PROBLEM MENULIS NARATIF DALAM BAHASA INGGRIS YANG DIHADAPI OLEH SISWA
DOI:
https://doi.org/10.47313/pujangga.v7i2.1427Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problem dan kesalahan penulisan apa yang dihadapi oleh para santri/siswa dalam menulis teks naratif berbahasa Inggris. Metode yag digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sampel penelitian adalah 25 siswa/santri di Pondok Pesantren Daar El Nayl Cilebut, Kabupaten Bogor. Penelitian ini dimulai dari bulan Maret sampai dengan bulan Agustus 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: aspek penggunaan bahasa dan kurangnya penguasaan kota kata menjadi problem tersulit; terdapat 7 kesalahan yang dilakukan para santri/siswa, yakni 1) Tenses, 2) Susunan kata, 3) Bentuk kata, 4) Ejaan, 5) Perjanjian subjek-kata kerja, 6) Artikel, dan 7) Preposision.
Kata kunci: menulis naratif, bahasa Inggris, pondok pesantren Daar El Nayl
ABSTRACT
This research aims to find out what problems and writing errors faced by the students in writing narrative texts in English. The method used in this research is a qualitative method. The research sample is 25 students at the Pesantren Daar El Nayl Cilebut, Bogor, from March to August 2021. The results showed that: aspects of language use and lack vocabularies become the most difficult problems; there are 7 mistakes made by the students, namely: 1) Tenses, 2) Word order, 3) Word forms, 4) Spelling, 5) Subject-verb agreement, 6) Articles, and 7) Prepositions.
Keywords: writing narrative, english, pondok pesantren Daarr El Nayl
References
DAFTAR PUSTAKA
Ciptaning, D. Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Narrative dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Implementasi Media Audio Visual Pada Siswa Kelas X Di Sma Dwijendra. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 2(1), 161–177. https://doi.org/10.22225/jr.2.1.201.157-173
Fhonna, R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Naratif Bahasa Inggris dengan Menggunakan Video Klip; Fokus Pada Pengaturan Ide. Getsempena English Education Journal, 1(2), 1–23.
Iskandarwassid. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nunan, David. (2003). Practical English Language Practice. Singapore: Mcgraw-Hill Company
Semi, M, Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa
Simanjuntak, H. L. (2019). Error Analysis of Students’ Writing: a Case Study of Efl Undergraduate Students At Indraprasta Pgri University. Scope : Journal of English Language Teaching, 3(2), 100. https://doi.org/10.30998/scope.v3i2.3371
Suparno, dan Yunus Muhamad. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka