Analisis Gaya Bahasa Satire pada Kumpulan Puisi Sajak Orang Biasa Karya Yoyik Lembayung
DOI:
https://doi.org/10.47313/pujangga.v10i1.2430Keywords:
Kata kunci, Gaya bahasa satire, kumpulan puisi Sajak Orang Biasa karya Yoyik Lembayung Key words, Satirical language style, a collection of poems by Yoyik LembayungAbstract
This study describes the results of the analysis of satirical style in Yoyik Lembayung's poetry collection Sajak Orang Ordinary. The method used in this study uses a qualitative descriptive approach with content analysis techniques from a collection of poems by the poem Orang usually by yoyik Lembayung. Based on the results of the analysis of satirical language styles in the collection of poems by Yoyik Lembayung, there are three findings of satirical language styles, namely sarcasm, cynicism, and irony. The satirical language style can be found in the collection of poems of Ordinary People's Sajak by Yoyik Lembayung, namely sarcasm satire language style with 9 findings equivalent to 20.45%, cynicism satire language style with 21 findings equivalent to 47.72%, and irony satire language style with 14 findings. equivalent to 31.81%. The satirical language style which is more dominant in the poetry collection Sajak Orang Ordinary by Yoyik Lembayung is more dominant in referring to the satirical language style of 47.72%.
Penelitian ini mendiskripsikan hasil analisis gaya bahasa satire pada kumpulan puisi Sajak Orang Biasa karya Yoyik Lembayung. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi dari kumpulan puisi sajak Orang biasa karya yoyik Lembayung. Berdasarkan hasil analisis gaya bahasa satire pada kumpulan puisi Sajak Orang Biasa karya Yoyik Lembayung terdapat tiga temuan gaya bahasa satire, yaitu sarkasme, sinisme, dan ironi. Gaya bahasa satire dapat ditemukan pada kumpulan puisi Sajak Orang Biasa karya Yoyik Lembayung, yaitu gaya bahasa satire sarkasme sebanyak 9 temuan setara 20,45%, gaya bahasa satire sinisme sebanyak 21 temuan setara 47,72%, dan gaya bahasa satire ironi sebanyak 14 temuan setara 31,81%. Gaya bahasa satire yang lebih mendominasi pada kumpulan puisi Sajak Orang Biasa karya Yoyik Lembayung lebih dominan merujuk ke gaya bahasa satire sinisme sebesar 47,72%.
References
DAFTAR PUSTAKA
Fitri R. (2015). KITAB Super Lengkap EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) dan Tata Bahasa Indonesia. Ilmu Media.
Halimah dan Hilaliyah. (2019). Gaya bahasa sindiran Najwa Shihab dalam buku Catatan Najwa. Deiksis. Deiksis, 11(02).
Keraf, G. (2006). Diksi dan Gaya Bahasa. Gramedia Pustaka Utama.
Keraf, G. (2009). Diksi dan Gaya Bahasa. Gramedia Pustaka Utama.
Keraf, G. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. PT Gramedia Pustaka Utama.
Pradopo, R. D. (2010). Prinsip-prinsip kritik sastra. Gadjah Mada University Press.
Rahmat Selisih M, Rajab Bahry, & M. (2019). Analisis Gaya Bahasa Sindiran dalam Syair Didong Jalu arita Mude dan Biak cacak. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 13(01), 61–79.
Ratna, N. K. (2004). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Pustaka Pelajar.
Sahrul Umami & Puji Anto. (2020). Gaya Bahasa Perbandingan Pada Kumpulan Puisi dalam Pembelajaran Sastra di SMA. El-Banar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 03(01), 14–26.
Sari, D. (2020). ). Konstruksi gender perempuan ideal dalam iklan sabun lux edisi super power (dalam kajian semiotika Roland Barthes). Jurnal Studi Gender Dan Anak, 02(02), 68–82. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/jsga.v2i2.2384
Surakhmad, W. (2009). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung. Tarsito.
Tarigan, H. G. (2013). Pengajaran Gaya Bahasa. Angkasa Bandung.
Teeuw, A. (2003). Sastra dan Ilmu Sastra. PT Kiblat Buku Utama.
Waluyo, H. (2002). Teori dan apresiasi puisi. Erlangga.
Waridah, E. (2016). EYD dan Seputar Kebahasa-Indonesiaan. Kawan Pustaka.
Wulandari, R. A., Suyanto, E., & Fuad, M. (2015). Majas dalam Kumpulan Puisi dan Pembelajaran di SMA. Jurnal Kata, 3(3).
Yoyik Lembayung. (2017). Sajak Orang Biasa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Endang Sulistyaniningsih, Fatimah Fatimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.