Strategi Manajemen Redaksi RadarDepok.com dalam Menghadapi Persaingan di Era Digitalisasi

Authors

  • Ghea Pattia Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Nasional
  • Djujur Luciana Radjagukguk Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/pjsh.v5i1.825

Keywords:

strategi, manajemen redaksi, persaingan, era digitalisasi, radar depok

Abstract

Media online radardepok.com memiliki  delapan rubric, terdirik atas  rubrik berita utama, metropolis, satelit, pendidikan, olahraga, politika, ekbis & hiburan serta ruang publik. Banyaknya media online dalam  menanyangkan berita maka penelitian ini ingin mengetahui  strategi manajemen redaksi radardepok.com dalam menghadapi persaingan di era digitalisasi. Tujuan  penelitian yaitu  untuk mengetahui dan menganalisis strategi manajemen redaksi radardepok.com dalam menghadapi persaingan di era digitalisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan dua Key-informan dan informan, sementara data sekunder diperoleh melalui studi literatur dan review dokumen. Key-informan dari penelitian ini adalah Redaktur pelaksana, dan informan adalah redaktur serta wartawan radardepok.com. Teori yang relevan dengan penelitian ini adalah teori manajemen Tommy Suprapto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi manajemen redaksi yang dilakukan radardepok.com  dalam menghadapi persaingan di era digitalisasi adalah dengan melakukan rapat setiap hari, malam hari, pagi hari, dan sore hari dengan beberapa tahap yang dilakukan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan pengawasan.

References

Cholis, Nur., Wardiana, Dian. (2018). Manajemen Strategi Redaksi dan Bisnis Koran Olahraga Topskor Dalam Menghadapi Persaingan Dengan Media Online di Era Konvergensi Media. Kajian Jurnalisme Volume 01 Nomor 02. http://Jurnal.Unpad.Ac.Id/Kajian-Jurnalisme.

Haryanto, Ignatius. (2014). Jurnalisme Era Digital: Tantangan Industri Abad 2. Jakarta: Kompas.

Kriyantono, Rachmat. (1996). Teknik Riset Praktis Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Manulang, M. (1990). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nazir, Moh. (2005). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nilasari, Senja. (2014). Manajemen Strategi Itu Gampang. Jakarta: Dunia Cerdas.

Rumata, Vience Mutiara. (2018). Digitalisasi dan Eksistensi Media Cetak (Studi Kualitatif Majalah Go Girl dan Harian Suara Pembaharuan). Jurnal Komunikologi,Volume 15 Nomor 2.

Susanto, Ahmad. (2015). Bimbingan & Konseling di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tommy, Suprapto. (2009). Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: Medpress.

Undang- Undang (UU) Nomor. 40 tahun 1999 tentang Pers.

Downloads

Published

2021-03-19

Issue

Section

Articles