GRAMMATICAL ERROR COMMITTED BY EFL LEARNER: ON STUDENTS’ ONLINE TASK VIA WAG AND GOOGLE CLASSROOM

Authors

  • Dwinesa Anggraeni Universitas Indraprasta PGRI
  • Hernalia Citra Dewi Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47313/pujangga.v9i1.2483

Abstract

Kesalahan adalah hal yang umum dalam belajar bahasa asing. Bagi pembelajar bahasa, tata bahasa dapat memberikan banyak tekanan dalam proses pembelajaran. Kalimat atau pernyataan yang tidak gramatikal menyebabkan pembicara mengalami kesulitan dalam menyampaikan pesan dalam berkomunikasi. Untuk mencari tahu masalah yang ada, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kesalahan tata bahasa yang ditemukan pada tugas online pembelajar EFL, (2) kesalahan tata bahasa yang paling dominan ditemukan pada tugas online pembelajar EFL. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diambil dari tugas siswa melalui grup WhatsApp dan Google Classroom. Bentuk data yang 2diambil adalah bentuk lisan dan tulisan. Dari hasil akhir dapat disimpulkan bahwa omission merupakan kesalahan yang paling dominan ditemukan pada tugas online siswa dengan 9 kesalahan dan persentasenya adalah 45%. Urutan kedua kesalahan dari segi jumlah adalah addition dengan 6 kesalahan dan 30%, selanjutnya misordering atau salah susun dengan 4 kesalahan dengan 20% dan terakhir adalah kesalahan formasi atau misformation dengan 1 kesalahan dan 5%. Diharapkan dari penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi pembelajar bahasa untuk mengetahui kesalahan yang sering dilakukan selama proses pembelajaran bahasa asing terutama kesalahan tata bahasa.

Kata kunci: analisis kesalahan, kesalahan tata bahasa, tugas online

References

Catherine, M. et. al. (1999). Designing Qualitative Research,3rd ed, (United States of America: Sage.

Ellis, R. & Barkhuizen, G. (2005). Analyzing Learner Language. Oxford: Oxford University Press.

Kacani, Lindita. (2014). Grammatical Mistakes of Albanian Students in Learning English as a Foreign Language. Article in Mediterranean Journal of Social Sciences August 2014. Universiteti Fan S. Noli

Louis, Cohen, et. al. 2007. Research Methods in Education. Sixth ed. (USA and Canada:Routledge.

Nunan, David. (1991). Language Teaching Methodology: A Textbook for teacher. Prentice Hall International Group (UK) Ltd.

Rahmawati, Elly. (2018). Grammatical Error in Students’ Speaking. Essay. Universitas Teknokrat.

Riggenback, H and Lazaraton, A. (1991). Promoting oral communication Skills. Boston: Heinie& Heinie.

Santa Barbara City College. Common Errors Types for English Language Learners (adapted from “Editing Line byline” by Cynthia Linville). CLRC Writing Center. https://www.sbcc.edu.writing_cente

Downloads

Published

2023-06-05