Strategi Komunikasi Siaran Radio Gen 98.7 FM Jakarta dalam Program Siaran DJ Sore untuk Mempertahankan Pendengar

Authors

  • Annastasya Rizqa Prisanastiti Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Nasional
  • Djudjur Luciana Radjagukguk Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/pjsh.v5i2.952

Keywords:

strategi komunikasi, program siaran radio, pendengar, radio, dj sore

Abstract

Banyaknya stasiun radio swasta diiringi dengan kemajuan teknologi menjadi  tantangan bagi Radio Gen 98.7 FM Jakarta khususnya di program siaran sore bernama ‘DJ Sore’ untuk mempertahankan pendengarnya. Sehingga, Radio Gen 98.7 FM Jakarta menerapkan strategi komunikasi pada program siaran DJ Sore yang matang meliputi perencanaan, melakukan pelaksanaan hingga yang terakhir melakukan evaluasi untuk mengetahui yang berhasil dan yang kurang dari perencanaan itu. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data yang digunakan teknik wawancara mendalam, observasi secara tidak langsung dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh pun kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian dari proses strategi komunikasi radio Gen 98.7 FM pada dalam program DJ Sore adalah dengan menggunakan Teori POAC yang dikemukakan oleh George R. Terry, yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling). Program siaran DJ Sore dibuat berdasarkan keinginan para crew di radio Gen 98.7 FM untuk membuat program siaran yang dapat menemani para pendengarnya baik saat beraktifitas saat sore hari atau ketika sedang dalam perjalanan pulang. Hal tersebut mendorong para pengelola program siaran DJ Sore membuat konsep dan fitur-fitur menarik yang nantinya akan ada di program siaran DJ Sore.

References

Arni. Muhammad. (2004). Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara

Effendi, Uchjana, Onong. (2000). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Kartikawati, Dwi, Radjagukguk, Luciana, Djudjur, Sriwartini, Yayu. (2019). Strategi Komunikasti Multikultural di Sekolah Inklusi. Wedung: CV Lentera Kata

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP

Moleong, J, Lexy. (2006). Meode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pace, R. Wayne, Brent D. Peterson, and M. Dallas Burnett. (1979). Techniques for Effective Communication. Addison-Wesley Publishing Compan.

Suhandang, Kustadi. (2014). Strategi Dakwah: Penerapan Strategi Komunikasi Dalam Dakwah. Bandung. Rosdakarya.

Terry, R. George. (2006). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara

Terry, R. George. (1953). Principle of Management. Irwin Series in Industrial Engineering and Management.

Onong, Effendy Uchjana. (1992). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung: Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-03-22

Issue

Section

Articles