Kesamaan Pola Alur dalam Cerita Creepypasta

Authors

  • Julia Tri Kusumawati Universitas Sebelas Maret
  • Rianna Wati Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.47313/pujangga.v10i2.2908

Keywords:

creepypasta, narrative patterns, three stages

Abstract

ABSTRAK

Creepypasta adalah turunan dari "copypasta," yaitu teks internet yang disalin, dengan genre horor-misteri. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pola alur yang dapat mengidentifikasi ciri khas dari sastra dalam cerita Creepypasta ketika dibandingkan dengan cerita segenre. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif-komparatif dengan dasar perbandingan berdasarkan alur yang digunakan dalam cerita. Creepypasta dapat diidentifikasi setelah memecah alurnya menjadi tiga babak sesuai teori Aristoteles lalu dibandingkan sehingga menemukan sebuah pola yang sama. Hasilnya menunjukkan bahwa a) babak 1, mengenalkan tokoh; tempat, dan suasana b) babak 2, menjabarkan konflik yang terjadi kepada tokoh utama; c) babak 3, bagian penutup, mengandalkan plot twist demi menciptakan ketegangan dan tidak memberikan resolusi.

 

Kata kunci: creepypasta, pola alur, tiga babak

 

 

ABSTRACT

Creepypasta is derived from "copypasta," which refers to copied internet text, with a horror-mystery genre. This research was conducted to identify narrative patterns that can distinguish the characteristics of literature in Creepypasta stories when compared to stories in the same genre. The method used was a descriptive-comparative approach, with a basis for comparison derived from the narrative structure employed in the stories. Creepypasta can be identified by breaking down its narrative into three stages according to Aristotle's theory, and then comparing them to find a recurring pattern. The results indicate that a) stage 1 introduces characters, setting, and atmosphere; b) stage 2 elaborates on conflicts faced by the main character; c) stage 3, the conclusion, relies on a plot twist to create tension and does not provide a resolution.

 

Keywords: creepypasta, narrative patterns, three stages

References

Dhony, N. N. A. (2018). Dramatik Plot Teater Dulmuluk Naskah Lakon Zahara Siti. Besaung: Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 3(2), 75–81. https://doi.org/10.36982/jsdb.v3i2.489

Efendi, K. R. (Ed.). (n.d.). Creepypasta - Kaeva Radif Efendi - Wattpad. Wattpad. Retrieved December 12, 2023, from https://www.wattpad.com/story/28411815-creepypasta

Firmansyah, R. (2015). Pola Alur Cerita Film Dunia Berdasarkan Empat Musim dalam Setahun. Semnasteknomedia Online, 3(1), 4–5.

Larasati, M. M. B., & Sareng, N. M. (2021). Kajian Struktural Sastra Bandingan Cerita Jaka Tarub dan Cerita Watu Wari Labu dan Implikasinya Bagi Pendidikan Anak. Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 14–26. https://uniflor.ac.id/e-journal/index.php/RJPBSI/article/view/1045

Mangunsong, G. M. M., & Suryanto, S. (2023). Penerapan Struktur Tiga Babak Dalam Skenario Penciptaan Film “Hasrat.” PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia Dan Industri Kreatif, 8(1), 69–83. http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.8.1.2022.69-83

Reine, D. (2013). Creepypasta adalah - Kompasiana.com. Kompasiana.Com. Retrieved December 12, 2023, from https://www.kompasiana.com/dhivereine/5528f39ff17e617b238b4578/creepypasta-adalah

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Sofiyanti, D. (2018). Pengaruh Hero’s Journey dalam Struktur Tiga Babak. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, & Media Baru, 10(2), 5–11. https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI/article/view/25

Sukarto, K. A. (2018). Pendekatan Strukturalisme Dalam Penelitiann Sastra, Bahasa, Dan Budaya. Pujangga: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(2), 190–223. http://dx.doi.org/10.47313/pujangga.v3i2.441

Turistiani, T. D. (2017). Struktur Alur Dan Bentuk Konflik Yang

Membangun Novel Saman Karya Ayu Utami. Jurnal Pena Indonesia: Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(2), 147–165.

Downloads

Published

2025-01-14