manusia, Jakarta : Gramedia
Nurgiyarttoro, Burhan, 1995, Bimbingan Apresiasi Sastra. Ende-Flores : Nusa Indah.
_________. Teori Pengkajian Fiksi, Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2000. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Rahmanto. B. 1988. Metode Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Kanisius
Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahmanto, B., 1998, Pengamar Apresiasi Sastra, Malang : Lembaga Penerbitan Universitas Brawijaya.
Reene, Wellek, 1990, Theory of Literature, New York : Harveas Book Harcourt HW. Inc.
Saad, Saleh, 1976, Tentang Kritik Sastra, Jakarta : Gunung Agung.
Semi, Atar, 1993, Anatomi Sastra, Padang : Angkasa Raya.
Semi, Atar. 1990. Metode Penelitian Sastra. Padang : Angkasa.
Suroto. 1989. Teori dan Bimbingan Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga
Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukarto, Sugihastuti, 2002, Kritik Sastra, Jakarta : Pusat Pembinaan Pengembangan Bahasa.
Sumardjo, Jakob, 1998, Aprtssiasi Kesusastraan, Bandung : Angkasa
Tarigan, Hendry Guntur. 1986, Prinsip-Prinsip Dasar Sastra, Bandung : Angkasa.
Teeuw A., 1983, Sastra dan Ilmu Sastra; Pengatur Teori Sastra, Jakarta : Pustaka
Warren, Austin, 1989, Kesusastraan : Pengantar Teori dan Sejarah, Bandung : Angkasa.
Yassin, H.B., 1986, Tifa Penyair dan Daerahnya, Jakarta : Gunung Agung
Zulfahnur, Z.F., 1997, Teori Sastra, Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Depdikbud.
Zain, Moh Sutan. Dan J.S. Badudu. 2000. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta; Pustaka Sinar Harapan.
Wirawan, Sarwono Sarlito. 2000. Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal BACA dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Populis Jurnal Sosial dan Humaniora, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.