Strategi Komunikasi Siaran Radio Gen 98.7 FM Jakarta dalam Program Siaran DJ Sore untuk Mempertahankan Pendengar
DOI:
https://doi.org/10.47313/pjsh.v5i2.952Keywords:
strategi komunikasi, program siaran radio, pendengar, radio, dj soreAbstract
Banyaknya stasiun radio swasta diiringi dengan kemajuan teknologi menjadi tantangan bagi Radio Gen 98.7 FM Jakarta khususnya di program siaran sore bernama ‘DJ Sore’ untuk mempertahankan pendengarnya. Sehingga, Radio Gen 98.7 FM Jakarta menerapkan strategi komunikasi pada program siaran DJ Sore yang matang meliputi perencanaan, melakukan pelaksanaan hingga yang terakhir melakukan evaluasi untuk mengetahui yang berhasil dan yang kurang dari perencanaan itu. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data yang digunakan teknik wawancara mendalam, observasi secara tidak langsung dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh pun kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian dari proses strategi komunikasi radio Gen 98.7 FM pada dalam program DJ Sore adalah dengan menggunakan Teori POAC yang dikemukakan oleh George R. Terry, yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling). Program siaran DJ Sore dibuat berdasarkan keinginan para crew di radio Gen 98.7 FM untuk membuat program siaran yang dapat menemani para pendengarnya baik saat beraktifitas saat sore hari atau ketika sedang dalam perjalanan pulang. Hal tersebut mendorong para pengelola program siaran DJ Sore membuat konsep dan fitur-fitur menarik yang nantinya akan ada di program siaran DJ Sore.
References
Arni. Muhammad. (2004). Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara
Effendi, Uchjana, Onong. (2000). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Kartikawati, Dwi, Radjagukguk, Luciana, Djudjur, Sriwartini, Yayu. (2019). Strategi Komunikasti Multikultural di Sekolah Inklusi. Wedung: CV Lentera Kata
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP
Moleong, J, Lexy. (2006). Meode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pace, R. Wayne, Brent D. Peterson, and M. Dallas Burnett. (1979). Techniques for Effective Communication. Addison-Wesley Publishing Compan.
Suhandang, Kustadi. (2014). Strategi Dakwah: Penerapan Strategi Komunikasi Dalam Dakwah. Bandung. Rosdakarya.
Terry, R. George. (2006). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara
Terry, R. George. (1953). Principle of Management. Irwin Series in Industrial Engineering and Management.
Onong, Effendy Uchjana. (1992). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung: Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal BACA dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Populis Jurnal Sosial dan Humaniora, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.