IMPLEMENTASI CONTENT BASED LEARNING DALAM PENGAJARAN DRAMA
DOI:
https://doi.org/10.47313/pujangga.v4i1.501Abstract
Pengajaran Drama sebagai mata kuliah teori dihadapkan pada banyak kendala. Pengunaan teknik
ceramah dan teknik presentasi murni cenderung membuat mahasiswa pasif dan tidak dapat memahami
materi dengan baik. Sementara itu, pengajaran mata kuliah ini tidak hanya diarahkan pada pemahaman
saja, namun diharapkan agar mahasiswa menjadi lebih kreatif dan inovatif. Tujuan penulisan artikel
iniadalah untuk berbagi pengalaman tentang keefektifan penggunaan content based learning dalam
pengajaran drama. Penulis menggunakan metode pengajaran Content Based Learning dalam kelas drama,
jurusan pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Indraprasta PGRI. Mahasiswa yang diajar berada di tahun
ke dua atau semester empat. Kelas yang diajar sebanyak dua kelas, masing-masing kelas berjumlah 30
orang. Hasil dari penerapan metode pengajaran ini, mahasiswa dapat menganalisa dan membandingkan
unsur-unsur drama yang ada di teks aslinya dan versi film, sehingga mereka dapat mementaskannya di
kemudian hari. Manfaat lain yang diperoleh dari penggunaan metode ini yaitu mahasiswa dan dosen
menjadi lebih aktif saling berkomunikasi dan mahasiswa terbiasa bekerjasama dalam kelompoknya.
Kata Kunci: content based learning, drama.
References
Brinton, et, al. 1989. Content Based Second Language Instruction. United State of
Amerika: Heinle&Heinle.
Crandall dan Kauffman Dorrit. 1987. EST through Content Area Instruction; Mathematic,
Science, Social Studied. Eaglewood Cliffs, NJ: Prentice Hall Regent.
K. Krahnke. 1987. Approach to Syllabus Design for Foreign Language Teaching. New
York: Prentice Hall.
Jack C. Richards and T.S Rodgers. 2005. Approach and Methods in Language Teaching.
Cambridge: Cambridge University Press.
Rahmanto, B. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Stryker, et, al. 1999. Content based learning in Foreign Language Education. Washington
D.C. University Press.