PENGEMBANGAN TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM AKTIVITAS PEMBELAJARAN DOSEN PENGAMPU PELAKSANA AKADEMIK MATA KULIAH UNIVERSITAS (PAMU)

Authors

  • Silvia Ratna Juwita Universitas Esa Unggul Fakultas Ilmu Komputer Jakarta
  • Linda Purnamasasri Universitas Esa Unggul Fakultas Ilmu Komputer Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47313/pujangga.v4i2.706

Abstract

ABSTRAK

 

Pengembangan Tindak Tutur Ilokusi dalam Aktivitas Pembelajaran Dosen Pengampu Pelaksana Mata Kuliah Universitas (PAMU) Universitas Esa Unggul Jakarta merupakan penelitian kebahasaan yang dilakukan oleh dosen pengampu mata kuliah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Penelitian ini berfokus pada tindak tutur (speech act) yang ada pada penyampaian materi yang disampaikan oleh Dosen Pengampu Pelaksana Mata Kuliah Universitas (PAMU) Universitas Esa Unggul Jakarta, yang tergolong sebagai dosen baru atau pemula (tahun pertama). Roadmap penelitian ini berlangsung selama 1 tahun dengan perluasan cakupan wilayah objek penelitian bila dilanjutkan dalam  3 tahun ke depan. Penelitian ini merupakan analisis isi dari pendekatan kualitatif dari data berupa tindak tutur asertif, direktif, ekspresif, komisif, dan deklaratif dalam penuturan dosen pemula pada aktivitas pembelajaran di Universitas Esa Unggul Jakarta yang menjadi sumber penelitian sehingga dikatakan temuan penelitian ini adalah tindak tutur ilokusi pada dosen pemula pengampu Pelaksana Mata Kuliah Umum (PAMU). Hasil luaran dari penelitian ini diharapakan berupa jurnal publikasi dan buku sebagai pengantar tentang tindak tutur yang digunakan dalam aktivitas pembelajaran bagi dosen pemula (tahun pertama) mengajar di Universitas Esa Unggul Jakarta.

Kata Kunci: tindak tutur, dosen, pembelajaran, bahasa

ABSTRACT

The Development of the Illocusion Speech Act in Learning Activities of the  Lecturers who teach the General Subjects at PAMU Esa Unggul University Jakarta” is a language research which is done by the bahasa Indonesia and English lecturers. This research is focused on speech act which is used to share the materials by the lecturers from PAMU (Pengampu Pelaksana Mata Kuliah Universitas) Universitas Esa Unggul Jakarta. It is focused on the new lecturers or beginner lecturers (1st year). The Roadmap research is for 1 year which is included to the object research that can be continued for next three years.  This research is the content analysis to the qualitative method from collecting data such as the assertive, directive, commissive, expressive, declarative speech acts related to the lecturers speech in the learning activities from Esa Unggul University so the research will find the research in illocution speech act from the beginner lecturers of PAMU.Hopely, the output of this research will be in a publication journal and reference book about the speech act in the learning activities for the beginner lecturers (first year) at Esa Unggul University Jakarta. 

Keywords: speech act, lecturers, learning process, language

References

Cruse, Alan. 2011. Meaning Language An Introduction to Semantics and Pragmatics. Third Edition. New York: Oxford University Press.

Eriyanto.2006. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Jaszczolt, K. M. 2002.Semantics and Pragmatics Meaning in Language and Discourse. London: Pearson Education.

Jauhari, Edy. 2009. “Wacana Politik dalam Kampanye Pilpres 2009: Kajian Tindak Tutur”. Dalam Peneroka Hakikat Bahasa Karangan Muhibah untuk Sudaryanto. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Juwita, Silvia Ratna. 2016.“Tindak Tutur dalam Debat Calon Presiden Republik Indonesia 2014 (Penelitian Analisis Isi)”. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, 2016.

Kreidler, Charles W. 1998.Introducing English Semantics. London and New York: Routledge.

Krippendorff, Klaus. 2004. Content Analysis, An Introduction to is Methodology. London: Sage Publication.

Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. Terjemahan M. D. D. Oka. Jakarta: UI Press.

Oetomo, Dede. 1993.“Pelahiran dan Perkembangan Analisis Wacana”. dalam Bambang Kuswanto Purwo, PELBA 6. Jakarta: Unika Atmajaya.

Nababan, P.W.J. 1987. Ilmu Pragmatik (Teori dan Penerapannya). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sari, Fenda Dina Puspita2009.“Tindak Tutur dan Fungsi Tuturan Ekspresif dalam Acara Galau Nite di Metro TV: Suatu Kajian Pragmatik”. Dalam Skriptorium.

Schiffrin, Deborah1994. Approach to Discourse. Cambridge: Blackwell Publishers.

Searle, J.R. 1979. Expression and Meaning Studies in the Theory of Speech Acts. New York: Oxford University Press.

Sumarlam dkk.2003. Teori dan Praktik Analisis Wacana, Surakarta: Pustaka Cakra.

Wijana, I Dewa Putu.1996. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: ANDI Offset.

Yule, George1996. Pragmatics.Terjemahan Indah Fajar Wahyuni. New York: Oxford University Pres.

Purwo, Bambang Kaswanti. 1990. Pragmatik dan Pengajaran Bahasa Menyibak Kurikulum 1984. Yogyakarta: Kanisius.

Downloads

Published

2019-12-12