ALIRAN LINGUISTIK DALAM KURIKULUM BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS
DOI:
https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i1.147Abstract
ABSTRAK
Penelitian yang berjudul Aliran Linguistik dalam kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Tingkat Atas ini bertujuan untuk memaparkan penerapan aliran linguistik dalam pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Tingkat Atas kelas X, XI, dan XII. Acuan teoretis yang digunakan adalah kategori konstruksi bahasa mengacu pada konsep Jacobs et al., fungsi bahasa mengacu pada pandangan Holmes, pengajaran bahasa Indonesia, dan kurikulum berdasarkan Pusat kurikulum. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yakni mendeskripsikan dan memberikan gambaran secara deskripsi yang komprehensif tentang penggunaan aliran-aliran linguistikdi dalam kurikulum yang dipakai. Analisis data mencakup kosakata dan penerapannya, bentuk-bentuk, dan penyajian ketatabahasaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam kurikulum bahasa Indonesia menerapkan alioran tata bahasa tradisional yang dilengkapi aliran-aliran tata bahasa yang lain demi keutuhan buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.
Kata kunci: kategori konstruksi bahasa, pengajaran kosakata, struktur, kurukulum
ABSTRACT
The research is entitled linguistic stream of Bahasa Indonesia curriculum for High School Level. The purpose of the research is to explain the application of linguistic stream in teaching of Bahasa Indonesia for students at tenth, eleventh, and twelfth grade in Senior High School. There are theories are used in this research. First, theory refers to Jacobs et al’s concept about language construction category. Second, language function that refers to Holmes’ perspective, and third is Indonesian language teaching and its curriculum are based on Curriculum Centre. The reserach uses descriptive and qualitative methodologies that it will be described descriptively and comprehensively. Data analysis covers vocabulary and its application, forms, and grammatical presentation. The result of analysis showed that the cohesion of Bahasa Indonesia textbook for Senior High School can be obtained by applying a stream of traditional grammar which is equipped with another grammatical stream.
Key words: a language construction category, a vocabulary teaching, structure, curriculumReferences
Alwasilah, A. Chaedar. 1985. Beberapa Madhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Angkasa
Allen, J.P.B. ;Corder, S. Pit.1975. Papers in Applied Linguistics. London: Oxford University Press.
Fries, C. Charle. 1952. The Structure of English: An Introduction to the Construction of Englkish Sentences. New York: Harcout, Bruce and Company.
Hatikah, Tika; Mulyanis; Kissumi Dwiyananingsih. 2006. Membina Kompetensi Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Kelas XII. Jakarta: Grasindo Media Pratama.
Hadley, Alice Omaggio.1993. Teaching Language in Context. Ed. Ke-2. Boston: Heinle& Heinle.
Holmes, Janet. 1992. An Introduction to Sociolinguistics. London: Longman Group UK Limited.
Jacobs, Joachim et al. 1993. Syntax: An International Handbook of Contemporary Research. Berlin: Water de Gruyter.
Kurikulum Berbasis Kompetensi Tahun 2000. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Lubis,.1991. Analisis Wacana Pragmatik. Yogyakarta: Kanisius.
Mackey, William Francis. 1971. Language Teching Analysis. Fourth imp. London: Langman Group Ltd.
Moeleong, Lexy J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nababan, Sri Utari Subyakto.1993. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Richards, Jack et al. 1985. Longman Dictionary of Applied Linguistics. Great Britain: Ricahars Clay, The Caucer Press Ltd.
Samsuri. 1981. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga.
----------.1988. Berbagai Aliran Linguistik Abad XX . Jakarta: Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan.
Schiffrin, Deborah. 1994. Approaches to Discourse. Cambridge: Balckwell Publisher.
Sukasworo, Ign; R. Suwignyo; C Sartini. 2005. Bahasa Indonesia: Mutiara Gramatika Bahasa dan Sastra Indonesia. Kelas X dan XI. Jakarta: Piranti Darma Kalokatama.
Winnerbrener, H.G. 2001. Teaching Giffed Kids in the Regular Classroom. Minnaapolis: Free Spirit.