ANALISIS MULTIMODAL VIDEO PROMOSI APLIKASI KASIR PINTAR

Authors

  • Eka Septiani Universitas Indraprasta PGRI
  • Nur Indah Sari Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.47313/pujangga.v8i1.1634

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam kegiatan mempromosikan sebuah produk atau jasa  merupakan hal terpenting untuk dilakukan agar dapat menarik perhatian konsumen dengan tujuan meningkatkan penjualan. Hal inilah yang dilakukan oleh salah satu penyedia layanan aplikasi “Kasir Pintar”. “Kasir Pintar” termasuk penyedia layanan aplikasi terbaru yang dikembangkan sejak tahun 2022 untuk memfasilitasi pelaku usaha dalam mengelola transaksi jual beli sehingga dalam pembahasan artikel terkait “Kasir Pintar” ini belum pernah ada yang menganalisis. Tujuan dilakukan analisis ini adalah mendeskripsikan unsur multimoda yang terdapat dalam video promosi “Kasir Pintar”  sehingga dapat memberikan sebuah hasil analisis pada video promosi penyedia layanan aplikasi “Kasir Pintar”. Metode yang dipilih dalam analisis ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Metode ini peneliti pilih untuk menganalisis kejadian, fenomena, atau keadaan yang saling berkaitan satu sama lain. Hasil analisis multimoda pada video promosi “Kasir Pintar” di antaranya: a) terdapat sistem semiotik yang dapat dianalisis dalam menganalisis multimodal pada video promosi “Kasir Pintar”; b) tiap-tiap sistem semiotik multimoda saling berhubungan satu sama lain dalam menghasilkan makna iklan.

 

References

Adhimah, S. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57–62. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31618

Amatullah, F., Rosa, R. N., & Fitrawati, F. (2019). an Analysis of Multimodal in Beauty Product Advertisements. English Language and Literature, 8(1). https://doi.org/10.24036/ell.v8i1.103122

Andhika, A. (2019). Penggunaan Video Promosi Wisata Melalui Youtube untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan ke Provinsi Kalimantan Selatan. MUTAKALLIMIN: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 26–30.

Khusnaeni, N. L., Yulianto, E., & Sunarti. (2017). Pengaruh iklan terhadap sikap konsumen serta dampaknya pada keputusan pembelian (Survei pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Malang Pengguna Kartu Seluler Telkomsel 4G LTE Versi “Nixia Gamer.” Administrasi Bisnis, 47(2), 49–56.

Sri Mulyani, N. S. (2021). KARAKTERISTIK LARAS IKLAN PADA AKUN ONLINE SHOP DI PLATFORM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Pujangga, 5, 310–316.

Suprakisno. (2015). ANALISIS MULTIMODAL IKLAN “ INDOMIE .” Bahas, 26(1), 25–33. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.7174

Wahyudi, N. D., & Widhiasih, L. K. S. (2016). Keanekabahasaan (Multilingualisme) dalam Video Promosi Destinasi Pariwisata Jegeg Bagus Denpasar. Prosiding Semnas Hasil …, 11, 189–195. https://scholar.archive.org/work/jcqtstw2mbdf5jc7vdxywkkokq/access/wayback/http://ojs.unmas.ac.id/index.php/pros/article/viewFile/297/261

Downloads

Published

2022-06-07