ANALISIS SEMANTIK DESAIN BANGUNAN DI YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF ETNOMATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.47313/pujangga.v9i1.2459Keywords:
Desain Bangunan, Etnomatematika, Semantik.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis semantik desain bangunan di Yogyakarta dalam perspektif etnomatematika. Penelitian dilakukan dengan menggunakan studi pustaka. Data dikumpulkan dengan menggunakan studi literatur. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis secara semantik lima desain bangunan yang ada di Yogyakarta dalam perspektif etnomatematika. Hasil penelitian menunjukkan desain bangunan di Yogyakarta lebih didominasi bangunan yang berbentuk limasan atau gunungan pada bagian atapnya. Desain bangunan yang terdapat di Yogyakarta mengandung unsur semantik yang berbeda-beda.
References
Abdullah, Amalia Eka Putri, and Heryati Heryati. 2021. “Konsep Semiotika pada Bangunan Masjid Agung Baiturrahim Gorontalo, Kota Gorontalo.” Jurnal Vokasi Sains Dan Teknologi 2(1):37–42. doi: 10.56190/jvst.v2i1.21.
Anggraini, Yunita, Sandi Prasetyaningsih, and Condra Antoni. 2019. “Analisis dan Implementasi Motion Grafis Iklan Layanan Masyarakat (ILM) dengan Metode Semiotika Peirce.” Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi 1(01):64–82. doi: 10.33822/jep.v1i01.444.
Djawad, Alimuddin A. 2016. “Pesan, Tanda, dan Makna dalam Studi Komunikasi.” STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 1(1):95–101. doi: 10.33654/sti.v1i1.344.
Dwidayati, Nurkaromah. 2019. “Analisis Bangunan Temple di Kyoto Jepang dalam Perspektif Etnomatematika.” PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika 2:46–50.
Gani, Saida dan Beni Arsyad. 2018. “Kajian Teoritis Struktur Internal Bahasa.” ’A Jamiy 07(1):6–11.
Lestari, Indah. 2021. “Perkembangan Bahasa pada Anak Usia 3 Tahun.” Journal.Kualitama.Com 2(2):2774–2156.
Mahpudin, Mahpudin, and Yuyu Yuliati. 2019. “Peran Budaya Lokal terhadap Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar di Cirebon.” Proceedings of The ICECRS 2(1):287–92. doi: 10.21070/picecrs.v2i1.2402.
Martyanti, Adhetia, and Suhartini Suhartini. 2018. “Etnomatematika: Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Budaya dan Matematika.” IndoMath: Indonesia Mathematics Education 1(1):35. doi: 10.30738/indomath.v1i1.2212.
Rudyanto, Hendra Erik. 2019. “Etnomatematika Budaya Jawa : Inovasi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 3(2):25–32. doi: 10.21067/jbpd.v3i2.3348.
Septianawati, Tia, Fenti Verawati, and Adhina Mentari Ashri. 2019. “Kajian Etnomatematika : Mengungkap Kearifan Lokal Budaya dan Matematika Lampung Naga.” JURNAL METATIKA (Jurnal Pendidikan Matematika) 1(1):63–79.
Soebagyo, Joko dkk. 2021. “Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika.” ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 4(2):184–90. doi: 10.24176/anargya.v4i2.6370.
Solikhah, Isna Zumrotus, Nadia Mawar Janah, and Miftahul Sidik. 2020. “Kesalahan Berbahasa Tataran Semantik dalam Unggahan Instagram @Kominfodiy.” Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 9(2):33. doi: 10.31000/lgrm.v9i2.2896.
Sukarto, Kasno Atmo. 2021. “Bahasa dan Kebudayaan dalam Percikan dan Pemikiran Sutan Takdir Alisjahbana.” Pujangga 7(2):200. doi: 10.47313/pujangga.v7i2.1464.
Sunzuma, Gladys, and Aneshkumar Maharaj. 2022. “Zimbabwean In-Service Teachers’ Views of Geometry: An Ethnomathematics Perspective.” International Journal of Mathematical Education in Science and Technology 53(9):2504–15. doi: 10.1080/0020739X.2021.1919770.
Zulaekhoh, Dewi, and A. R. Hakim. 2021. “Analisis Kajian Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Merujuk Budaya Jawa.” JPT: Jurnal Pendidikan Tematik 2(2):216–26.