Strategi Manajemen Redaksi RadarDepok.com dalam Menghadapi Persaingan di Era Digitalisasi
DOI:
https://doi.org/10.47313/pjsh.v5i1.825Keywords:
strategi, manajemen redaksi, persaingan, era digitalisasi, radar depokAbstract
Media online radardepok.com memiliki delapan rubric, terdirik atas rubrik berita utama, metropolis, satelit, pendidikan, olahraga, politika, ekbis & hiburan serta ruang publik. Banyaknya media online dalam menanyangkan berita maka penelitian ini ingin mengetahui strategi manajemen redaksi radardepok.com dalam menghadapi persaingan di era digitalisasi. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan menganalisis strategi manajemen redaksi radardepok.com dalam menghadapi persaingan di era digitalisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan dua Key-informan dan informan, sementara data sekunder diperoleh melalui studi literatur dan review dokumen. Key-informan dari penelitian ini adalah Redaktur pelaksana, dan informan adalah redaktur serta wartawan radardepok.com. Teori yang relevan dengan penelitian ini adalah teori manajemen Tommy Suprapto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi manajemen redaksi yang dilakukan radardepok.com dalam menghadapi persaingan di era digitalisasi adalah dengan melakukan rapat setiap hari, malam hari, pagi hari, dan sore hari dengan beberapa tahap yang dilakukan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan pengawasan.
References
Cholis, Nur., Wardiana, Dian. (2018). Manajemen Strategi Redaksi dan Bisnis Koran Olahraga Topskor Dalam Menghadapi Persaingan Dengan Media Online di Era Konvergensi Media. Kajian Jurnalisme Volume 01 Nomor 02. http://Jurnal.Unpad.Ac.Id/Kajian-Jurnalisme.
Haryanto, Ignatius. (2014). Jurnalisme Era Digital: Tantangan Industri Abad 2. Jakarta: Kompas.
Kriyantono, Rachmat. (1996). Teknik Riset Praktis Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Manulang, M. (1990). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia
Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nazir, Moh. (2005). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nilasari, Senja. (2014). Manajemen Strategi Itu Gampang. Jakarta: Dunia Cerdas.
Rumata, Vience Mutiara. (2018). Digitalisasi dan Eksistensi Media Cetak (Studi Kualitatif Majalah Go Girl dan Harian Suara Pembaharuan). Jurnal Komunikologi,Volume 15 Nomor 2.
Susanto, Ahmad. (2015). Bimbingan & Konseling di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tommy, Suprapto. (2009). Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: Medpress.
Undang- Undang (UU) Nomor. 40 tahun 1999 tentang Pers.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal BACA dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Populis Jurnal Sosial dan Humaniora, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.